Kulit & Perawatan Tubuh

Jangan Bingung, Begini Cara Menghilangkan Flek Hitam yang Aman dan Efektif

September 14, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Beberapa orang sering merasa terganggu karena memiliki flek hitam pada kulit, terutama pada wajah. Oleh sebab itu, cara menghilangkan flek hitam pada kulit pun kini banyak dicari.

Kamu tak perlu risau, ada beberapa pilihan yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan flek. Yuk, simak informasi lengkapnya berikut ini!

Baca Juga: 6 Cara Alami Atasi Flek Hitam akibat KB, dari Lidah Buaya hingga Teh Hijau!

Apa itu flek hitam?

Flek hitam atau biasa disebut age spots adalah area kulit yang terlihat lebih gelap dari kulit sekitarnya. Flek hitam juga disebut liver spots, meski tidak ada hubungannya dengan kesehatan organ hati.

Penggelapan ini biasanya muncul dalam ukuran kecil, seperti bintik-bintik. Kondisi ini juga muncul di daerah yang seringkali terpapar sinar matahari seperti wajah, tangan, bahu dan lengan. 

Flek hitam juga umum terjadi karena proses penuaan. Hal yang biasa jika muncul pada mereka yang sudah berusia lebih dari 50 tahun. Namun juga sangat bisa muncul pada usia yang lebih muda.

Beruntungnya, kemunculan flek hitam tidak berbahaya. Meski begitu, banyak orang yang mengalami flek hitam ini menghilangkannya. Lalu bagaimana cara menghilangkannya?

Flek hitam di wajah

Ada banyak alasan mengapa flek hitam di wajah dapat muncul tanpa diminta. Salah satu yang paling umum adalah paparan sinar matahari secara langsung.

Kandungan sinar ultraviolet di dalamnya, memang telah lama diketahui bisa menyebabkan flek hitam maupun cokelat di jenis kulit apapun.

Tapi tak perlu terlalu khawatir, karena kamu bisa tetap memperoleh kulit wajah yang bebas flek, dengan melakukan beberapa langkah penanganan sebagai berikut.

Penanganan flek hitam di wajah akibat hiperpigmentasi

Penyebab utama flek hitam di wajah adalah akibat produksi melanin akibat paparan sinar matahari. Kamu bisa mencegah hal ini terjadi, dengan rutin memakai tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan.

Penanganan flek hitam bekas jerawat

Dilansir dari bebeautiful, bebreapa jenis kulit seperti acne prone, cenderung lebih rentan mengalami flek hitam di wajah.

Meski perlu waktu lama untuk menghilangkannya, namun rutin memakai krim malam sebelum tidur terbilang ampuh menyamarkan noda hitam yang mengganggu ini.

Kamu juga disarankan untuk tidak memegang jerawat yang ada, karena bisa menimbulkan bekas noda hitam di wajah yang sulit dihilangkan.

Pemakaian cream penghilang flek hitam untuk menghambat proses penuaan dini

Gaya hidup yang tidak sehat juga bisa menjadi penyebab terjadinya penuaan dini. Salah satu tandanya adalah muncul flek hitam di area wajah.

Untuk mengatasinya, kamu bisa memakai cream penghilang flek hitam, agar wajah cerahmu kembali lagi. Cara ini apabila dikombinasikan dengan ritual perawatan seperti eksfoliasi juga efektif mengatasi flek hitam membandel.

Namun apabila flek hitam membandel masih sulit dihilangkan, tak ada salahnya berkonsultasi pada dokter untuk ditangani lebih lanjut.

Baca Juga: Mengatasi Jerawat hingga Keriput, Ini Dia Segudang Manfaat Laser Wajah

Berbagai cara menghilangkan flek hitam yang efektif

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk menyamarkan flek hitam di wajah. Semua bisa disesuaikan dengan tingkat keparahan flek, sebagaimana yang diulas berikut ini.

Cara menghilangkan flek hitam dengan perawatan medis

Jika flek hitam yang kamu miliki cenderung tergolong parah, maka berkonsultasi ke dokter adalah tindakan yang tepat. Dokter akan menentukan pengobatan yang sesuai dengan tingkat keparahan flek hitam yang kamu alami.

Berikut penanganan dengan obat maupun tindakan medis lainnya.

Krim pemutih atas anjuran dokter

Penggunaan krim pemutih atas anjuran dokter kulit adalah salah satu cara yang paling umum. Krim pemutih biasanya mengandung hidroquinon, bisa mengandung retinoid, bisa juga tidak. 

Membutuhkan waktu beberapa bulan menggunakan krim pemutih sebelum akhirnya flek hitam menghilang dari kulit. Yang perlu diperhatikan adalah, pemakaian krim pemutih seringkali membuat kulit lebih sensitif terhadap efek sinar ultraviolet atau UV.

Saat sedang menggunakan krim pemutih penghilang flek hitam, kamu juga perlu menggunakan tabir surya jika ingin berkegiatan di luar rumah.

Dermabrasi

Dermabrasi merupakan salah satu cara yang dilakukan secara medis. Dermabrasi adalah teknik pengelupasan untuk menghilangkan lapisan luar kulit. 

Ini adalah jenis teknis yang banyak dilakukan oleh orang yang ingin memperbaiki penampilan kulitnya. 

Selain digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan flek hitam, prosedur ini juga bisa menghilangkan garis halus. Juga untuk menyamarkan bekas jerawat dan menghaluskan permukaan kulit yang tidak rata. 

Teknik ini hanya bisa dilakukan oleh dokter dan setelahnya pasien bisa menjalani pemulihan di rumah. Tetap tak bisa instan, butuh waktu sebelum akhirnya kulit mengalami peremajaan kembali.

Chemical peeling

Perawatan yang satu ini dapat diaplikasikan di wajah, tangan dan leher. Biasa dilakukan untuk memperbaiki tekstur atau penampilan kulit.

Caranya dengan mengoleskan cairan kimia pada bagian yang diinginkan. Kemudian kulit akan terkelupas dan membuat seseorang yang menjalaninya memiliki kulit baru yang lebih sehat. 

Selain dilakukan untuk mengatasi flek hitam, juga dilakukan untuk menghilangkan keriput, bekas jerawat atau menghilangkan bekas luka. Teknik ini juga perlu konsultasi terlebih dahulu oleh dokter, ya.

Perawatan laser atau intense pulsed light (IPL)

Laser kulit atau intense pulsed light (IPL) adalah perawatan yang serupa. Meski ada beberapa perbedaan, salah satunya pada perawatan IPL lebih menyebar pada area kulit sementara laser lebih fokus pada area tertentu. 

Namun keduanya dapat menghilangkan flek hitam pada kulit. Cara kerjanya yaitu, sel-sel dalam pigmen di kulit akan menyerap energi cahaya yang diubah menjadi panas.

Panas akan menghilangkan pigmen yang tak dibutuhkan, dan membuat flek hitam atau bintik lainnya menghilang. 

Cara menghilangkan flek hitam dengan perawatan alami

Selain perawatan medis seperti yang sudah disebutkan di atas, kamu juga bisa melakukan perawatan alami sebagai cara menghilangkan flek hitam. 

Beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan flek hitam antara lain:

  • Bawang merah. Salah satu penelitian mengindikasikan bahwa kulit bawang merah kering dapat membuat flek hitam terlihat lebih cerah. Untuk menggunakannya, kamu cukup mencari produk perawatan kulit yang mengandung allium cepa
  • Aloe vera. Beberapa penelitian pada binatang menunjukkan penggunaan aloe vera dapat menyamarkan bintik hitam pada kulit
  • Ekstrak anggrek. Salah satu peneliti menunjukkan bahwa ekstrak anggrek dapat menyamarkan flek hitam. Ekstrak anggrek dapat ditemui sebagai bahan campuran dalam beberapa produk perawatan kulit

Selain melakukan hal-hal di atas, kamu juga perlu melakukan beberapa pencegahan agar flek hitam tidak bertambah parah. Beberapa pencegahan yang bisa kamu lakukan antara lain:

  • Sebisa mungkin hindari paparan sinar matahari langsung mulai pukul 10 pagi hingga 3 sore
  • Gunakan tabir surya setiap hari
  • Gunakan tabir surya 30 menit sebelum terpapar sinar matahari dan gunakan kembali setiap dua jam

Selain itu, jangan lupa lakukan kebiasaan yang bisa melindungi kulit. Seperti gunakan pakaian yang lebih tertutup agar kulit tidak terpapar sinar matahari langsung. Atau gunakan topi dan kacamata hitam agar kulit wajah juga lebih terlindungi. 

Penggunaan masker untuk flek hitam

Jika flek hitam yang muncul belum terlalu parah, kamu bisa mengatasinya dengan membuat masker rumahan. Adapun beberapa masker untuk flek hitam yang bisa kamu buat di antaranya adalah:

Masker lemon

Bahan yang diperlukan hanya ½ buah lemon dan 1 sendok makan madu. Cara membuatnya pertama-tama peras buah lemon lalu campur dengan madu.

Oleskan pada wajah selama 10 sampai 15 menit, lalu basuh dengan air hangat diikuti air dingin sampai bersih.

Susu sebagai bahan masker untuk flek hitam

Berbahan utama 1 sendok makan susu dan 1 sendok makan madu, kamu hanya perlu mencampurkannya keduanya sampai merata.

Oleskan pada wajah selama 15 menit, lalu bilas sampai bersih, dan pakai moisturizer agar wajah semakin lembap.

Makser kentang

Tumbuk ½ kentang yang telah dikupas dan diiris tipis sebelumnya. Tambahkan 1 sendok teh air perasan lemon, dan ¼ sendok teh susu bubuk ke dalamnya.

Campur semua bahan sampai merata, dan oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit, lalu basuh sampai bersih dengan menggunakan air dingin.

Agar lebih aman, untuk menghilangkan flek hitam pada wajah tetap diskusikan dulu dengan dokter, ya. Terlebih jika kamu ingin menggunakan teknik medis.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Medicalnewstoday.com diakses 19 Mei 2020 What to know about age spots (liver spots) 
  2. Healthline.com diakses 19 Mei 2020 Age Spots 
  3. Mayoclinic.org diakses 19 Mei 2020 Age Spots (Liver Spots)
  4. WHAT CAUSES BLACK SPOTS ON THE FACE AND HOW TO GET RID OF THEM? https://www.bebeautiful.in/all-things-skin/everyday/what-causes-black-spots-on-the-face-and-how-to-get-rid-of-them diakses pada 14 Seotember 2020
  5. 10 Effective Homemade Face Packs To Treat Dark Spotshttps://www.stylecraze.com/articles/effective-homemade-face-packs-to-treat-dark-spots/ diakses pada 14 Seotember 2020
    register-docotr