Kulit & Perawatan Tubuh

Wajib Dicoba! Ini Cara-cara Ampuh Mengecilkan Pori-Pori Wajah

October 7, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Pori-pori wajah yang besar bisa membuat penampilan menjadi terlihat kurang sempurna. Tenang, untuk mengatasinya kini ada berbagai cara mengecilkan pori-pori wajah yang bisa kamu coba di rumah.

Pori-pori sendiri adalah lubang kecil di kulit yang melepaskan minyak dan keringat. Besar kecilnya pori-pori seseorang akan sangat tergantung pada jenis kulitnya.

Jika pori-pori terlihat lebih besar, mungkin penyebabnya adalah jerawat. Hal ini akibat peningkatan produksi sebum yang menyebabkan kulit berminyak serta kerusakan akibat sinar matahari, atau make-up noncomedogenic.

Tapi jangan khawatir, kamu tetap bisa mengembalikan pori-pori pada keadaan semula kok. Nah, simak cara mengecilkan pori-pori wajah berikut ini!

Penyebab pori-pori wajah besar

Pori-pori adalah bagian tubuh yang terhubung ke folikel rambut. Folikel rambut memiliki kelenjar sebaceous di dalamnya yang menghasilkan minyak. Ketika kelenjar sebaceous melepaskan minyak, minyak naik ke bagian atas kulit dan kemudian terkumpul di pori-pori.

Ketika minyak terkumpul di pori-pori dan bergabung dengan kotoran atau sisa riasan, pori-pori bisa tersumbat. Penyumbatan ini dapat meregangkan pori-pori dan membuatnya terlihat lebih besar dari sebelumnya. Jika pori-pori tetap tersumbat, ini bisa membuat jerawat muncul dengan mudah.

Baca juga: Wajah Kusam Kembali Kinclong, 8 Cara Ini Kuncinya

Bagaimana memilih produk untuk mengecilkan pori-pori wajah?

Jika pori-pori kerap membesar, mungkin sudah saatnya kamu lebih cermat dalam memilih produk perawatan kulit yang kamu gunakan. Misalnya dengan memasukan beberapa kriteria berikut saat hendak berbelanja produk perawatan untuk mengecilkan pori-pori wajah.

Memilih produk berbasis air

Jika kulitmu berminyak, pastikan semua produk perawatan bersifat noncomedogenic, yang berarti berbasis air. Produk comedogenic atau berbasis minyak, dapat menyebabkan minyak berlebih sehingga pori-pori membesar.

Memilih pembersih berbahan dasar gel

Pembersih berbahan gel sangat efektif dipakai sebagai pengecil pori-pori wajah. Jangan memilih pembersih yang mengandung pelembap, karena dapat meninggalkan residu di pori-pori dan membuatnya lebih berminyak.

Jadi apabila kamu hendak mencari pembersih muka yang bisa berfungsi sebagai pengecil pori-pori wajah, pilihlah yang berbasis gel agar bisa membantu membersihkan minyak dari pori-pori dan menyamarkannya. 

Hindari pembersih yang mengandung detergen

Jenis pembersih yang baik akan menghilangkan kotoran dan minyak berlebih tanpa sepenuhnya menghilangkan kelembapan kulit. 

Apa pun jenis kulit yang kamu miliki, hindari pembersih yang mengandung detergen atau bahan kimia berbahaya. Bahan-bahan tersebut dapat membuat pori-pori terlihat lebih besar. Bersihkan wajah setiap pagi dan malam penting untuk menjaga kesehatan kulit, lho.

Lakukan eksfoliasi dengan AHA atau BHA

Seseorang dengan kulit berminyak harus melakukan eksfoliasi sekali atau dua kali seminggu. Eksfoliasi membantu menghilangkan kotoran, sel kulit mati, dan minyak berlebih yang menutupi pori-pori.

Pilihlah exfoliants dengan asam alpha-hydroxy acids (AHA) atau beta-hydroxy acids (BHA). BHA juga dikenal sebagai asam salisilat dan tidak boleh digunakan jika kamu alergi terhadap aspirin. Asam salisilat membuat kulit kering dan menghasilkan efek pori-pori mengecil.

Namun, jika kulit menjadi terlalu kering, kelenjar sebaceous akan meningkatkan produksi sebum untuk mengisi kembali kelembaban yang hilang dan membuat kulit kembali berminyak.

Untuk menghindarinya, kamu dapat menggunakan produk-produk seperti astringent, scrub wajah deep-cleansing, dan masker berbasis minyak selama beberapa minggu sekali.

Gunakan pelembap setiap hari

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan orang dengan kulit berminyak adalah tidak menggunakan pelembap karena takut akan menambah minyak pada wajah mereka.

Pelembap dapat melembabkan dan melembutkan kulit. Hal ini memungkinkan sebum untuk menembus lebih dalam ke dalam kulit dan tidak menyumbat pori-pori.

Gunakan clay mask

Menggunakan clay mask sekali atau dua kali seminggu dapat membantu menghilangkan minyak dari pori-pori. Sebaiknya, penggunaan clay mask  dilakukan di hari yang berbeda dengan eksfoliasi untuk menghindari iritasi.

Pakai tabir surya setiap hari

Kerusakan akibat sinar matahari tidak hanya meningkatkan risiko kanker dan kerutan jangka panjang, tetapi juga dapat membuat kulit kering dan membuat pori-pori terlihat lebih besar. 

Cara terbaik untuk melindungi kulit dari sinar matahari adalah sebagai berikut:

  • Gunakan topi bertepi lebar
  • Gunakan produk tabir surya atau sunscreen setiap hari dengan SPF minimal 30 setidaknya 15 menit sebelum kamu keluar, atau pilih pelembap dan foundation yang mengandung SPF
  • Berdiam di tempat teduh saat tengah hari

Cara alami untuk mengecilkan pori-pori wajah

Selain dengan memilih produk perawatan yang tepat, kamu juga bisa melengkapi upayamu mengecilkan pori-pori wajah dengan melakukan beberapa kebiasaan baik berikut:

Bersihkan wajah setelah gunakan make-up

Sangat penting untuk selalu menghapus riasan atau makeup sebelum tidur. Tidur dengan make-up dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Hal ini karena make-up, minyak, dan bakteri menumpuk di pori-pori. Kamu juga bisa lakukan double cleansing untuk mendapatkan kulit yang lebih bersih.

Selain membuat wajah menjadi bersih, cara ini juga terbukti bisa mengecilkan pori-pori wajah yang membesar akibat bekas jerawat.

Minum air putih

Air juga bermanfaat bagi pori-pori dan kesehatan kulit secara keseluruhan. Air dapat membantu melembabkan kulit dari dalam, menghilangkan racun dari pori-pori, dan meningkatkan warna alami dari kulit.

Usahakan setidaknya minum 8 gelas air atau cairan lain setiap hari. Dengan begitu kamu akan mendapatkan keseimbangan nutrisi, lemak, protein, dan karbohidrat yang tepat juga membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, termasuk kulit.

Rutin berolahraga

Olahraga secara teratur pun baik untuk kesehatan kulit. Namun, jangan lupa untuk selalu membersihkan kulit setelah berolahraga. Jika tidak, sisa keringat akan menjadi tempat tumbuhnya kuman dan bakteri yang membuat kulit kusam bahkan berjerawat.

Mengecilkan pori-pori wajah pria

Secara alami, pria memiliki pori-pori wajah yang lebih besar dan menghasilkan lebih banyak minyak dibandingkan wanita.

Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengecilkan ukuran pori-pori wajah pria dan membuatmu menjadi semakin tampan.

Gunakan pembersih wajah khusus untuk pria

Menggunakan pembersih wajah pria yang bebas dari pewarna dan pewangi berbahaya adalah kunci untuk mengecilkan pori-pori wajah pada pria secara efektif.

Jangan gunakan sabun batangan atau pembersih wajah wanita, karena banyak pembersih wajah di pasaran yang tidak diformulasikan untuk kulit pria, sehingga tidak efektif untuk menghilangkan kotoran.

Lakukan eksfoliasi secara berkala

Cara ini akan membantu membuang sel-sel kulit mati yang bisa menyumbat pori-pori pada wajah dan menyebabkannya membesar.

Khusus untuk pria, pilih scrub wajah yang mengandung vitamin B3, karena sangat ampuh mengurangi produksi sebum yang membuat pori-pori wajah membesar.

Perawatan medis untuk menyamarkan pori-pori wajah

Jika setelah mencoba cara-cara di atas, kamu belum memperoleh hasil yang diinginkan, tak ada salahnya mencoba perawatan medis untuk mengecilkan pori-pori wajah akibat jerawat kepada dokter.

Salah satu metode penanganan yang bisa kamu terima contohnya microneedling. Microneedling adalah perawatan kulit non-invasif menggunakan dermaroller (roller dengan jarum kecil di atasnya) atau pena microneedle (alat dengan mesin yang dapat menusuk-nusuk kulit dengan jarum kecil).

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan antibiotik dan juga retinoid untuk membantu mengobati jerawat. Namun penggunaannya tidak bisa sembarangan, ya! 

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  • Healthline. (2017). Diakses pada 18 Mei 2020.  Top 8 Ways to Get Rid of Large Pores
  • Medicalnewstoday. (2020). Diakses pada 18 Mei 2020.  What are the best ways to get rid of large pores?
    Berita Terkait
    register-docotr