Kulit & Perawatan Tubuh

Cukup dengan Bahan Alami, Begini Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah

June 18, 2020 | Arianti Khairina | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Memiliki kulit wajah yang sehat tentu menjadi impian banyak orang. Apalagi kamu yang memiliki pori-pori wajah besar pasti membuat kepercayaan diri menurun bukan? Nah, tak usah khawatir ternyata ada cara mengecilkan pori-pori wajah yang cukup ampuh lho!

Cara mengecilkan pori-pori wajah

Dilansir dari teenvogue.com, bagi kamu yang memiliki pori-pori wajah besar sebaiknya rajin untuk membersihkan kulit setiap hari. Kamu dapat membersihkan dua kali sehari atau sehari sekali.

Tetapi jika kamu ingin membersihkannya sekali sehari, sebaiknya pilih waktu saat malam hari. Alasannya karena pada saat malam, kulit akan memiliki penumpukan kotoran serta makeup yang menempel pada wajah. Hal tersebut sangat penting untuk membersihkan semuanya sebelum tidur.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya saat melakukan kegiatan di luar rumah. Menggunakan sunscreen atau tabir surya menjadi salah satu cara mengecilkan pori-pori wajah paling ampuh.

Mengapa penting memakai tabir surya atau sunscreen? Hal tersebut karena saat kulit wajah lebih sering terpapar sinar matahari, risiko kulit rusak akan semakin besar. Akibatnya kekencangan kulit wajah akan menurun dan akan membuat pori-pori terlihat membesar.

Jika kamu ingin menggunakan tabir surya, sangat disarankan kandungannya memiliki SPF 30 atau lebih tinggi. Tabir surya jenis ini bisa membantu mencegah kulit yang rusak akibat sinar matahari. 

Tak hanya beberapa cara di atas, berikut ini juga ada bahan alami yang bisa kamu gunakan sebagai perawatan untuk mengecilkan pori-pori wajah.

Baca juga: Jenis-jenis Jerawat yang Muncul di Wajah, Sudah Tahukah Kamu?

1. Madu

Madu memang memiliki banyak manfaat selain untuk kesehatan tubuh, ternyata juga dapat bermanfaat sebagai perawatan kulit wajah. Madu mengandung banyak anti-oksidan yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati.

cara mengecilkan perut buncit
Madu untuk mengecilkan ppori-pori. Sumber gambar: https://blog.frontiersin.org/

Tak hanya dapat digunakan sebagai pelembap alami wajah, tetapi juga mencerahkan kulit secara alami. Cara mengolah madu tersebut sangatlah mudah, siapkan madu sebanyak 1 sdm lalu oleskan pada wajah dengan lembut.

Kamu cukup diamkan saja selama 30 menit sampai dirasa madu tersebut sudah meresap ke dalam kulit, terakhir langsung bilas dengan air sampai bersih.

2. Es batu

Bagi para wanita tentu mengoleskan es batu sebelum menggunakan makeup menjadi hal yang biasa bukan? Nah, selain membuat kulit tampak lebih segar, es batu juga mampu mengecilkan pori-pori secara alami lho.

Salah satu cara instan yang dapat mengecilkan pori-pori wajah yaitu dengan es batu. Cara menggunakannya dengan ambil es batu dari freezer, lalu bungkus dengan sapu tangan atau handuk wajah.

Kemudian oleskan pada wajah kamu secara lembut, sebaiknya lakukan cara ini selama 15 menit tunggu sampai pori-pori mengecil.

3. Kopi dan gula

Campuran kedua bahan alami ini bisa menjadi salah satu alternatif cara mengecilkan pori-pori wajah. Kamu bisa gunakan kopi dan gula sebagai scrub yang mampu mengangkat kulit-kulit mati dengan sempurna.

Ketika kulit-kulit mati tersebut terangkat, tentu saja kulitmu akan halus dan tidak lagi kusam. Perlu kamu ketahui ketika sel kulit mati terangkat dengan baik, maka pori-pori wajah juga akan mengecil.

Cara menggunakan bahan alami ini cukup dengan campurkan 1 sdt bubuk kopi dan 1 sdt gula, lalu tambahkan sedikit air dan aduk hingga berbentuk pasta. Kemudian kamu gosok campuran bahan tadi secara perlahan pada wajah agar sel kulit mati terangkat.

4. Jeruk nipis

Mampu membantu kulit terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih hingga mengangkat sel kulit mati. Jeruk nipis memang banyak mengandung anti-oksidan dan vitamin C yang sangat baik bagi kesehatan kulit wajah.

Cara menggunakannya, belah jeruk nipis menjadi dua bagian, lalu peras airnya. Oleskan dengan lembut air perasan tadi pada wajah dan diamkan saja selama 15 menit sampai meresap ke dalam kulit. Jika sudah, bilas wajah dengan air sampai bersih ya.

5. Lemon

Sama seperti jeruk nipis, lemon banyak mengandung anti-oksidan dan vitamin C yang mampu menjaga kesehatan kulit wajah secara alami. Tak hanya itu saja lemon juga mengandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas.

Caranya kamu potong buah lemon menjadi 2 bagian, lalu peras airnya. Oleskan air perasan lemon tadi pada wajah dengan lembut. Biarkan selama 15 menit meresap pada kulit wajah, tujuannya agar membuat pori-pori menjadi tertutup.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. stylecraze.com (2020) diakses 16 Juni 2020. 20 Home Remedies To Get Rid Of Open Pores On Skin 
  2. teenvogue.com (2019) diakses 16 Juni 2020. How To Minimize Pores 12 Different Ways (That Actually Work)  
  3. goodhousekeeping.com (2020) diakses 16 Juni 2020. 11 Fast and Easy Ways to Minimize Your Pores, According to Skin Pros  
  4. elle.com (2019) diakses 16 Juni 2020. Can You Actually Shrink Your Pores? A Dermatologist Weighs In 
    register-docotr