Kulit & Perawatan Tubuh

Cara Memutihkan Kulit Tubuh dan Wajah Secara Alami, 8 Bahan Rumahan Ini Bisa Kamu Pakai

September 2, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Ario W. Pamungkas
no-image

Pastikan untuk mengecek kesehatanmu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Tanyakan cara memutihkan kulit yang aman dengan berkonsultasi pada mitra dokter spesialis kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Cara memutihkan kulit bisa dilakukan dengan berbagai produk yang sudah banyak beredar. Namun, pemilihan produk perlu diperhatikan karena beberapa di antaranya memiliki kandungan yang tidak baik untuk kulit.

Karena itu, kebanyakan orang kini beralih menggunakan produk atau bahan alami untuk membantu memutihkan kulit. Selain relatif aman, kamu juga tidak perlu takut mengenai efek samping penggunaan produk pemutih kulit alami.

Baca juga: Muncul Kutil Pada Tubuh, Bagaimana Cara Mengobatinya?

Cara memutihkan kulit tubuh dengan bahan alami

Sudah saatnya membuang produk pemutih kulit yang memiliki kandungan berbahaya dan pindah ke bahan alami. Nah, berbagai cara untuk memutihkan kulit yang aman menggunakan bahan alami, yakni:

1. Susu

Susu merupakan salah satu bahan alami yang mudah ditemukan dan murah. Tidak hanya memberikan kalsium ke tulang, namun juga bisa membantu mencapai kulit yang sehat dan putih secara alami.

Susu diketahui dapat merangsang melanosit, yakni sel penghasil melanin dan mencegah kulit dari kekeringan. Cara memutihkan badan dengan susu adalah mengaplikasikannya sebagai pembersih yang telah dicampur bubuk beras.

2. Lemon 

Manfaat lemon dalam kehidupan sehari-hari memang tidak ada habisnya. Pada kulit, lemon bertindak sebagai zat pembersih karena dapat membantu menghilangkan bintik gelap dan meratakan warna kulit.

Lemon merupakan salah satu cara memutihkan badan yang aman untuk kulit. Cara penggunaannya cukup dengan mengoleskan lemon ke kulit atau campurkan dengan madu untuk mendapatkan hasil lebih maksimal.

3. Yoghurt

Yogurt diketahui memiliki kandungan asam laktat yang sangat membantu dalam mencerahkan kulit. Selain itu, yoghurt juga dapat membantu mengontrol produksi melanin sehingga pemutihan pada kulit berjalan dengan baik.

Aplikasikan yoghurt biasa tanpa rasa sebagai masker dan basuh dengan air hangat setelah 20 hingga 30 menit. Yoghurt juga bisa dicampurkan dengan madu dan gandum untuk membuat masker wajah alami dan sehat.

4. Bubuk beras

Butir beras yang dihaluskan memang dikenal dapat membantu memutihkan kulit. Tepung beras ini bisa kamu peroleh di pasaran atau menggilingnya sendiri di rumah. Campurkan bubuk dengan susu untuk mendapatkan tekstur seperti pasta.

Pasta bubuk beras yang sudah jadi bisa langsung diaplikasikan pada kulit tubuh atau wajah. Biarkan selama 15 hingga 20 menit lalu cuci bersih dengan air mengalir. Selain membantu meratakan warna kulit, pasta satu ini juga bisa mengurangi kerutan pada wajah.

5. Cara memutihkan kulit dengan lidah buaya

Aloe vera atau lidah buaya dapat dengan mudah diperoleh dan juga murah. Pengaplikasian gel lidah buaya yang teratur dapat membantu memutihkan kulit dan menghapus noda. Selain itu, berbagai antioksidan yang terkandung dalam gel bisa membantu mencapai kulit lembut dan kenyal.

Penggunaan bahan alami untuk memutihkan kulit bisa membantu kamu menghemat pengeluaran. Cara memutihkan badan dengan bahan ini tak hanya murah biaya, namun juga terbukti aman untuk kulit sehingga hasil bisa dirasakan dalam jangka panjang.

Baca juga: Mengenal Calendula: Bahan Skincare untuk Perawatan Kulit Lebih Sehat

Cara mencerahkan kulit wajah yang aman

Selain badan, wajah yang terlihat cerah juga bisa menambah rasa percaya diri seseorang. Jika saat ini kulit wajahmu masih terlihat gelap, atau bahkan belang, kamu bisa menerapkan beberapa cara mencerahkan kulit wajah yang alami berikut.

1. Madu

Pemutih wajah yang aman adalah madu karena mengandung asma alfa-hidroksi dan senyawa bioaktif. Madu bisa dijadikan sebagai cream pemutih wajah yang aman karena dapat membantu mengurangi efek pigmentasi berlebihan pada kulit sehingga mencegah munculnya flek hitam.

Bahan yang diperlukan untuk membuat cream pemutih wajah yang aman adalah 1 sendok teh madu dan 1 buah lemon matang. Peras jus lemon matang ke dalam mangkok dan tambahkan madu. Setelah itu, gunakan kuas untuk mengaplikasikannya pada wajah hingga leher, diamkan, lalu bilas.

2. Timun

Selain madu, pemutih wajah yang aman lainnya adalah mentimun karena menjadi sumber cucurnitacin D. Timun memiliki senyawa yang dapat mengurangi sintesis melanin dan mungkin membalikkan efek pigmentasi sehingga cocok dijadikan sebagai cream pemutih alami.

Cara memutihkan wajah secara alami dengan timun adalah mencampurkannya dengan gel lidah buaya dan oleskan pasta yang sudah jadi ke wajah hingga leher. Biarkan selama 15 hingga 20 menit, lalu bersihkan dengan air biasa.

3. Kunyit

Cara memutihkan wajah secara alami selanjutnya yakni menggunakan kunyit. Cream pemutih alami yang terbuat dari kunyit diketahui bisa mencegah munculnya tanda penuaan dan memberikan kilau alami pada kulit. Gunakan pemutih wajah yang aman satu ini seminggu sekali untuk hasil optimal.

Untuk membuat cream pemutih yang aman, kamu hanya perlu mencampurkan 1 sendok teh bubuk kunyit, madu, dan yoghurt segar. Aplikasikan pasta yang sudah jadi di wajah, biarkan hingga mengering, dan bilas wajah secara menyeluruh dengan air hangat.

Baca juga: Ragu Gunakan Retinol sebab Bikin Iritasi, Coba Bakuchiol sebagai Bahan Alternatifnya!

Cara memutihkan badan dengan pola hidup sehat

Kulit termasuk salah satu bagian tubuh yang memiliki peran penting untuk melindungi diri dari berbagai paparan. Namun, jika terganggu maka kemampuan kulit untuk bekerja sebagai penghalang yang efektif akan terganggu.

Karena itu, selain memutihkan kulit beberapa cara membuatnya sehat juga perlu dilakukan, seperti:

Rutin berpuasa

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa berpuasa dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit, terutama untuk anti-aging dan peremajaan kulit.

Kamu dapat mencoba untuk berpuasa selama 8 jam sehari untuk mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan kulit. Jangan lupa untuk minum air mineral selama 2 liter untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Berpuasa secara teratur ditambah dengan pola tidur yang sehat berpengaruh pada peremajaan sel kulit serta detoksifikasi. Kulit kita terlihat lebih segar.

Konsumsi makanan dan minuman sehat

Kesehatan kulit luar dan dalam harus diperhatikan agar fungsi tidak terganggu. Nah, apa saja jenis makanan dan minuman yang disarankan untuk mewujudkan kulit badan yang sehat dan putih?

Makanan untuk memutihkan badan

Cara terbaik untuk benar-benar membuat kulit putih bersinar dari dalam ke luar adalah dengan memastikan asupan makanan ke dalam tubuh. Salah staunya dengan rajin mengonsumsi vitamin C yang merupakan makanan super dan antioksidan yang kuat.

Ini diperlukan untuk mempertahankan sistem kekebalan yang kuat dan merupakan bahan utama dalam memberi kamu kulit tubuh yang sehat dan bercahaya. Untungnya, tidak terlalu sulit untuk menemukannya di banyak buah dan sayuran!

Selain jeruk, kamu juga bisa mendapatkan vitamin C dalam jumlah yang baik dari blueberry, mangga, tomat, pepaya, stroberi, kiwi, dan bahkan ubi! Mangga sendiri diketahui mengandung senyawa dengan antioksidan yang dapat membantu melindungi komponen kulit, seperti kolagen.

Sementara tomat, berfungsi menjaga kesehatan kulit karena memiliki antioksidan yang bermanfaat sebagai pencegah kanker kulit. Tomat juga mampu memberikan perlindungan dari sengatan matahari sehingga sangat bagus jika dikonsumsi rutin setiap hari.

Apa yang harus kamu minum?

Tubuh yang terhidrasi dengan baik, tidak akan mudah menjadi kering. Kulit juga akan terasa lembap, dan bercahaya. Oleh karena itu, jaga kesehatan kulit tubuhmu dengan rutin meminum minuman-minuman di bawah ini.

Air putih

Salah satu cara untuk memastikan tubuh terjaga kecerahannya adalah dengan mendapatkan cukup air per hari yakni 13 gelas untuk pria, 9 gelas untuk wanita. Jika kamu merasa kesulitan mencapai ini, cobalah untuk selalu menyimpan dua botol air berisi masing-masing 1 liter di meja kerja untuk diminum sepanjang hari.

Ini akan sangat membantu kamu terhindar dari dehidrasi dan juga membuat kulit tubuh ternutrisi dengan baik.

Air kelapa

Air kelapa memiliki sifat melembabkan yang intens dan juga merupakan sumber terpercaya vitamin C serta kalium, kalsium, dan magnesium. Mengonsumsinya sesuai dengan takaran yang dianjurkan dapat efektif membuat kulit terlihat bersih dan cerah.

Jus segar

Jus dan smoothie juga bagus untuk mendapatkan berbagai nutrisi dalam satu porsi yang sehat. Vitamin dan nutrisi yang dikandungnya bagus untuk menyembuhkan kulit dan menjaga kesehatannya.

Untuk menghindari bahan pengawet dan gula tambahan yang dapat merusak kulit, cobalah membuat minuman ini sendiri daripada membelinya dari toko.

Perhatikan perubahan musim

Tahukah kamu kalau kulit mengalami perubahan di sepanjang tahun, tergantung pada pergantian musim? Jadi meskipun saat ini kamu memiliki kulit wajah yang berminyak, ini bisa saja berubah menjadi kering ketika memasuki musim kemarau atau musim dingin.

Penting untuk mencari tahu tentang hal ini agar kamu bisa menyesuaikan perawatan wajah alami yang harus diterapkan kepada wajah. Jangan sampai kamu salah memilih, dan membuat kulit menjadi gelap.

Umumnya kamu akan membutuhkan pelembap yang lebih melembapkan dan intens untuk bulan-bulan musim dingin. Ini karena suhu udara yang dingin dapat  membuat kulit kita lebih kering. Beberapa bahan alami yang bisa memenuhi hal tersebut adalah madu, lidah buaya, dan gandum.

Adapun di musim kemarau, pilih pelembap yang lebih ringan, idealnya yang juga bisa melindungi kulit dari sinar UV matahari yang keras.

Cara memutihkan badan dengan menjaga kelembapan kulit

Menjaga kelembapan kulit sangatlah penting, terutama jika sedang dalam proses memutihkan tubuh.

Pelembap biasanya mengandung humektan untuk menarik kelembapan, agen oklusif untuk mempertahankan kelembapan di kulit, dan emolien untuk menghaluskan ruang antara sel-sel kulit.

Beberapa cara mudah dalam menjaga kelembapan kulit adalah mandi dengan air hangat, tidak menggosok kulit terlalu keras, dan gunakan salep atau krim daripada lotion untuk meminimalkan iritasi.

Menghindari penggunaan produk pemutih kulit dengan kandungan yang tidak jelas merupakan cara yang paling tepat. Jika cara memutihkan kulit dengan bahan alami ini belum menunjukkan hasil yang jelas, bisa konsultasikan dengan dokter untuk penanganan lainnya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Periksa kesehatan kulit dan kelamin dengan mitra dokter spesialis kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Medical News Today (2017), diakses 19 Mei 2020. Five life hacks for healthy skin
  2. Boldsky (2015), diakses 19 Mei 2020. 10 Natural Substances For Skin Whitening 
  3. Healthline.com (2018), diakses 8 Juni 2020. 8 Health Benefits of Fasting, Backed by Science.
  4. How to make your skin glow, https://www.healthline.com/health/guide-how-to-make-skin-glow#Bottom-line 24 Maret 2021
  5. Stylecraze.com (2020), diakses 2 September 2020. 9 Natural Ways To Lighten Your Skin Tone
    Berita Terkait
    register-docotr