Info Sehat

Terpapar Polutan Bikin Sesak Napas? Intip Cara Membersihkan Paru-paru Berikut Ini!

September 2, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Cara membersihkan paru-paru perlu diketahui karena tak hanya bermanfaat untuk perokok, namun juga orang sering terpapar polusi, lho! Ya, paru-paru merupakan salah satu organ tubuh terpenting sehingga kesehatannya harus terjaga dengan baik.

Dalam kehidupan sehari-hari, tubuh bisa menghirup udara kotor sehingga menyebabkan paru-paru terkontaminasi. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut yuk simak beberapa cara membersihkan paru-paru berikut.

Baca juga: Bahaya Vape untuk Wanita, Bisa Pengaruhi Kesuburan hingga Ganggu Kesehatan Janin Lho!

Bagaimana cara membersihkan paru-paru dengan mudah?

Dilansir Healthline, paru-paru merupakan organ yang sebenarnya membersihkan diri sendiri ketika terpapar polutan. Biasanya, setelah paru-paru terpapar polusi seperti asap rokok maka dada seseorang akan terasa penuh, sesak, atau meradang.

Lendir akan berkumpul di paru-paru untuk menangkap mikroba dan patogen yang dapat menginfeksi paru-paru. Dari situ, berbagai teknik khusus akan dilakukan untuk membersihkan paru-paru dari lendir dan iritan.

Pembersihan paru-paru sangat bermanfaat untuk individu yang memiliki masalah pada pernapasan, seperti asma, penyakit paru obstruktif kronik, atau fibrosis kistik. Nah, beberapa cara membersihkan paru-paru yang bisa kamu lakukan antara lain:

1. Terapi uap

Cara membersihkan paru-paru yang pertama adalah melakukan terapi uap secara rutin. Terapi uap umumnya melibatkan penghirupan uap untuk membuka saluran udara dan membantu paru-paru mengeluarkan lendir.

Uap berguna untuk menambah kehangatan dan kelembapan pada udara, sehingga dapat meningkatkan pernapasan serta membantu mengencerkan lendir di saluran napas. Menghirup uap air atau dari difuser memberikan kelegaan langsung dan membantu bernapas menjadi lebih mudah.

2. Kontrol refleks batuk

Batuk adalah cara tubuh mengeluarkan racun secara alami yang terperangkap di dalam lendir. Bantuk yang terkendali dapat membantu mengencerkan lendir berlebih di paru-paru dan mengirimkannya melalui saluran udara. 

Biasanya, dokter akan menganjurkan penderita penyakit paru obstruktif kronis atau PPOK melakukan latihan ini.

Beberapa langkah yang bisa diikuti, yakni duduk di kursi dengan bahu rileks, lipat lengan di atas perut, tarik napas perlahan melalui hidung. Condongkan tubuh ke depan, lalu batuk 2 sampai 3 kali sambil mengeluarkan napas.

3. Olahraga teratur

Olahraga teratur bisa juga menjadi cara membersihkan paru-paru dengan aman dan mudah. Rutin berolahraga dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental serta menurunkan risiko berbagai penyakit serius seperti stroke dan jantung.

Latihan fisik memaksa otot untuk bekerja lebih keras sehingga meningkatkan laju tubuh dan menghasilkan suplai oksigen yang lebih besar.

Meskipun olahraga mungkin sulit dilakukan beberapa orang dengan kondisi paru-paru kronis, namun terdapat berbagai manfaat lebih yang bisa diperoleh.

4. Rutin konsumsi teh hijau

Cara membersihkan paru-paru dapat pula dilakukan dengan teratur mengonsumsi teh hijau. Teh hijau banyak mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan pada paru-paru.

Senyawa ini bahkan bisa melindungi jaringan paru-paru dari efek berbahaya akibat menghirup asap.

Sebuah studi baru-baru ini yang melibatkan lebih dari 1.000 orang dewasa di Korea melaporkan jika minum setidaknya 2 cangkir teh hijau bisa memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik. Maka dari itu, pastikan untuk mengonsumsi teh hijau untuk membantu membersihkan paru-paru.

5. Pilih makanan anti-inflamasi

Radang saluran nafas bisa membuat sulit bernapas dan menyebabkan dada terasa berat serta sesak. Untuk itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan anti-inflamasi untuk membantu mengurangi peradangan dan meredakan gejala akibat paru-paru yang kotor.

Beberapa makanan yang bisa membantu melawan peradangan antara lain kunyit, sayuran berdaun hijau, ceri, blueberry, zaitun, kenari, dan kacang-kacangan. Konsumsilah beberapa makanan ini secara rutin agar memiliki paru-paru yang sehat dan bebas dari polutan.

Baca juga: Penyakit Kwashiorkor: Kenali Pengertian, Gejala, hingga Penyebabnya!

6. Penuhi kebutuhan harian vitamin D

Pola makan yang sehat dapat memengaruhi kesehatan paru-paru sehingga harus dijaga dengan baik. Salah satu sumber nutrisi yang bisa dikonsumsi untuk membantu memperbaiki kesehatan paru-paru adalah vitamin D.

Vitamin D merupakan sumber nutrisi yang baik untuk membantu meningkatkan kesehatan paru-paru. Sebuah studi tahun 2017 tentang orang dengan asma menemukan bahwa vitamin D bisa membantu mengurangi jumlah serangan asma.

Beberapa sumber makanan terbaik yang mengandung cukup vitamin D biasanya produk hewani, seperti salmon, sarden, dan telur.

Selain berbagai cara alami di atas, jika kondisi paru-paru kamu sudah cukup parah sebaiknya teatp lakukan konsultasi dengan dokter, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline (2020), diakses pada 31 Agustus 2020. 8 Ways to Cleanse Your Lungs
  2. Medical News Today (2019), diakses pada 31 Agustus 2020. Natural ways to cleanse your lungs
    Berita Terkait
    register-docotr