Kulit & Perawatan Tubuh

Bye-Bye Ketiak Hitam, Ini Cara Memutihkannya yang Aman dan Patut Dicoba

March 12, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Sebagian kaum hawa sering merasa tidak nyaman karena memiliki ketiak yang berwarna hitam. Tak jarang mereka sampai mencoba berbagai cara memutihkan ketiak, agar bisa tampil dengan lebih percaya diri.

Namun, ada berbagai cara memutihkan ketiak yang bisa dicoba. Tak jarang beberapa di antaranya harus diteliti lebih jauh karena bisa berefek buruk pada kesehatan.

Nah, agar kamu bisa tahu cara memutihkan ketiak yang aman, tak ada salahnya membaca ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: Membuat Wanita Mencapai Klimaks, Ketahui Lebih Dalam Tentang Klitoris

Penyebab ketiak hitam

cara memutihkan ketiak
Cara aman memutihkan ketiak. Foto: https://www.operanewsapp.com

Ada banyak hal yang bisa membuat ketiak seseorang menjadi berwarna gelap.

Beberapa di antaranya adalah pemakaian deodoran yang tidak sesuai, kebiasaan mencukur atau mencabut bulu ketiak yang tidak tepat, akumulasi sel-sel kulit mati yang menumpuk, gesekan akibat pakaian yang terlalu ketat, dan banyak lagi.

Langkah awal & cara memutihkan ketiak

Sebagai permulaan kamu bisa mencari tahu penyebab terjadinya ketiak hitam dan mengatasi akar permasalahannya terlebih dulu.

Hal ini penting dilakukan agar masalah ini tidak terjadi secara berulang di kemudian hari. Beberapa cara menghilangkan ketiak hitam yang bisa dicoba di antaranya adalah:

Mengganti deodoran

Orang berkulit sensitif biasanya akan lebih mudah mengalami ketiak hitam karena tidak cocok dengan kandungan kimia di dalam deodoran.

Oleh sebab itu, kamu bisa memilih deodoran alami seperti baking soda, atau cuka, atau bahkan berhenti menggunakan deodoran sama sekali. Ini bisa mencegah iritasi yang menimbulkan warna hitam pada ketiak.

Berhenti mencukur bulu ketiak

Mencukur atau mencabut bulu ketiak dapat menyebabkan kulit ketiak mengalami iritasi dan lama kelamaan menjadi berwarna hitam. Kamu bisa mengganti kebiasaan ini dengan melakukan waxing atau perawatan laser.

Cara memutihkan ketiak dengan eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan cara memutihkan ketiak yang cukup efektif dilakukan untuk menangani masalah ketiak hitam. Kamu bisa membuat scrub berbahan alami seperti gula dicampur madu, dan lakukan eksfoliasi sebanyak 2 atau 3 kali seminggu.

Berpakaian longgar

Hindari memakai pakaian ketat yang membuat kulit ‘tidak bisa bernapas’ dan mengeluarkan keringan berlebihan. Ini akan membantu mencegah kulit ketiak menjadi hitam.

Cara memutihkan ketiak secara alami

Selain cara-cara di atas, kamu juga bisa memakai beberapa bahan alami ini agar ketiak semakin cerah. Selain tentunya aman bagi kesehatan, bahan-bahan ini juga cenderung murah dan mudah diperoleh.

Air perasan kentang

Kentang bisa jadi pemutih ketiak alami, lho. Caranya, parut beberapa buah kentang lalu peras hingga sari-sarinya keluar.

Setelah itu, tempelkan cairan dari kentang yang telah diperas tersebut ke bawah ketiak selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu bilas ketiak dengan air dingin.

Cara hilangkan ketiak hitam dengan timun

Selain dipakai untuk masker wajah, buah hijau yang segar ini juga bisa dipakai sebagai pemutih ketiak alami.

Langkah-langkahnya sederhana, pertama potong mentimun tipis-tipis dan gosokkan ke bagian ketiak yang berwarna gelap. Setelah 10 menit, bilas ketiak dengan air dingin.

Cara hilangkan ketiak hitam dengan lemon

Lemon dipercaya bisa menghasilkan efek cerah pada kulit. Itu sebabnya salah satu cara menghilangkan ketiak hitam adalah dengan memanfaatkan buah yang dikenal kaya akan vitamin C ini.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan potong lemon dan gosokkan ke bawah ketiak selama sekitar 10 menit. Selanjutnya bilas ketiak dengan air dingin dan keringkan secara perlahan.

Cara memutihkan ketiak dengan minyak kelapa

Siapa sangka minyak kepala bisa dijadikan pemutih ketiak alami. Faktanya, hanya dengan meneteskan beberapa tetes minyak kelapa ke bawah ketiak dapat membuatnya menjadi kembali putih.

Caranya, setelah diteteskan, diamkan selama 15 menit, lalu cuci ketiak dengan air hangat dan sabun yang lembut. Lakukan sebanyak 2 sampai 3 kali sehari untuk hasil yang optimal.

Cara hilangkan ketiak hitam dengan minyak telur

Sebelum kamu tidur, pijatlah ketiak dengan minyak telur. Pagi harinya ketika kamu bangun, segera cuci ketiak dengan body wash atau sabun yang mengandung pH seimbang.

Memanfaatkan tea tree oil

Tea tree oil bisa jadi salah satu pemutih ketiak alami yang kamu andalkan untuk menghilangkan ketiak hitam. Caranya cukup dengan mencampur 5 tetes tea tree oil dengan 226 gram air di botol spray.

Setelah itu semprotkan cairan tersebut ke ketiak dan biarkan dia mengering dengan sendirinya. Kamu bisa terapkan hal ini setiap hari setelah kamu mengeringkan ketiak sehabis mandi.

Memanfaatkan kunyit

Kunyit merupakan pemutih ketiak alami karena mengandung komponen antioksidan dan antiinflamasi. Komponen ini dapat mencerahkan dan memberikan kilau pada kulit.

Khasiatnya pada kulit itu membuat kunyit menjadi komposisi aktif dalam banyak produk herbal kesehatan kulit. 

Cara memutihkan ketiak dengan kunyit

Untuk memutihkan ketiak dengan kunyit, kamu setidaknya membutuhkan kunyit yang sudah dijadikan bubuk serta jus lemon segar.

Selanjutnya campurkan dua sendok makan jus lemon segar dengan bubuk kunyit secukupnya di dalam mangkuk kecil. Aduk rata hingga kedua bahan berubah menjadi adonan kental.

Oleskan adonan tersebut ke ketiak dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu cuci dan bersihkan adonan tersebut dari ketiak.

Kamu bisa lakukan hal ini selama dua kali dalam sepekan.

Apakah memutihkan ketiak dengan minyak kayu putih efektif?

Banyak informasi di internet yang belum terbukti ilmiah untuk memutihkan ketiak, salah satunya adalah dengan minyak kayu putih. Hal ini dapat dilihat dari unggahan akun @sehatwak di instagram yang menganjurkan cara ini.

Dalam unggahannya, akun tersebut menyebut kamu harus mengoleskan minyak kayu putih ke ketiak dan mendiamkannya selama 15 menit. Setelah itu ketiak dilap dengan kain yang sudah dikompres dengan air hangat.

Sayangnya, informasi memutihkan ketiak dengan minyak kayu putih ini tidak benar alias mitos belaka. Bantahan ini seperti disampaikan dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin dr. Ivony Moesa SPKK.

“Menurut saya malah bisa membuat iritasi. Sebab, sifatnya membuat hangat di kulit dan terjadi vasodilatasi,” ucap dr. Ivony.

Cara hilangkan ketiak hitam secara medis

Apabila setelah melakukan cara-cara memutihkan ketiak di atas tidak membuat warnanya menjadi terang, ada baiknya mengonsultasikan kondisi tersebut ke rumah sakit terdekat.

Umumnya dokter akan memberikan penanganan berikut ini:

  1. Pemberian krim, atau losion topikal yang mengandung hydroquinone dan asam beta hidroksi untuk mengeksfoliasi kulit ketiak
  2. Terapi laser untuk menghilangkan pigmen hitam dari ketiak
  3. Peeling menggunakan bahan-bahan kimia, misalnya alpha hydroxy acids dan beta hidroxy acids untuk mengeksfoliasi kulit ketiak
  4. Dermabrasi atau mikro dermabrasi untuk membersihkan kulit ketiak secara mendalam.

Jika kamu didiagnosis menderita erythrasma, dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan khusus. Misalnya, erythromycin atau clindamycin topikal dan atau antibiotik minum seperti penisilin.

Siapakah yang lebih berisiko mengalami ketiak hitam?

Warna kulit ditentukan oleh sel pigmen yang disebut melanosit. Ketika sel-sel ini berkembang biak lebih banyak, mereka dapat mengubah warna kulit menjadi lebih gelap. Penggelapan kulit di ketiak ini sering kali disebabkan oleh kondisi kulit yang disebut acanthosis nigricans.

Sebenarnya siapapun dapat mengalami ketiak hitam, tetapi beberapa orang memiliki risiko yang lebih besar karena penyebab tertentu. 

Ketiak hitam terkadang bisa terjadi karena faktor genetik. Meskipun biasanya bersifat genetik, namun melakukan hair removal juga bisa menjadi penyebabnya. Diperkirakan bahwa iritasi akibat pencukuran atau pencabutan berulang dapat merangsang produksi melanosit berlebih.

Untuk menghindari iritasi pada ketiak, sebaiknya oleskan kulit dengan sabun lembut atau krim cukur sebelum mencukur. Oleskan krim pelembap tanpa pewangi, ya.

Penyebab lainnya yang membuat ketiak hitam bisa juga bisa karena beberapa hal ini: 

Berat badan berlebih

Memiliki berat badan ekstra membuat tubuh lebih tahan terhadap efek insulin. Hormon ini membantu mengatur gula darah. Kadar insulin yang tinggi dalam darah dapat meningkatkan produksi sel pigmen kulit.

Lebih dari setengah orang dewasa yang memiliki berat badan 200 persen atau lebih di atas berat badan ideal mengalami penggelapan di ketiak dan lipatan kulit lainnya.

Diabetes tipe 2

Obesitas juga merupakan faktor risiko diabetes tipe 2, penyakit gula darah tinggi. Orang yang mengidap diabetes tipe 2 memiliki peningkatan risiko ketiak hitam.

Sindrom hormon

Beberapa kondisi yang mengganggu kadar insulin dan bisa memicu ketiak hitam, yaitu: 

  • Sindrom ovarium polikistik.
  • Sindrom Cushing.
  • Akromegali.
  • Hipotiroidisme, kelenjar tiroid yang kurang aktif.

Konsumsi obat-obatan 

Obat-obatan tertentu meningkatkan kadar insulin yang dapat menyebabkan ketiak menggelap. Salah satunya seperti obat-obatan berikut ini: 

  • Insulin. 
  • Kortikosteroid, seperti prednison (Rayos).
  • Hormon pertumbuhan manusia.
  • Pil KB.
  • Niacin dosis tinggi (Niacor).

Kanker

Dalam kasus yang jarang terjadi, kulit yang menggelap secara tiba-tiba bisa menjadi tanda kanker. Jika ini terjadi, sering kali memengaruhi perut, hati, atau usus besar. Tumor ini meningkatkan tingkat faktor pertumbuhan yang merangsang sel pigmen kulit.

Saat ketiak hitam disebabkan oleh kanker, itu disebut malignant acanthosis nigricans. Kamu mungkin akan melihat bercak hitam di sekitar mulut.

Tips perawatan alami agar ketiak selalu sehat

Beberapa tips perawatan ini mudah dilakukan untuk meningkatkan kesehatan ketiak sekaligus mengurangi kemungkinan infeksi, iritasi, dan ketidaknyamanan.

Bersihkan ketiak setiap hari dan eksfoliasi 1-2 kali seminggu

Gunakan pembersih yang lembut dan bergizi untuk mencuci ketiak setiap hari dan mencegah pertumbuhan berlebih dari bakteri. Sekali atau dua kali seminggu, lakukan eksfoliasi dengan exfoliant yang lembut, terutama sebelum bercukur. 

Pengelupasan merangsang pergantian sel, menghilangkan sel kulit mati dan membuka pori-pori sehingga ketiak yang bergelombang dan rambut yang tumbuh ke dalam tidak terlalu menjadi masalah.

Mengencangkan dan melembapkan ketiak setiap hari 

Setelah dibersihkan, keringkan ketiak secara menyeluruh dan gunakan toner untuk membersihkan sisa-sisa penumpukan di pori-pori.

Kamu hanya membutuhkan air mawar sederhana untuk membersihkan kulit dari kotoran tanpa membuatnya kering.

Ini juga membawa sifat anti-inflamasi yang menenangkan kemerahan dan meningkatkan kehalusan kulit. Setelah toner kering, dukung tingkat hidrasi kulit dengan melembabkan menggunakan balm atau lotion yang lembut.

Jaga kebersihan alat cukur ketiak 

Jika kamu mencukur ketiak, penting untuk menjaga kebersihan dan ketajaman pisau cukur. Mencukur menciptakan mikro air mata di kulit ketiak halus yang bisa terinfeksi. Gunakan pisau tidak lebih dari 5 kali.

Kenakan baju yang longgar

Cara terakhir untuk mengatasi kelembaban ketiak secara alami dengan mengenakan baju yang longgar atau dengan bahan baju yang dapat menyerap keringat dengan baik seperti katun, linen, dan wol.

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

How to Lighten Underarms, https://www.healthline.com/health/underarm-lightening diakses 28 Juni 2020

Liputan6.com, diakses 17 Oktober 2020. Cek Fakta: Tidak Benar Ketiak Hitam Bisa Hilang dengan Minyak Kayu Putih

Healthline, diakses 17 oktober 2020. Turmeric for Skin: Benefits and Risks

Healthline, diakses 12 Maret 2021. What Causes Dark Underarms, and How Are They Treated?

Organico.ie, diakses pada 12 Maret 2021. 5 Natural Care Tips for Armpits that Look and Feel Great

 

    Berita Terkait
    register-docotr