Kamus Obat

Doxylamine

March 12, 2021 | Arin Khurota | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Doxylamine merupakan obat antihistamin turunan ethanolamine yang memiliki fungsi hampir sama dengan obat dimehidrinat. Obat ini pertama kali dideskripsikan pada 1948 dan hanya beredar di beberapa negara saja.

Berikut informasi selengkapnya mengenai doxylamine, manfaat, dosis, cara minum, serta risiko efek samping yang mungkin terjadi.

Untuk apa obat doxylamine?

Doxylamine adalah obat yang digunakan untuk sebagai obat penenang dan obat hipnotik jangka pendek. Obat ini bisa digunakan sebagai obat tidur untuk membantu orang-orang yang mengalami kesulitan tidur (insomia).

Beberapa kombinasi dengan obat lain juga dapat digunakan untuk meredakan gejala alergi pernafasan, misalnya pilek, bersin, hidung atau tenggorokan gatal, dan mata berair.

Kombinasi dengan vitamin B tertentu juga dapat digunakan untuk meredakan mual pada wanita hamil. Doxylamine tersedia sebagai obat oral yang diminum melalui mulut.

Apa fungsi dan manfaat obat doxylamine?

Doxylamine berfungsi sebagai agen antihistamin yang memberikan efek menenangkan sehingga sering dimanfaatkan sebagai obat hipnotik-sedatif. Obat ini bekerja dengan cara menekan histamin alami dalam tubuh dan mengurangi stimulai reseptor H1.

Dalam bidang medis, doxylamine memiliki manfaat untuk mengatasi beberapa kondisi berikut:

Insomnia

Di beberapa negara, doxylamine digunakan sebagai obat swamedikasi (pengobatan sendiri tanpa resep) untuk mengatasi gejala sulit tidur (insomnia). Pengobatan ini biasanya dilakukan hanya untuk jangka pendek dan tidak direkomendasikan untuk pengobatan jangka panjang.

Keamanan dan efektivitas obat masih belum ditentukan sepenuhnya. Namun, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat menyatakan bahwa doxylamine telah disetujui untuk digunakan sebagai obat tidur.

Mual dan muntah kehamilan

Ketika dikombinasikan dengan vitamin B6 (piridoksin), obat doxylamine cukup efektif dalam meredakan rasa mual dan muntah di pagi hari karena kehamilan. Obat ini dapat diberikan apabila ibu hamil tidak merespons pengobatan lini pertama untuk mual muntah.

Namun, khasiat obat masih belum diketahui pada pasien dengan riwayat hiperemesis gravidarum. Kondisi ini merupakan komplikasi kehamilan yang ditandai dengan mual parah, muntah, penurunan berat badan, dan kemungkinan dehidrasi.

Rinitis alergi

Doxylamine termasuk obat antihistamin yang bisa digunakan untuk meredakan gejala alergi terkait rinitis. Obat ini cukup efektif mengatasi pilek, bersin, mata berair, mata gatal, atau tenggorokan gatal.

Selain itu, obat juga cukup efektif untuk mengatasi alergi pada saluran pernapasan atas, terutama hidung tersumbang dan radang. Namun, pemberian obat hanya dilakukan apabila pengobatan utama tidak menunjukkan respons pengobatan yang memadai.

Merek dan harga obat doxylamine

Obat ini umumnya dijumpai sebagai sediaan obat yang dikombinasikan dengan golongan obat lain, seperti paracetamol atau codeine. Kamu mungkin tidak memerlukan resep dokter karena beberapa merek obat termasuk golongan obat bebas terbatas.

Beberapa merek obat doxylamine yang telah beredar, seperti Unisom, Aldex AN, dan Nytol Maximum Strength. Berikut ini informasi mengenai beberapa merek obat doxylamine yang beredar di Indonesia beserta harganya:

  • Siladex Cough N Cold Syrup 100mL. Sediaan sirup mengandung dextromethorphan 7,5mg, pseudoefedrin 15mg, dan doxylamine succinate 2mg. Obat ini untuk mengatasi gejala batuk pilek yang bisa kamu dapatkan dengan harga Rp20.625/botol.
  • Siladex Cough N Cold 60ml. Sediaan sirup yang diproduksi oleh PT Konimex untuk mengobati flu dan batuk. Obat ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp15.019/botol.
  • Dexmolex syrup 100mL. Sediaan sirup yang tiap 5mL mengandung dextromethorphan 5mg dan doksilamin suksinat 3mg. Obat ini diproduksi oleh Molex Ayus Pharmaceutical dan bisa kamu dapatkan dengan harga Rp10.560/botol.

Bagaimana cara minum obat doxylamine?

Baca dan gunakan obat sesuai dosis dan cara pakai yang ada pada label kemasan obat atau seperti yang ditentukan oleh dokter. Jangan minum obat dalam jumlah yang lebih besar atau lebih kecil dari yang direkomendasikan.

Tanyakan kepada dokter sebelum menggunakan obat ini untuk mengobati gejala flu atau alergi pada anak di bawah 6 tahun. Kematian dapat terjadi karena penyalahgunaan obat-obatan ini pada anak-anak yang masih sangat kecil.

Obat biasanya hanya diminum hingga gejala sembuh. Jangan gunakan obat lebih lama dari yang direkomendasikan.

Kamu bisa meminum obat dengan atau tanpa makanan. Minum obat dengan makanan atau susu apabila kamu merasa mual atau memiliki gangguan gastrointestinal. Untuk mengobati insomnia, minum obat menjelang akan tidur.

Sediaan sirup sebaiknya dikocok lebih dulu sebelum ditakar. Gunakan sendok takar atau alat takar dosis lain yang tersedia bersama obat. Tanyakan pada apoteker mengenai cara menakar dosis yang tepat apabila kamu belum memahaminya.

Hubungi dokter jika gejala pilek atau alergi tidak membaik setelah 7 hari pengobatan, atau masalah tidur tidak membaik setelah 2 minggu pengobatan.

Doxylamine dapat menyebabkan hasil yang tidak biasa apabila kamu melakukan tes alergi pada kulit. Beritahui dokter bahwa kamu sedang menggunakan antihistamin.

Setelah digunakan, simpan doxylamine pada suhu kamar jauh dari kelembapan dan panas matahari.

Berapa dosis obat doxylamine?

Dosis dewasa

Untuk reaksi alergi atau hipersensitivitas

  • Dosis lazim: 25mg diminum tiap 4-6 jam atau tiga kali sehari.
  • Dosis maksimal: 150mg setiap hari.

Untuk perawatan insomnia jangka pendek

Dosis lazim: 25mg diminum 30 menit sebelum tidur.

Apakah doxylamine aman untuk ibu hamil dan menyusui?

U.S. Food and Drug Administration (FDA) belum memasukkan obat ini dalam golongan obat kategori kehamilan apapun. Namun, untuk obat doxylamine succinate, FDA menggolongkan obat ke dalam kategori kehamilan A.

Beberapa ahli medis juga menyatakan bahwa doxylamine aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain itu, obat juga telah diketahui dapat masuk ke dalam ASI sehingga mungkin dapat memengaruhi bayi yang disusui.

Apa efek samping obat doxylamine yang mungkin terjadi?

Hubungi dokter dan hentikan pemakaian obat apabila kamu mengalami efek samping berikut setelah menggunakan doxylamine:

  • Tanda-tanda reaksi alergi, seperti gatal-gatal, sulit bernapas, pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.
  • Kebingungan
  • Halusinasi
  • Pusing atau rasa kantuk parah
  • Sedikit atau tidak bisa buang air kecil.

Efek samping umum yang mungkin terjadi setelah mengonsumsi doxylamine, antara lain:

  • Penglihatan kabur
  • Mulut, hidung, atau tenggorokan terasa kering
  • Sembelit
  • Pusing ringan atau mengantuk.

Peringatan dan perhatian

Kamu tidak boleh mengonsumsi doxylamine apabila memiliki riwayat alergi dengan obat ini sebelumnya.

Tanyakan kepada dokter atau apoteker apakah kamu aman untuk mengonsumsi doxylamine apabila memiliki kondisi medis lain, terutama:

Orang dewasa yang lebih tua mungkin lebih sensitif terhadap efek obat ini. Berhati-hatilah saat memberikan obat doxylamine untuk orang tua lanjut usia.

Obat-obatan antihistamin dapat memperlambat produksi ASI. Jangan gunakan obat ini tanpa arahan dari dokter terutama saat kamu sedang menyusui bayi.

Doxylamine dapat menyebabkan penglihatan kabur, mengantuk, dan mengganggu pemikiran atau reaksi perilaku. Sebaiknya kamu tidak mengemudi atau melakukan aktivitas berbahaya setelah mengonsumsi obat ini.

Tanyakan kepada dokter atau apoteker sebelum menggunakan obat flu, batuk, alergi, atau obat tidur lainnya. Banyak obat kombinasi mengandung antihistamin. Menggunakan obat tertentu bersama-sama dapat menyebabkan kamu mendapatkan terlalu banyak mengonsumsi obat ini.

Jangan minum alkohol saat kamu mengonsumsi doxylamine. Alkohol dapat meningkatkan efek samping tertentu dari obat.

Hindari kepanasan atau dehidrasi selama berolahraga dan cuaca panas yang menyengat. Doxylamine dapat mengurangi produksi keringat dan kamu mungkin lebih sensitif terkena sengatan panas.

Meminum obat dengan obat lain yang dapat menyebabkan mengantuk atau memperlambat pernapasan dapat memperburuk efek ini. Tanyakan kepada dokter sebelum minum doxylamine dengan obat tidur, obat nyeri narkotik, pelemas otot, serta obat untuk kecemasan, depresi, atau kejang.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses pada 24 Februari 2021, Doxylamine | C17H22N2O – PubChem

Science Direct, diakses pada 24 Februari 2021, Doxylamine – an overview

The Monthly Index of Medical Specialities (MIMS), diakses pada 24 Februari 2021, Doxylamine – MIMS.com

Drugsite Trust, diakses pada 24 Februari 2021, Doxylamine monograph

    register-docotr