Kulit & Perawatan Tubuh

Bye Bibir Kering dan Hitam! Ini 11 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami dan Perawatan Medis

December 7, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Kamu memiliki bibir kering dan hitam atau terlihat tidak sehat? Saatnya kamu mencari cara memerahkan bibir, terutama untuk mengembalikan tampilan kesehatan bibirmu.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bibir hitam dan mendapatkan warna merah alami bibir. Mulai dari cara alami hingga perawatan medis. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak penjelasan berikut!

Penyebab bibir hitam 

Sebelum membahas cara menghilangkan bibir hitam, kamu perlu tahu dulu nih penyebab bibir hitam. Ada beberapa alasan yang menyebabkan warna bibir berubah menjadi lebih gelap. Penyebab bibir hitam di antaranya:

  • Paparan sinar matahari. Kulit yang terkena sinar matahari memicu tubuh memproduksi melanin untuk menyerap sinar ultraviolet.Sehingga kulit bibir bisa berubah menjadi lebih gelap.
  • Merokok. Kandungan nikotin dan benzpyrene dapat mendorong produksi melanin di kulit sehingga kulit bibir menggelap. 
  • Trauma atau cedera. Memar bisa terbentuk di salah satu atau kedua bibir setelah cedera.Hal ini dapat menyebabkan bibir menjadi lebih gelap hingga menghitam. 
  • Kehamilan. Sebagian perempuan mengalami perubahan warna pada tubuhnya selama masa kehamilan. Namun warna akan kembali usai masa kehamilan selesai.
  • Pengobatan. Beberapa obat dapat menyebabkan hiperpigmentasi, misalnya obat antimalaria dan minocycline antibiotik oral. Namun kulit akan kembali ke warna biasanya setelah jalannya pengobatan selesai
  • Masalah kesehatan. Penyakit tertentu juga dapat dapat menyebabkan hiperpigmentasi. Salah satu yang paling terkenal adalah penyakit Addison. Penyakit ini dapat menjadi penyebab bibir hitam, gusi gelap, hingga bercak hitam pada kulit. 

Bibir hitam dari lahir

Meski ada banyak penyebab bibir hitam, sebagian orang memiliki bibir hitam dari lahir. Kondisi ini normal dan merupakan faktor bawaan genetik.

Ketika seseorang memiliki kadar pigmen yang tinggi dalam tubuhnya, warna kulitnya cenderung lebih gelap. Sehingga tidak heran bila orang tersebut sudah memiliki bibir hitam dari lahir.

Bila kamu memiliki bibir hitam dari lahir, tidak berarti kamu tidak perlu merawatnya. Supaya terhindar dari bibir kering dan hitam, kamu tetap perlu menggunakan pelembab bibir. 

Cara memerahkan bibir secara alami

Sebenarnya yang perlu dilakukan untuk mencerahkan bibir hitam adalah dengan menjaga kesehatan bibir. Jika bibir sehat, umumnya juga akan lembut dan terlihat merah alami. Berikut adalah beberapa cara memerahkan bibir yang bisa kamu lakukan di rumah:

1. Cara memerahkan bibir dengan eksfoliasi bibir

Oleskan lip balm secara rutin pada bibir. Keesokan hari setelah bangun, lakukan eksfoliasi. Caranya gunakan waslap basah atau sikat gigi untuk mengusap kulit mati di bibir. Kulit mati akan terangkat dengan lembut dan ini akan meningkatkan sirkulasi ke area bibir.

2. Cara memerahkan bibir menggunakan scrub

Punya gula, minyak almond dan madu di rumah? Tiga bahan tersebut dapat digunakan untuk membantu menghilangkan bibir hitam dan mengembalikan warna merah alami pada bibirmu.

Caranya, gosok lembut gula pada bibir untuk mengangkat kulit kering di bibir. Kemudian bilas dan oleskan dengan minyak almond yang sudah dicampur dengan madu. Selain lembut, scrub secara rutin juga penting dilakukan agar bibir tidak hitam. Bagaimana, cara ini mudah bukan?

3. Menjaga asupan cairan tubuh

Menjaga tubuh tetap terhidrasi juga berpengaruh pada kesehatan bibir, lho. Jika tubuh terhidrasi dengan baik, akan membantu bibir tetap lembap dan memiliki warna merah alami. Untuk itu, agar bibir tidak hitam, jangan lupa untuk minum 8 gelas air sehari, ya.

4. Menggunakan produk perawatan bibir 

Pemilihan produk perawatan bibir adalah salah satu cara memerahkan bibir yang ampuh untuk mencerahkan bibir hitam. Sebaiknya pilih produk pelembap bibir yang mengandung shea butter, cocoa butter atau minyak kelapa, untuk menjaga bibir sehatmu.

Bahan-bahan alami tersebut juga baik untuk menghindari kamu dari kondisi kulit bibir kering dan hitam. 

5. Menggunakan minyak peppermint, vitamin E dan lidah buaya

Mengapa minyak peppermint digunakan sebagai cara memerahkan bibir? Jawabannya, minyak ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi di area bibir. Selain itu dapat memberi rasa sejuk dan menenangkan bibir.

Selain peppermint, kamu juga bisa menggunakan vitamin E untuk meningkatkan sirkulasi dan membantu memperbaiki sel kulit bibir.

Gel lidah buaya juga bisa dimanfaatkan untuk mencerahkan warna bibir, menenangkan dan membantu menjaga kesehatan bibir.

6. Cara memerahkan bibir menggunakan pewarna alami

Cara memerahkan bibir yang satu ini hanya membutuhkan bahan berupa buah-buahan. Jika ingin bibir terlihat merah, oleskan raspberry dan delima. Warna merah dari buah tersebut akan bertahan sementara waktu di bibirmu.

7. Melindungi bibir dari sinar matahari

Lip balm yang kamu pakai mengandung SPF? Jika iya, kamu sudah memilih produk yang baik, karena SPF dapat melindungi bibir dari sinar matahari. Jika tidak, bibirmu mungkin akan kehilangan warna merahnya dan terjadi penuan karena pengaruh sinar UV.

8. Rutin membersihkan bibir

Agar bibir tidak hitam, jangan lupa untuk selalu membersihkan make up sebelum tidur. Bukan cuma tidak baik untuk kulit wajah, tumpukan kosmetik juga dapat mengganggu kesehatan bibir. Membersihkan bibir dapat menjaga kesehatan bibir dan mempertahankan warna merah alaminya.

Jika cara-cara alami tidak membuahkan hasil yang memuaskan, kamu bisa mencoba beberapa perawatan medis sebagai pilihan cara memerahkan bibir.

Cara memerahkan bibir hitam dengan perawatan medis

Perawatan ini biasanya dilakukan berdasarkan kondisi yang menyebabkan perubahan warna bibir. Jika penyebab bibir hitam telah diketahui, kamu bisa melakukan salah satu perawatan medis, seperti:

1. Mencerahkan bibir hitam dengan laser 

Laser bibir bisa jadi cara mencerahkan bibir hitam. Perawatan ini dilakukan dengan metode laser yang membentuk ulang pigmen. Menghancurkan pigmen yang membuat bibir terlihat gelap dan kemudian akan membantu mengembalikan bibir ke warna asalnya, yang biasanya membuat bibir terlihat merah.

2. Mencerahkan bibir hitam dengan Intense Pulse Light (IPL)

Mirip seperti laser, namun IPL lebih tersebar. Hal ini membuat prosesnya dapat menembus lapisan kulit kedua tanpa merusak lapisan atas. Ini meminimalkan efek kerusakan kulit setelah perawatan. Namun perawatan ini lebih umum digunakan untuk kondisi lain seperti mengatasi peradangan jerawat atau eksim.

3. Mencerahkan bibir hitam dengan obat oles

Dokter kulit mungkin akan memberikan obat oles untuk membantu menghilangkan bibir hitam dan mengembalikan warna alami bibirmu. Misalkan lip balm khusus untuk bibir hitam.

Selain tiga perawatan di atas ada beberapa perawatan lain yang digunakan sebagai cara memerahkan bibir.

Namun biasanya digunakan untuk kondisi yang lebih serius, seperti kondisi bibir bercak akibat kanker, kelainan tertentu seperti hemochromatosis dan juga sindrom tertentu seperti laugier-hunziker.

Perawatan yang mungkin dilakukan antara lain:

  • Cryotherapy. Sering disebut juga sebagai terapi dingin, karena dilakukan dengan teknik membiarkan anggota tubuh terpapar suhu yang sangat dingin selama beberapa menit.
  • Terapi fotodinamik. Terapi ini memadukan zat kimia dan gelombang cahaya. Umumnya digunakan pada pasien pengidap kanker.
  • Operasi. Pilihan operasi hanya akan direkomendasikan dalam kasus-kasus tertentu.

Demikian penjelasan cara memerahkan bibir secara alami ataupun dengan perawatan medis. Perlu diingat, menghilangkan bibir hitam bukanlah proses instan yang cepat dilakukan. Untuk itu, selalu rawat kondisi bibir setiap saat ya. Selamat mencoba! 

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Healthline, diakses 12 Oktober 202 14 Ways to Get Healthy-Looking Lips
Healthline, diakses 12 Oktober 2020 What Causes Lip Discoloration and How Do You Treat It?
Medicalnewstoday, diakses 12 Oktober 2020 Causes of lip discoloration

    Berita Terkait
    register-docotr