Kulit & Perawatan Tubuh

Cara Membuat Wajah Glowing Sehat dengan Bahan Alami

June 1, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Kulit wajah yang glowing tentu menjadi hal yang diimpikan oleh sebagian besar wanita. Tak melulu dengan kosmetik, ada beberapa cara membuat wajah glowing sehat yang bisa kamu lakukan, lho.

Salah satunya dengan menggunakan produk alami dan menghindari hal-hal yang bisa merusak kulit wajah.

Dilansir Web MD, kerutan pada wajah bisa muncul karena beberapa kebiasaan buruk, seperti pola hidup tidak sehat, kurangnya perawatan, diet tidak seimbang, dan jarang menggunakan tabir surya ketika berada di luar rumah.

Baca juga: 12 Manfaat Buah Bit, Salah Satunya Bisa Turunkan Risiko Anemia!

Tips dan cara membuat wajah glowing sehat

Untuk bisa mendapatkan kulit wajah yang glowing dan sehat, yuk coba lakukan beberapa tips berikut ini:

Oleskan susu dingin pada wajah

Salah satu trik yang populer untuk membantu membuat wajah terlihat glowing adalah mengoleskan susu. Susu diketahui dapat menghilangkan bintik-bintik gelap dan membuat kulit wajah bercahaya setiap saat. 

Cara penggunaannya adalah dengan memasukkan susu dingin mentah ke dalam mangkuk dan rendam kapas. Setelah itu, oleskan kapas yang sudah direndam ke seluruh bagian wajah. Biarkan selama semalaman dan bersihkan wajah dengan air dingin keesokan paginya.

Pijat dengan face oil

Minyak wajah atau face oil dianggap sebagai salah satubahan yang baik untuk masalah kulit wajah yang tampak kusam. Minyak wajah sendiri berguna dalam membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit. 

Cara penggunaan minyak ini adalah dengan mengoleskan pada wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya. Pijat wajah yang sudah dioleskan minyak selama beberapa menit dan biarkan semalaman. Setelah itu, basuh wajah dengan air hangat atau pembersih ringan di pagi hari.

Oleskan air mawar

Air mawar merupakan bahan alami yang dapat meningkatkan cahaya pada wajah. Selain itu, air mawar juga dapat membantu kulit wajah terlihat segar serta membuat kulit menjadi lembut.

Cara penggunaannya adalah rendam kapas ke dalam air mawar dan oleskan secara lembut ke seluruh wajah. Biarkan selama semalaman dan bersihkan wajah dengan air dingin keesokan harinya.

Gunakan campuran nasi dan wijen

Kombinasi nasi dan wijen dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan kotoran dari pori-pori kulit wajah. Selain itu, kombinasi ini dapat memberikan nutrisi pada kulit dan membantu mendapatkan wajah glowing sehat.

Penggunaannya adalah dengan memasukkan masing-masing 2-3 sendok teh nasi dan biji wijen ke dalam mangkuk yang berisi air. Biarkan bahan meresap selama semalam dan masukkan ke dalam blender keesokan paginya.

Pasta dari bahan yang telah dihaluskan ini kemudian dioleskan pada kulit wajah dan gosok secara perlahan selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu, cuci bersih wajah dengan air hangat dan oleskan pelembap ringan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Gunakan aloe vera

Sifat-sifat menenangkan dari gel aloe vera dapat meremajakan kulit dan memberikan tampilan wajah glowing yang sehat. Gel ini bisa digunakan setiap hari secara rutin sebagai salah satu cara membuat wajah terlihat bersinar secara alami.

Cara penggunaan gel aloe vera adalah dengan mengeluarkan gel lidah buaya segar yang kemudian dioleskan di seluruh kulit wajah. Biarkan gel semalaman dan bilas kulit keesokan paginya dengan menggunakan air dingin.

Baca juga: Bingung Pilih Pelembap untuk Kulit Berminyak? Yuk, Simak Cara Pilih Produk yang Tepat!

Pijat dengan minyak almond

Memijat kulit wajah dengan minyak almond diketahui dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membantu membangun kulit yang bersinar secara alami. Wajah juga akan terlihat segar setelah menerapkan cara ini secara rutin.

Cara penggunaannya bisa diawali dengan mengoleskan minyak almond pada wajah yang baru dibersihkan.

Pijat dengan lembut menggunakan ujung jari dan biarkan semalaman agar minyak meresap ke dalam kulit. Setelah itu, cuci bersih wajah dengan menggunakan air hangat keesokan paginya.

Berbagai bahan alami ini bisa dengan mudah kamu dapatkan dan tentunya terjamin aman untuk kulit wajah. Jika ingin mendapatkan hasil yang optimal, jangan lupa untuk selalu membersihkan riasan wajah dengan pembersih ringan atau cuci  dengan air hangat. 

Membiarkan kulit wajah tanpa perawatan tak hanya bisa membuat kulit berjerawat, namun juga bisa menurunkan tingkat kecerahan. Jadi, segera terapkan tips di atas untuk mendapatkan kulit wajah glowing yang sehat, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Webmd, diakses 28 Mei 2020. 6 Secrets to Gorgeous Skin
  2. Boldsky (2018), diakses 28 Mei 2020. Eight Tricks To Make Your Skin Glow Overnight
    register-docotr