Kulit & Perawatan Tubuh

Biar Kulit Cerah, 11 Bahan Ini Ternyata Cocok untuk Masker Wajah Alami

May 16, 2020 | Ahmad Ridwan | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Memiliki wajah yang putih bersih merupakan impian setiap wanita. Kebanyakan wanita memilih jalan pintas dengan operasi plastik atau perawatan yang super mahal di klinik kecantikan, padahal ada solusi lain, misalnya dengan mengetahui cara membuat masker wajah alami.

Nah, berikut adalah cara membuat masker wajah alami yang wajib diketahui oleh setiap wanita.

1. Alpukat

Selain enak dimakan, alpukat juga sangat baik untuk melembabkan dan mencerahkan wajah. Pertama, ambil sebanyak 5 sendok makan alpukat yang telah dihancurkan.

Kemudian tuangkan 2,5 sendok makan madu dan aduk rata. Masukkan ke dalam kulkas hingga 2 jam. Masker alpukat pun siap digunakan.

2. Kunyit

Bagi kamu yang memiliki kulit wajah sensitif, memilih masker tentu bukan hal yang mudah. Cobalah kunyit yang kaya zat anti-inflamasi sehingga aman untuk kulit yang sensitif sekali pun.

sakit amandel
Pengobatan alami untuk amandel dengan kunyit. Foto: https://www.shutterstock.com

Cara membuatnya cukup mudah, haluskan kunyit terlebih dahulu, kemudian tambahkan sedikit air hingga membentuk seperti pasta. Oleskan hingga rata pada wajah dan diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air.

3. Pepaya

Pepaya yang mengandung banyak vitamin E membuat wajah semakin cerah bersinar. Nutrisi yang diperlukan wajah pun akan terpenuhi hanya dengan menggunakan masker pepaya setidaknya sekali seminggu.

Cukup dengan memasukkan beberapa potongan pepaya ke dalam blender dan tambahkan sedikit madu. Blender hingga halus, kemudian oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 20 menit dan cuci wajah hingga bersih dengan air hangat.

4. Timun

Timun telah lama dipercaya mampu menyegarkan kulit wajah hingga tampak lebih cerah. Cara membuat masker timun sangatlah mudah yakni blender timun hingga halus kemudian oleskan pada wajah hingga rata dan biarkan selama 30 menit.

Namun ingat untuk membuang isi timun terlebih dahulu sebelum diblender. Jika kamu merasa repot, kamu juga dapat memotong timun hingga setipis kertas dan tempelkan pada kulit wajah.

5. Coklat

Coklat mengandung banyak vitamin dan kandungan penting lainnya yang baik untuk wajah, terutama untuk menenangkan kulit. Dengan rutin menggunakan masker coklat, maka kulit wajah akan tampak lebih kenyal dan bersinar.

Cukup campurkan 2 sendok makan coklat bubuk dengan sedikit susu. Oleskan pada wajah hingga rata dan diamkan selama 20 menit. Bilas wajah dengan menggunakan air dingin.

6. Stroberi

Buah yang asam manis ini memiliki manfaat melembabkan kulit wajah dan mengatasi jerawat. Cara membuatnya adalah dengan memasukkan 3 buah stroberi dan sedikit yogurt ke dalam blender.

Haluskan kedua bahan tersebut kemudian oleskan pada wajah hingga rata. Masker stroberi ini cocok digunakan pada jenis kulit apapun lho.

7. Susu

Susu mengandung vitamin D yang mampu meningkatkan produksi kolagen untuk mengurangi kerutan pada wajah. Menggunakan masker susu dengan rutin akan membuat wajah tampak lebih muda.

Cukup dengan mencampurkan 2 sendok makan susu dengan 2 sendok makan madu. Aduk hingga menjadi pasta, kemudian ratakan pada kulit wajah dan leher. Diamkan selama 20 menit dan bilas pakai air hangat lalu ikuti dengan air dingin untuk menutup pori-pori kulit kembali.

8. Putih telur

Kandungan protein yang tinggi pada telur akan membantu mengencangkan kulit wajah. Dengan sekali pemakaian saja, kamu sudah dapat merasakan khasiatnya.

Cukup dengan memisahkan putih telur dari kuningnya, kemudian kocok hingga berbusa. Tambahkan 5 hingga 6 tetes minyak almond atau minyak zaitun, oleskan pada wajah hingga rata. Diamkan selama 20 menit dan cuci dengan air hangat kemudian air dingin.

9. Oatmeal

Tekstur oatmeal mampu menjadi eksfoliator pada kulit wajah sehingga sel-sel kulit wajah lebih mudah tumbuh. Caranya adalah dengan mencampurkan 2 sendok teh oatmeal dengan 1 sendok teh madu dan 3 sendok teh susu.

Aduk hingga membentuk pasta, kemudian oleskan pada wajah. Diamkan selama 20 menit dan bilas hingga bersih.

10. Pisang

Pisang mengandung vitamin A yang baik untuk memperbaiki sel kulit wajah yang rusak sehingga wajah akan tampak lebih cerah bersinar. Cara membuatnya cukup dengan menghaluskan 1 buah pisang matang dan campurkan dengan 2 sendok teh madu. Oleskan pada wajah hingga rata dan cuci dengan air hingga bersih.

11. Beras

Yang satu ini paling mudah ditemukan. Kamu cukup masukkan 4 sendok makan beras ke dalam sebuah wadah yang berisi setengah gelas air. Kemudian kocok hingga air berubah menjadi putih.

Angkat beras dan diamkan hingga tampak endapan di dasar wadah. Ambil kapas celupkan hingga mengenai endapan tersebut. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit dan bilas wajah hingga bersih.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

Healthline. Diakses 5 November 2019. 5 DIY Beauty Masks Made from Your Favorite Super Bowl Ingredients

WebMD. Diakses 5 November 2019. Make Yourself Beautiful on a Budget

WebMD. Diakses 5 November 2019. Papaya No-More-Pores Double Mask Treatment

WebMD. Diakses 5 November 2019. Soothing Oatmeal Face Mask

    register-docotr