Kulit & Perawatan Tubuh

Bikin Gatal dan Tidak Nyaman, Ini Cara Menghilangkan Biang Keringat

May 29, 2020 | Husni Efendi | dr Pitoyo Marbun
no-image

Mungkin beberapa dari kamu sering menganggap sepele permasalahan biang keringat ini. Padahal, biang keringat bisa mengganggu aktivitas harian kamu, dan juga bisa mendatangkan masalah ketika sudah terjadi peradangan.

Jika dibiarkan, biang keringat ini bisa mengakibatkan infeksi. Lalu bagaimana cara menghilangkan biang keringat? Simak ulasan di bawah ini, ya!

Baca Juga: Penting! Kenali Faktor-faktor Umum Penyebab Susah BAB

Apa itu biang keringat?

Apa itu biang keringat dan cara menghilangkan biang keringat
Apa itu biang keringat. Sumber Foto: Thehealthsite.com

Biang keringat umumnya terjadi saat tubuh kamu berkeringat lebih dari biasanya. Biang keringat memang banyak terjadi pada balita atau anak kecil, namun orang dewasa juga bisa terkena biang keringat.

Biang keringat biasanya terjadi ketika keringat terperangkap di bawah kulit. Dikenal juga sebagai ruam keringat atau ruam panas, atau dengan nama diagnostiknya adalah miliaria rubra.

Biang keringat kerap membuat gatal dan tidak nyaman, dan biasanya muncul pada beberapa bagian tubuh, seperti leher, dada, bahu, ketiak, siku, hingga pangkal paha.

Biang keringat terjadi pada orang dewasa dan anak-anak. Namun pada kondisi anak-anak memang cenderung lebih sering mengalaminya daripada orang dewasa, karena kelenjar keringat pada anak-anak masih berkembang.

Pemicu biang keringat

Ketika tubuh terasa panas, biasanya tubuh mengaktifkan kelenjar keringat, yang menghasilkan keringat di kulit. Keringat kemudian mendinginkan kulit saat menguap.

Kala dalam keadaan panas , produksi keringat yang terus menerus dapat membebani kelenjar keringat. Hal ini dapat menyebabkan saluran keringat menjadi tersumbat, memerangkap keringat di lapisan dalam kulit.

Keringat yang terperangkap ini kemudian mengiritasi kulit, melalui timbulnya ruam.

  • Pemicu paling umum dari biang keringat adalah paparan cuaca atau kondisi panas dalam waktu yang lama
  • Biang keringat biasa terjadi pada orang-orang dari tempat dengan iklim yang lebih dingin, dan bepergian ke tempat dengan iklim yang lebih hangat
  • Biang keringat juga bisa terjadi pada orang yang tinggal dalam iklim normal, yang terjadi akibat banyak rangsangan panas (faktor ruangan) sehingga produksi keringat berlebih daripada biasanya
  • Obat-obatan tertentu juga dapat memicu biang keringat, khususnya obat yang meningkatkan suhu tubuh atau mengubah fungsi kelenjar keringat
  • Beberapa obat untuk penyakit parkinson, obat penenang dan diuretik, juga dapat mengubah keseimbangan cairan dalam tubuh, yang efeknya dapat memicu gejala panas dan menyebabkan biang keringat

Cara menghilangkan biang keringat dengan obat kimia

Biang keringat biasanya akan hilang dengan sendirinya, hanya saja jika didiamkan saja akan berefek mengganggu. Saat kamu mengalami biang keringat, pengobatan dengan obat kimia yang diresepkan dokter antara lain:

Gunakan lotion calamine

Menggunakan lotion calamine juga dapat membantu meredakan gatal. Namun, ini bisa sangat mengeringkan kulit, jadi sebaiknya gunakan pelembap juga untuk mencegah iritasi lebih lanjut pada kulit.

Gunakan antihistamin

Mengonsumsi tablet antihistamin yang dijual bebas juga dapat membantu menghilangkan rasa gatal dan bengkak akibat biang keringat. Antihistamin oral, seperti hidroksizin dan difenhidramin, dapat membantu meredakan gatal.

Beberapa jenis dapat menyebabkan kantuk, jadi sebaiknya kamu menggunakannya di malam hari.

Gunakan krim hidrokortison

Menggunakan krim hidrokortison juga dapat membantu menghilangkan rasa gatal dan ketidaknyamanan akibat biang keringat. Oleskan krim satu atau dua kali sehari untuk membantu mengurangi biang keringat pada anak-anak.

Namun untuk perawatan bayi dengan biang keringat, jangan gunakan krim hidrokortison di bawah popok mereka.

Cara menghilangkan biang keringat dengan bahan alami

Selain dengan obat kimia, sejumlah bahan alami juga kamu bisa terapkan untuk menghilangkan biang keringat di rumah. Berikut bahan rumahan yang bisa kamu gunakan.

Kompres dingin

Salah satu cara terbaik untuk meredakan biang keringat adalah dengan mendinginkan kulit. Kamu dapat memberi kompres dingin, seperti kompres es atau kain dingin, ke area kulit untuk mengurangi kemerahan, gatal, dan pembengkakan.

Jika menggunakan kompres es, pastikan untuk membungkus kompres es, misalnya dengan handuk, untuk melindungi kulit (jangan menerapkan kompres es yang tidak dibungkus langsung ke kulit).

Jangan membiarkan kompres es pada kulit dalam waktu lama. Aturan praktisnya adalah kompres es pada kulit selama 5-10 menit, lalu angkat kompres, baru bisa mengulangi prosesnya lagi.

Mandi dengan air dingin

Mandi air dingin untuk mendinginkan kulit juga dapat membantu menenangkan kulit yang gatal. Penggunaan exfoliant yang lembut pada kulit juga dapat membantu membuka blokir pori-pori.

Mandi oatmeal

Oatmeal efektif dalam mengobati banyak masalah kulit. Oat mengandung avenanthramides, yang memiliki sifat antioksidan.

Senyawa ini memberikan oatmeal sifat anti-inflamasi dan anti-gatal.

Kamu dapat berendam dalam rendaman oatmeal untuk menenangkan kulit. Untuk melakukan ini, tambahkan oatmeal ke bak mandi hangat, berendamlah, dan gosok ke kulit.

Oleskan lidah buaya

Lidah buaya memiliki kandungan sifat obat, dan gel lidah buaya memiliki efek anti-inflamasi yang kuat. Kamu bisa menemukan bahwa mengoleskan gel lidah buaya ke biang keringat juga dapat membantu meringankan kulit yang teriritasi.

Oleskan cendana

Cendana disinyalir memiliki sifat analgesik dan anti-inflamasi, yang mana ini dapat membantu meringankan beberapa gejala biang keringat yang tidak nyaman.

Kamu dapat mencoba mencampurkan bubuk cendana dengan air, untuk membentuk pasta dan menerapkannya pada area biang keringat. Namun kamu harus terlebih dahulu menguji pasta pada area kulit lain, untuk memastikan tidak memiliki reaksi alergi.

Gunakan pine tar

Pine tar, bahan yang dihasilkan dari karbonisasi kayu pinus suhu tinggi, memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengobati kondisi kulit yang gatal atau iritasi. Menerapkan pengobatan topikal yang mengandung pine tar dapat turut membantu meredakan gatal-gatal akibat biang keringat.

Gunakan yoghurt

Yoghurt dikenal memiliki efek mendinginkan dan menyejukkan pada kulit. Oleskan yoghurt dingin ke bagian biang keringat dan diamkan selama 15 menit.

Cuci dengan air dingin dan keringkan, dan jangan menggosok kulit yang teriritasi. Yoghurt memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur alami yang dapat membantu mencegah timbulnya jerawat dan memastikan kulit bersinar dan sehat.

Gunakan air mawar

Buat ramuan menggunakan bahan berikut: 200ml air mawar, 4 sendok makan madu, dan 200ml air murni. Kemudian campur dan bekukan dalam baki es. Lalu ambil es batu ini, empat hingga lima sekaligus, dan bungkus dengan kain lembut.

Tekan bundel dengan lembut pada area yang terkena biang keringat. Air mawar membantu menjaga keseimbangan pH kulit, dan juga mengontrol kelebihan minyak.

Gunakan multani mitti

Fuller’s earth atau dikenal sebagai multani mitti, sejenis lumpur tanah liat dengan kandungan mineral tinggi, memiliki efek pendinginan pada kulit.

Ambil 2 sendok teh pasta mint, 3 sendok makan multani mitti dan cukup susu dingin untuk membuat pasta halus. Oleskan pada kulit dan biarkan kering.

Kamu bisa duduk di bawah kipas setiap kali melakukan perawatan ini, dan selalu keringkan kulit dengan handuk yang sangat lembut.

Baca Juga: Hati-hati, Ini Bahaya Cacing Pita bagi Kesehatan Tubuh

Pencegahan biang keringat

Terkait cara menghilangkan biang keringat, kamu juga bisa melakukan beberapa langkah pencegahan sebagai berikut:

Tubuh perlu terpapar sirkulasi udara

Aturan utamanya adalah kamu perlu menjaga tubuh tetap dingin dan terpapar sirkulasi udara dengan baik. Coba buka kulit di tempat kamu biasa mengalami biang keringat dan biarkan terpapar udara sejuk atau dingin.

Melakukan hal ini akan membantu meringankan kulit. Untuk bayi, hindari menggunakan popok apabila memicu biang keringat, dan beri sirkulasi udara pada area yang biasa terkena biang keringat.

Kenakan pakaian longgar

Kenakan pakaian longgar sehingga ada sirkulasi udara dan tubuh kamu tetap dingin. Misalnya, kenakan pakaian katun dan hindari pakaian ketat sintetis.

Kapas memungkinkan udara bersirkulasi dan bergerak bebas melalui kain, yang membuat panas lebih tertahankan.

Menghidrasi dengan minuman alami dingin

Karena suhu yang panas dapat mengeluarkan energi, penting untuk selalu menghidrasi diri agar tetap dingin. Coba minum minuman alami dingin seperti chaach, air lemon, air kelapa, serta hindari alkohol dan minuman soda.

Makan makanan sehat

Kalahkan biang keringat dan tetap tenang dengan makan sehat. Sertakan banyak makanan mentah segar seperti salad dan buah-buahan, dan hindari hidangan berminyak, makanan digoreng dan permen.

Jaga kulit tetap kering

Jangan biarkan kulit kamu menjadi lembap, dan jaga kulit tetap kering. Setelah mandi, tepuk-tepuk tubuh dengan handuk untuk menghindari bakteri menumpuk. Bedaki tubuh dan pastikan kulit tetap dingin.

Kapan harus ke dokter?

Biang keringat adalah kondisi umum yang biasanya akan sembuh tanpa perawatan medis. Mengantisipasi untuk mencegah ruam panas adalah cara terbaik untuk menghindari gangguan biang keringat.

Jika biang keringat atau ruam tampaknya menjadi terinfeksi, dan beberapa hal-hal yang kamu lakukan di rumah tidak cukup untuk mengatasinya. Maka kamu harus segera menemui dokter untuk melakukan konsultasi.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

– Medicalnewstoday.com, diakses 27 Mei 2020, Prickly heat: What you need to know

https://www.medicalnewstoday.com/articles/319612

– Medicalnewstoday.com, diakses 29 Mei 2020, 12 home remedies for heat rash

https://www.medicalnewstoday.com/articles/326430

– NDTV, diakses 29 Mei 2020, 4 Natural Home Remedies For Prickly Heat

https://food.ndtv.com/beauty/prickly-heat-4-natural-remedies-that-can-protect-your-skin-this-summer-1407856

– Healthline.com, diakses 27 Mei 2020, Prickly Heat (Miliaria Rubra)

https://www.healthline.com/health/prickly-heat

– Nhs.uk, diakses 27 Mei 2020, Heat rash (prickly heat)

https://www.nhs.uk/conditions/heat-rash-prickly-heat/

    Berita Terkait
    register-docotr