Diet dan Nutrisi

Manfaat Buah Naga: Mampu Atasi Kanker Hingga Serangan Jantung

May 29, 2020 | Arianti Khairina | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Punya pertanyaan tentang kesehatan dan ingin tanya langsung ke dokter? Chat dengan Good Doctor di aplikasi Grab Health. Dokter kami siap menjawab 24 jam!

Buah naga tentu sudah tak asing di telinga kita. Manfaat buah naga tak mengenal usia, baik anak-anak hingga orang dewasa. Selain mudah untuk diolah dalam berbagai jenis makanan, buah naga juga memiliki segudang nutrisi.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh kamu. Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

Baca juga : Sederet Kandungan Buah Naga Merah yang Bagus Banget untuk Tubuh

Apa itu buah naga?

Konsumsi buah naga. Sumber gambar : https://healthline.com

Buah naga berasal dari Amerika Tengah yang bermula dari kaktus, kemudian berbunga dari sore lalu menjadi layu di pagi hari.

Selain bentuk unik, buah naga memiliki rendah kalori namun tinggi nutrisi seperti vitamin B dan C, fosfor, protein, kalsium, fiber, captin, dan antioksidan. Hal tersebut yang membuat buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Mengutip Healthline.com, berikut ini adalah nutrisi untuk 100 gram buah naga:

  • Kalori: 60.
  • Protein: 1,2 gram.
  • Lemak: 0 gram.
  • Karbohidrat: 13 gram.
  • Serat: 3 gram.
  • Vitamin C: 3% dari RDI.
  • Besi: 4% dari RDI.
  • Magnesium: 10% dari RDI.

Manfaat buah naga

1. Mengurangi berat badan

Jika kamu menginginkan sistem pencernaan yang lancar, mengonsumsi buah naga secara rutin bisa menjadi pilihan yang baik.

Tak hanya itu, buah ini juga memiliki kandungan serat yang cukup baik serta rendah kalori, jadi kamu bisa mengisi perut tanpa takut berat badan akan bertambah drastis.

2. Camilan sehat

Kamu yang sedang menjalani program diet sangat disarankan untuk memasukkan buah naga sebagai salah satu menu makanan untuk dikonsumsi.

Mengkonsumsi buah naga secara teratur akan membuat perut kamu terus merasa kenyang tanpa harus takut berat badan akan bertambah.

3. Membantu detoksifikasi

Seperti dijelaskan di atas, buah naga mengandung antioksidan yang dapat mengurangi radikal bebas dalam tubuh dan membuat proses pengeluaran racun dalam tubuh akan berjalan dengan lancar.

4. Mencegah kanker

Warna dagingnya yang merah sudah pasti membuat buah naga mengandung lycopene. Kandungan ini berfungsi sebagai penyedia warna merah dan terbukti dapat merendahkan risiko terkena kanker prostat lho.

Tidak hanya lycopene, buah naga juga kaya akan antioksidan hytoalbumin. Kandungan tersebut membantu menghambat pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh.

Selain itu, buah naga mengandung serat, fosfor, kalsium, vitamin C dan B2, serta ampuh membantu mengeluarkan racun logam dari tubuh yang dapat menyebabkan kanker.

6. Meningkatkan imun

Buah naga ini memang seringkali dikonsumsi untuk anak-anak. Selain rasanya yang enak, buah ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh lho.

Tak hanya itu saja ketika kamu rajin mengonsumsi buah naga, maka proses penyembuhan luka luar pun akan semakin cepat pulih.

Selain dapat mencegah terjadinya kanker, perlu kamu tahu kandungan lycopene pada buah naga juga berfungsi sebagai penurun tekanan darah dan mencegah penyakit jantung.

Hal tersebut karena biji dari buah naga kaya akan lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu memelihara sistem kardiovaskular.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. healthline.com (2019) diakses 27 Mei 2020. What Is Dragon Fruit and Does It Have Health Benefits? 
  2. healthline.com (2018) diakses 27 Mei 2020. 7 Great Reasons to Add Dragon Fruit to Your Diet 
  3. victoriahealth.com (2017) diakses 27 Mei 2020. Benefits of Dragon Fruit
  4. webmd.com (2019) diakses 27 Mei 2020. Health Benefits of Dragon Fruit 
    register-docotr