Kulit & Perawatan Tubuh

Berbagai Manfaat Asam Hialuronat, Kencangkan Kulit hingga Cepat Sembuhkan Luka

November 13, 2020 | Fitri Chaeroni | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Bagi kamu yang kerap membeli produk kesehatan dan skincare pasti tahu dong kandungan bernama asam hialuronat. Zat ini sebenarnya ada dan tersedia secara alami di dalam tubuh kita.

Kandungan asam hialuronat ternyata bisa membawa banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan lho. Untuk mengetahui apa saja fungsi serta manfaat asam hialuronat untuk kesehatan dan kecantikan, simak ulasan berikut ini!

Manfaat asam hialuronat untuk kecantikan

Asam hialuronat atau hyaluronic acid (HA) menjadi salah satu bahan populer di dalam produk kecantikan terutama wajah. 

Asam hialuronat, juga dikenal sebagai hyaluronan adalah zat bening dan lengket yang diproduksi secara alami oleh tubuh. Jumlah terbesar ditemukan di kulit, jaringan ikat, dan mata.

Berikut beberapa manfaat asam hialuronat untuk kecantikan kulit:

1. Menghidrasi kulit

Hyaluronan ibarat asupan air dalam jumlah besar untuk kulit kamu. Ia mampu menahan hingga 1.000 kali berat molekulnya dalam air.

Asam hialuronat menembus kulit dan mengikat air ke sel-sel kulit, memberikan semua lapisan kulit dengan kelembapan yang berguna untuk efek meremajakan.

2. Humektan

Ibarat spons, kandungan humektan dapat menarik dan menahan kelembapan dari udara sekitar.

Setelah meresap sampai epidermis (lapisan atas kulit), asam hialuronat bertindak sebagai pelembap dan terus menarik kelembapan dari lingkungan sekitarnya. Ini akan memberikan hidrasi yang tahan lama pada kulit.

3. Mengencangkan kulit

Hyaluronic acid TIDAK akan menggantikan elastin kulit kamu, tetapi dapat membantu mengatasi masalah kekencangan pada kulit.

Saat mengisi kulit dengan kelembapan, asam hialuronat mengencangkan keseluruhan kulit. Ini membantu mengencangkan kontur wajah untuk penampilan yang lebih muda.

4. Tekstur lebih halus

Mirip dengan cara membuat tampilan kulit terlihat lebih kencang, asam hialuronat juga menghaluskan tekstur kulit. Ini menghasilkan hasil akhir yang halus seperti sutra yang bisa kamu lihat dan rasakan.

Jika kulit terlihat bekas luka akibat jerawat, asam hialuronat tidak akan mengisi bekas luka tersebut. Tapi, jika digabungkan dengan alat seperti  dermaroller, lama kelamaan asam hialuronat plus dermaroller bisa membuat kulit tampak lebih halus.

5. Menghilangkan garis halus dan kerutan

Hyaluronic acid membantu mengurangi penampakan garis-garis halus dan kerutan dengan menahan kelembapan pada kulit. 

Ketika kulit terlindungi dan terhidrasi, peningkatan produksi sel kulit dapat terjadi, karena kulit tidak sibuk berjuang untuk hidrasi. Hal ini menyebabkan sel-sel kulit lebih halus dan kenyal.

6. Merangsang regenerasi kulit

Meskipun tidak akan mempercepat proses pembaruan sel, asam hialuronat membantu meningkatkan regenerasi sel kulit dengan menawarkan hidrasi ekstra dan perlindungan penghalang pada kulit. Ini secara alami menghasilkan sel-sel yang lebih sehat dan kulit yang lebih cerah.

7. Mengurangi pigmentasi

Ketika terjadi peningkatan pergantian sel, asam hialuronat juga membantu mengurangi dan mencegah bintik-bintik penuaan dan masalah pigmentasi.

Tapi, itu tidak bisa dilakukan sendiri. Untuk mengobati bintik-bintik gelap, kamu bisa kombinasikan asam hialuronat dengan produk seperti serum vitamin C.

Baca Juga : 7 Manfaat Serum Vitamin C untuk Kecantikan Wajah

Manfaat asam hialuronat untuk kesehatan

Selain untuk kesehatan kulit, asam hialuronat dalam bentuk suplemen yang dikonsumsi secara oral juga punya beberapa manfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa di antaranya!

1. Mempercepat penyembuhan luka

Asam hialuronat juga berperan penting dalam penyembuhan luka. Ini secara alami ada di kulit, tetapi konsentrasinya meningkat ketika ada kerusakan yang perlu diperbaiki.

Asam hialuronat membantu menyembuhkan luka lebih cepat dengan mengatur tingkat peradangan dan memberi sinyal pada tubuh untuk membangun lebih banyak pembuluh darah di area yang rusak.

Kamu bisa menggunakan produk oles seperti salep atau krim mengandung asam hialuronat pada luka terbuka untuk membantu mempercepat proses pemulihan. 

2. Meringankan nyeri sendi 

Asam hialuronat juga ditemukan di persendian, di mana ia menjaga ruang di antara tulang tetap terlumasi dengan baik. Saat persendian dilumasi, tulang cenderung tidak saling bergesekan dan menyebabkan rasa sakit yang tidak nyaman.

Suplemen asam hialuronat sangat membantu orang yang menderita osteoartritis, sejenis penyakit sendi degeneratif yang disebabkan oleh kerusakan sendi karena bertambahnya usia.

Mengonsumsi 80-200 mg setiap hari selama setidaknya dua bulan telah terbukti secara signifikan mengurangi nyeri lutut pada penderita osteoartritis, terutama mereka yang berusia antara 40 dan 70 tahun.

3. Membantu atasi gejala refluks asam

Penelitian baru menunjukkan suplemen asam hialuronat dapat membantu mengurangi gejala refluks asam.  Ketika refluks asam terjadi, isi perut dimuntahkan ke tenggorokan, menyebabkan rasa sakit dan kerusakan pada lapisan esofagus.

Asam hialuronat dapat membantu meringankan lapisan esofagus yang rusak dan mempercepat proses pemulihan. Suplemen kombinasi yang mengandung asam hialuronat dan kondroitin sulfat dapat membantu mengurangi gejala refluks asam pada beberapa orang.

4. Meringankan mata kering

Karena asam hialuronat sangat baik dalam menjaga kelembapan, kandungan ini sering digunakan untuk mengobati mata kering.

Asam hialuronat secara alami ditemukan di mata dan sering kali menjadi bahan obat tetes mata untuk meredakan gejala mata kering. 

Obat tetes mata yang mengandung 0,2-0,4 persen asam hialuronat telah terbukti mengurangi gejala mata kering dan meningkatkan kesehatan mata.

5. Mencegah nyeri kandung kemih

Sekitar 3-6 persen wanita menderita kondisi yang disebut sistitis interstisial, atau sindrom kandung kemih yang menyakitkan. Gangguan ini menyebabkan sakit perut dan nyeri, disertai keinginan kuat untuk buang air kecil lebih sering.

Tidak jelas mengapa asam hialuronat membantu meredakan gejala-gejala tersebut. Tetapi, para peneliti berhipotesis bahwa asam hialuronat membantu memperbaiki kerusakan jaringan kandung kemih, sehingga kurang sensitif terhadap rasa sakit.

Asam hialuronat dapat meredakan nyeri kandung kemih saat dimasukkan langsung ke dalam kandung kemih melalui kateter, tetapi mengonsumsi suplemen melalui mulut mungkin tidak memiliki efek yang sama.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Cosmedica Skincare. Diakses pada 12 November 2020. 10 BENEFITS OF HYALURONIC ACID

Healthline. Diakses pada 12 November 2020. 7 Surprising Benefits of Hyaluronic Acid

    Berita Terkait
    register-docotr