Kulit & Perawatan Tubuh

Pakai Bahan Alami atau Obat, Ini Cara Menghilangkan Ketombe yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

February 27, 2021 | Husni Efendi | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Ketombe pada rambut tentu menjadi hal yang sangat mengganggu penampilan. Kadang tak cukup hanya dengan berganti sampo, berikut deretan cara menghilangkan ketombe pada rambut dan kulit kepala yang wajib kamu ketahui.

Ketombe adalah kondisi pada kulit kepala yang  umum terjadi, berupa serpihan kulit mati yang berasal dari kulit kepala. Serpihan-serpihan ini biasanya terlihat ketika terjatuh di atas bahu, dan biasanya, ketombe juga disertai dengan rasa gatal di kulit kepala.

Ketombe bukan kondisi yang dapat membahayakan kesehatan, tetapi mungkin dapat memengaruhi rasa percaya diri.

Penyebab ketombe

Dilansir dari Healthline, penyebab ketombe bisa muncul dari beberapa faktor, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kulit berminyak
  2. Tidak rutin membersihkan kepala
  3. Kulit kering
  4. Sensitif terhadap produk perawatan rambut tertentu
  5. Memiliki gangguan kesehatan pada kulit seperti psoriasis atau eczema
  6. Tumbuh ragi Malassezia di kulit kepala.

Sama seperti penyakit kulit lainnya, ketombe pun bisa bertambah parah jika tidak segera mendapat penanganan. Adapun beberapa penyebab ketombe parah seperti salah memilih sampo dan alergi terhadap cuaca, atau zat-zat tertentu.

Sementara alergi terhadap zat tertentu juga bisa membuat kulit kepala semakin berminyak. Kondisi ini akan membuat kotoran semakin banyak menempel dan menjadi penyebab ketombe parah.

Baca Juga: 7 Cara Alami Menghilangkan Ketombe pada Balita, Patut Dicoba Moms!

Berbagai pilihan cara menghilangkan ketombe

Banyak cara menghilangkan ketombe yang bisa kamu pilih. Baik itu dengan cara alami yakni menggunakan bahan-bahan rumahan yang mudah diperoleh, maupun dengan bahan medis seperti obat ketombe atau shampo anti ketombe.

Cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami

Dilansir dari Healthline, berikut beberapa cara rumahan yang dapat meredakan gejala ketombe secara alami yang bisa kamu coba:

1. Menggunakan bahan tea tree oil

Cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami yang pertama adalah menggunakan tea tree oil, sudah lama tea tree oil digunakan untuk mengobati berbagai macam permasalahan kulit, seperti jerawat.

Tea tree oil juga dapat efektif menghilangkan jamur yang menjadi penyebab penumpukan sel kulit kepala yang mati penyebab dari ketmobe.

Pada sebuah penelitian yang dilakukan kepada 126 orang dengan menggunakan  bahan tea tree oil selama 4 minggu menunjukkan bahwa 41% responden tidak lagi merasa gatal di kulit kepala, dan efektif menghilangkan ketombe.

Tapi yang harus diperhatikan juga, tea tree oil bisa menyebabkan iritasi pada kulit yang sensitif. Karena itu, ada baiknya campurkan dengan bahan lain, seperti minyak kelapa, sebelum dioleskan ke kulit.

2. Menggunakan minyak kelapa

Cara menghilangkan ketombe berikutnya bisa menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa ternyata memiliki manfaat yang beragam, yang salah satunya adalah membantu menghilangkan ketombe.

Minyak kelapa juga dapat membantu melembabkan kulit, sehingga kulit kepala tidak terasa kering dan terhindar dari ketombe.

Minyak kelapa juga dapat mengoptimalkan penanganan kondisi eksim (dermatitis), yang juga bisa menyebabkan timbulnya ketombe.

Minyak kelapa pun memiliki sifat antimikroba, sehingga serpihan sel kulit mati penyebab dari ketombe dapat berkurang secara signifikan.

3. Menggunakan lidah buaya (aloe vera)

Cara menghilangkan ketombe dengan bahan lidah buaya ini sepertinya tidak terlalu asing buat kamu, Kamu tentunya sudah mengetahui khasiat lidah buaya, untuk kesehatan rambut.

Selain itu, tanaman ini juga sering digunakan dalam berbagai produk kosmetik ataupun bahan kecantikan.

Ketika digunakan pada kulit kepala, sensasi dingin lidah buaya dapat meringankan peradangan di kulit, termasuk psoriasis yang menyebabkan ketombe di kulit kepala.

4. Menggunakan cuka apel

Bahan selanjutnya yang bisa dipakai untuk menghilangkan ketombe adalah menggunakan cuka apel.

Sifat asam pada cuka apel, berkhasiat merangsang pelepasan sel-sel kulit mati di kulit kepala, sehingga menghilangkan ketombe. Kandungan cuka apel juga dapat mencegah pertumbuhan jenis jamur yang membuat gatal di kulit.

Kamu dapat mencoba menggunakan cuka apel dengan menambahkan beberapa sendok ke dalam sampo atau mencampurkan dengan minyak esensial lainnya.

Selanjutnya bahan-bahan tadi semprotkan langsung ke bagian rambut dan kulit kepala.

5. Mengonsumsi asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 diketahui bermanfaat untuk kesehatan kulit, jika kekurangan asam lemak omega-3 ini dapat menyebabkan rambut menjadi kering, dan juga ketombe.

Untuk mendapatkan asam lemak omega-3 ini, kamu bisa mengonsumsi ikan berlemak sehat seperti salmon dan makarel, chia seed, flaxseed, atau kacang kenari.

6. Mengonsumsi makanan yang kaya probiotik

Konsumsi makanan yang kaya akan probiotik juga dapat membantu menghilangkan ketombe. Probiotik sendiri adalah bakteri baik yang bermanfaat untuk memperbaiki sistem imun tubuh.

Probiotik terbukti dapat mengurangi gejala-gejala yang timbul pada eksim dan dermatitis, terutama pada anak-anak dan bayi. Probiotik biasanya dijual dalam bentuk suplemen dengan dosis tertentu.

Tetapi kamu juga dapat menemukan probiotik pada makanan hasil fermentasi, seperti tempe.

Selain lezat dan murah, tempe mengandung probiotik yang merupakan jenis bakteri baik untuk tubuh. Probiotik juga dapat melawan alergi, menurunkan kolesterol, bahkan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, juga dapat menghilangkan jamur.

7. Mengontrol stres

Cara menghilangkan ketombe yang ini bukan berdasarkan mengonsumsi bahan tertentu, melainkan dengan cara mengendalikan atau mengontrol stres.  

Stres dipercaya dapat memengaruhi kondisi kesehatan secara keseluruhan. Kondisi ini memang tidak secara langsung menyebabkan ketombe.

Namun, stres bisa memperparah keadaan kulit yang kering dan gatal-gatal, sehingga ketombe pun akan muncul semakin banyak. Dengan mengontrol stres, kamu juga mendapatkan efek jangka panjang berupa perbaikan sistem imun tubuh.

Cara menghilangkan ketombe dengan obat ketombe

Dilansir dari Drugs, beberapa obat ketombe berikut dapat dipakai untuk mengatasi permasalahan kesehatan yang satu ini:

  1. Ketoconazole
  2. Nizoral shampoo
  3. Nizoral A-D
  4. Nizoral topical
  5. Pyrithione zinc
  6. Ketodan
  7. Xolegel
  8. Extina
  9. Kuric, dan
  10. Asam salisilat

Pemakaian shampo anti ketombe

Kamu juga bisa mengoptimalkan upaya menghilangkan ketombe dengan memakai shampo anti ketombe yang tepat.

Adapun beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan saat memilih shampo anti ketombe antara lain harus memiliki:

  1. Komponen anti jamur untuk menghentikan pertumbuhan jamur
  2. Tar batu bara yang bisa mengurangi munculnya kerak di kulit kepala, dan
  3. Asam salisilat untuk menjaga sel-sel kulit agar tidak saling menempel dan dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit yang bersisik.

Baca Juga: Jangan Sampai Keliru, Kenali Penyakit Dermatitis Seboroik yang Mirip Ketombe

Tips penggunaan shampo anti ketombe

Banyak orang percaya bahwa ketombe disebabkan oleh kebersihan yang buruk, padahal itu tidak benar. Meskipun jarang keramas dapat membuat ketombe semakin jelas, para peneliti masih mempelajari penyebabnya, yang tampaknya rumit.

Cara paling efektif untuk mengobati dan mengendalikan ketombe adalah dengan menggunakan shampo anti ketombe dan perawatan kulit kepala. Ikuti tips dari dokter kulit untuk mendapatkan hasil terbaik.

Melansir American Academy Dermatology Association, berikut adalah cara keramas yang baik untuk menghilangkan ketombe dengan shampo anti ketombe:

1. Ikuti petunjuk pada kemasan shampo

Ada banyak sekali produk shampo anti ketombe di pasaran, dan masing-masing mengandung bahan aktif yang berbeda untuk mengendalikan gejala ketombean.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, selalu ikuti instruksi pada botol. Misalnya, beberapa shampo anti ketombe mengharuskan kamu menyabuni sampo ke rambut dan kulit kepala dan membiarkan sampo selama sekitar lima menit sebelum dibilas.

Sementara produk yang lain ada pula yang menginstruksikan tidak boleh membiarkan shampo terlalu lama di kulit kepala. Jadi sebelum menggunakan sebuah produk, jangan lupa baca instruksinya ya!

2. Orang Asia disarankan keramas setiap hari

Kalau kamu berketombe dan kamu adalah orang Kaukasia atau Asia, keramas setiap hari menggunakan shampo anti ketombe dua kali seminggu mungkin dapat membantu.

Jika menggunakan satu shampo anti ketombe tidak meredakan gejala, coba gunakan shampo anti ketombe lain secara bergantian dengan bahan aktif yang berbeda.

3. Orang Afrika-Amerika tidak disarankan sering keramas

Jika kamu adalah orang Afrika-Amerika, kamu disarankan keramas seminggu sekali menggunakan shampo anti ketombe.

Kunjungi dokter kulit bersertifikat untuk mendapatkan rekomendasi produk terbaik yang sesuai dengan jenis rambut kamu.

4. Hati-hati saat menggunakan shampo anti ketombe dengan tar

Shampo yang mengandung tar batubara dapat mengubah warna rambut pirang, abu-abu, atau putih. Jadi jika kamu memiliki rambut berwarna terang, kamu mungkin ingin memilih shampo anti ketombe yang berbeda.

Sampo tar juga berpotensi membuat kulit kepala lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Jika kamu menggunakan shampo anti ketombe jenis ini, penting untuk melindungi kulit kepala dari sinar matahari dengan mengenakan topi saat berada di luar ruangan dan mencari tempat teduh jika memungkinkan.

Cara mengatasi ketombe berdasarkan jenisnya

Keberadaan ketombe bisa sangat mengganggu penampilan dan membuat kamu tidak percaya diri. Oleh karena itu penting untuk menjaga kebersihan rambut sekaligus mengenali penyebab ketombe, agar hal ini bisa diatasi dengan baik.

Ketombe yang muncul sendiri bisa berbentuk basah maupun kering. Adapun untuk mengatasinya perlu dilakukan cara-cara tersendiri seperti yang diulas di bawah ini.

Ketombe kering

Kulit kepala, seperti bagian kulit lainnya juga melepaskan sel-sel kulit mati. Ketika proses ini terjadi terlalu cepat maka akan menghasilkan ketombe kering. Adapun ketombe kering juga bisa terjadi akibat beberapa faktor lain seperti:

  1. Infeksi jamur pada kulit kepala
  2. Minyak yang disekresikan oleh kulit kepala
  3. Sensitif terhadap zat tertentu di produk rambut

Cara mengatasi ketombe kering bisa dilakukan dengan beberapa tips di antaranya:

  1. Mengoleskan minyak kelapa di kulit kepala selama 10 menit lalu dibilas sampai bersih
  2. Mencampurkan tea tree oil dengan minyak kelapa lalu dioleskan ke kulit kepala sambiil dipijat perlahan selama 10 menit sebelum dibilas menggunakan air hangat
  3. Mengoleskan campuran 1 gelas cuka apel dengan 2 gelas air dan aplikasikan langsung di kulit kepala selama 5 menit lalu bersihkan menggunakan sampo seperti biasa.

Ketombe basah

Menurut Stylecraze, ketombe basah biasanya terjadi ketika kelenjar sebaceous bekerja secara berlebihan dan memproduksi sebum dalam jumlah terlalu banyak.

Sebum yang menumpuk di kulit kepala akan membuatnya lengket dan menarik kotoran serta sel kulit mati dan membentuk ketombe basah atau ketombe berminyak.

Adapun cara untuk mengatasinya salah satunya adalah dengan membuat masker lidah buaya. Caranya mudah, kamu cukup mengoleskan 3 sampai 4 sendok makan gel lidah buaya di kulit kepala.

Lalu celupkan handuk pada air hangat lalu peras dan bungkus kepala menggunakan handuk tersebut. Diamkan selama setengah jam lalu bersihkan menggunakan sampo sampai bersih.

Cara mencegah ketombe datang lagi

Kamu dapat mengurangi dan juga mencegah ketombe datang lagi dengan beberapa langkah berikut ini:

  • Kelola stres dengan baik. Sebab stres dapat memengaruhi kesehatan kamu secara keseluruhan, dan membuat kamu rentan terhadap sejumlah kondisi dan penyakit. Bahkan dapat membantu memicu ketombe atau memperburuk gejala yang sudah ada.
  • Praktik pola makan sehat. Konsumsilah makanan yang yang tinggi akan kandungan zinc, vitamin B, untuk membantu mencegah ketombe.
  • Sering keramas. Jika kamu cenderung memiliki kulit kepala berminyak, keramas setiap hari dapat membantu mencegah ketombe. Pijat lembut kulit kepala untuk melonggarkan serpihan. Bilas sampai bersih.
  • Berjemur, sebab sinar matahari mungkin bagus untuk mengendalikan ketombe. Tetapi karena paparan sinar ultraviolet merusak kulit dan meningkatkan risiko kanker kulit, jangan berjemur. Sebaliknya, habiskan sedikit waktu di luar ruangan. Dan pastikan untuk memakai tabir surya di wajah dan tubuh.
  • Batasi produk styling rambut. Produk penata rambut dapat menumpuk di rambut dan kulit kepala sehingga membuatnya lebih berminyak.

Bagi kebanyakan orang, ketombe tidak membutuhkan perhatian medis. Namun, terkadang pengelupasan dan gatal yang tampak seperti ketombe sebenarnya merupakan kondisi medis, seperti dermatitis seboroik, psoriasis, infeksi jamur pada kulit kepala, atau eksim.

Jika kamu terus mengalami gejala setelah melakukan berbagai cara menghilangkan ketombe di atas, konsultasikan dengan dokter kulit bersertifikat.

Seorang dokter kulit dapat mendiagnosis kondisi kamu dengan benar dan merekomendasikan rencana perawatan yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline.com. 9 Home Remedies to Get Rid of Dandruff Naturally. Diakses 03 Juli 2020. https://www.healthline.com/nutrition/ways-to-treat-dandruff#8.-Eat-More-Probiotics

Mayoclinic.org. Dandruff. Diakses 03 Juli 2020. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dandruff/symptoms-causes/syc-20353850

Pubmed.ncbi.nlm.niv.gov. Treatment of Dandruff With 5% Tea Tree Oil Shampoo. Diakses 03 Juli 2020. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/12451368/

American Academy Dermatology Association. HOW TO TREAT DANDRUFF. Diakses pada 26 Februari 2021. https://www.aad.org/public/everyday-care/hair-scalp-care/scalp/treat-dandruff

 

    register-docotr