Kulit & Perawatan Tubuh

3 Alasan Mengapa Kamu Tidak Boleh Mencuci Muka Menggunakan Sabun Mandi

March 10, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Ada beragam produk perawatan kulit yang dijual di pasaran. Hal ini sedikit banyak akan membuat kamu kebingungan memutuskan sabun cuci terbaik untuk wajahmu.

Dari sekian banyak pilihan yang ada, banyak orang menggunakan sabun mandi untuk membersihkan wajahnya.

Tapi apakah ini adalah pilihan yang tepat? Yuk, simak faktanya lewat ulasan di bawah ini.

Baca juga: Cara Pakai Tamanu Oil, Bisa untuk Masker hingga Pelembap Wajah

Pentingnya mencuci muka setiap hari

Membersihkan wajah adalah rutinitas yang tidak boleh terlewatkan. Ini penting, karena wajah memiliki banyak kelenjar sebaceous yang membuatnya menjadi lebih berminyak daripada bagian tubuh lainnya.

Selain itu, setiap kali kamu menggunakan kosmetik atau produk lain yang membuat lapisan pada kulit. Hal tersebut dapat membuat berbagai jenis polutan seperti debu maupun asap terperangkap di dalam pori-pori wajah.

Jadi mencuci wajah secara rutin di setiap pagi dan malam hari, tak hanya akan membantu mengangkat kotoran, namun juga menjaga kesehatan kulit wajah itu sendiri.

Bolehkah mencuci muka menggunakan sabun mandi?

Kulit wajah umumnya jauh lebih sensitif daripada kulit di bagian tubuh lainnya.

Jadi untuk membersihkannya pun, kamu tak boleh asal dalam memilih sabun. Adapun sabun mandi, umumnya tidak disarankan untuk membersihkan wajah karena beberapa alasan berikut:

1. Kulit bersifat asam, sementara sabun memiliki pH basa

Ketika skala pH menunjukkan angka 7, berarti itu netral. Semua yang ada di bawahnya bersifat asam dan di atasnya bersifat basa.

Keseimbangan pH kulit bahkan saat sedang sangat berminyak, umumnya ada di antara 4 sampai 6,5. Sementara sabun bersifat sangat basa dan jika digunakan untuk mencuci wajah, akan mengacaukan keseimbangan pH kulit.

Apalagi kalau kamu melakukannya terus menerus, besar kemungkinan kondisi kulit akan menjadi rusak. Oleh karena itu, sebaiknya hindari penggunaan sabun untuk mencuci wajah.

2. Sabun mandi membuat kulit menjadi mudah kering

Dilansir dari Healthkart, mencuci wajah dengan sabun mandi sama saja dengan mencucinya menggunakan cairan air pencuci piring atau deterjen.

Ini karena sabun mandi akan menghilangkan minyak alami kulit dan membuatnya kencang bahkan kering. Jadi meski jenis kulitmu berminyak, ini tidak membenarkan penggunaan sabun mandi pada wajahmu.

Jika kamu merasa kulitmu sangat berminyak, gunakan pembersih wajah yang akan membersihkan minyak dan kotoran dari permukaan kulit, tanpa harus mengganggu keseimbangan pH kulit yang lembut.

3. Sabun mandi dapat sangat merusak kulit

Jika kamu menggunakan sabun pembersih khusus wajah, kamu bisa menyesuaikan kandungannya dengan kondisi dan kebutuhan kulit wajahmu.

Tapi jika kamu menggunakan sabun mandi, yang ada hanya bahan kimia keras yang bisa membersihkan kulit tetapi tidak melindungi kesehatannya. Jadi alih-alih membuat bersih, mencuci wajah dengan produk sabun mandi malah dapat membuatnya tampak kusam, kusut, dan keriput.

Ingat, meski sabun mandi dapat bekerja dengan baik untuk bagian tubuh lainnya. Tapi kulit wajah jauh lebih halus dan dengan mudah dapat rusak jika terkena produk perawatan yang tidak tepat.

Jadi hindari pemakaian sabun mandi untuk wajah dan belilah pembersih khusus yang berkualitas baik.

Baca juga: Sering Gonta-Ganti Skincare, Apakah Berbahaya bagi Kulit?

Bagaimana memilih sabun pencuci wajah yang tepat?

Berikut adalah beberapa pedoman yang perlu diingat saat kamu hendak memilih sabun wajah terbaik untuk kulitmu.

  1. Gunakan sabun yang dibuat khusus untuk wajah.
  2. Mulailah dengan sabun pembersih wajah yang memiliki kandungan paling ringan untuk menghilangkan minyak dan residu.
  3. Pilih sesuatu yang tidak berbusa, karena meski terlihat menyegarkan, tetapi biasanya ini mengandung bahan yang dapat mengiritasi kulit.
  4. Perhatikan jenis kulit, beberapa pembersih dirancang untuk kulit kering, sementara yang lain dirancang untuk kulit berminyak dan rentan berjerawat. Jadi jangan sampai salah memilih, ya.

Jika pembersih wajah biasa tidak berfungsi, buatlah janji dengan dokter kulit untuk mendapatkan rekomendasi perawatan wajah lebih lanjut.

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Why should I not use soap on my face? https://www.sharecare.com/health/skin-cleansing-soaps/why-not-use-soap-face diakses pada 9 Maret 2021

Picking a Soap for Washing Your Face https://www.verywellhealth.com/how-to-pick-a-soap-to-wash-your-face-1069219 diakses pada 9 Maret 2021

Pros And Cons of Washing Your Face with Bar Soap https://availdermatology.com/pros-and-cons-of-washing-your-face-with-bar-soap/#:~:text=Facial%20soap%20has%20a%20lower,even%20result%20in%20peeling%20skin. diakses pada 9 Maret 2021

3 Reasons Why You Shouldn’t Use Soap On Your Face https://www.healthkart.com/resources/3-reasons-shouldnt-soap-face/#.YEdUNGgzZnI diakses pada 9 Maret 2021

    register-docotr