Info Sehat

Wajib Tahu, 5 Posisi Seks Ini Dapat Membakar Kalori Setara dengan Olahraga!

November 19, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Untuk membakar 100 kalori dalam tubuh ada banyak aktivitas fisik atau olahraga yang bisa kamu lakukan. Misalnya dengan jogging selama 10 menit, bersepeda selama 13 menit, atau yoga selama 30 menit. 

Namun nyatanya aktivitas seks juga dapat membakar kalori tubuh. Bahkan melalui penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Montreal, diketahui bahwa rata-rata pria membakar 100 kalori selama sesi berhubungan seks sedangkan wanita dapat membakar sekitar 69 kalori.

Sayangnya, tidak semua posisi seks dapat menunjang hal tersebut. Ingin tahu posisi seks seperti apa yang dapat membakar banyak kalori?  Temukan jawabannya dalam ulasan berikut. 

Baca Juga: Suka Merekam Video Saat Berhubungan Seksual, Apakah Pertanda Gangguan Mental?

Posisi seks yang dapat membakar lebih banyak kalori 

Dilansir dari laman Dailymail, Tracey Cox seorang ahli seks dan hubungan mengungkapkan ada beberapa posisi seks yang dapat membakar banyak kalori. Baik untuk pria maupun wanita.

Begini penjelasan selengkapnya. 

1. Posisi berdiri

Mungkin sulit, tapi seks dengan posisi berdiri dapat membakar hingga 200 kalori dalam tubuh. Posisi ini membuat pria mengangkat dan menahan seluruh berat badan wanita yang kemudian dapat melatih otot core (otot inti), lengan, paha, serta pinggul. 

Sementara, wanita juga dapat  melatih otot paha dan lengan dengan menarik dirinya ke atas dan ke bawah. Bila wanita bersandar ke dinding, jumlah kalori yang terbakar akan berkurang. 

2. Doggy style

Posisi doggy style akan melibatkan pria dengan gerakan pada otot bokong dan paha depan. Sementara, pada wanita, doggy style akan melibatkan otot trisep, bahu, dan punggung atas.

Wanita juga akan merasakan latihan pada otot punggung bagian bawah karena perlu menggerakkan area panggul dengan gerakan dorong dan tarik saat melakukan penetrasi. 

Posisi yang satu ini juga dapat membakar lebih banyak kalori bila dilakukan dengan sedikit modifikasi. Misalnya dengan mengangkat salah satu kaki (untuk wanita), sehingga bertumpu pada satu kaki saja. Dengan begitu, otot core akan bekerja lebih keras untuk menyeimbangkan tubuh. 

Menjaga keseimbangan tubuh dalam posisi seks yang satu ini akan lebih menantang dan membuat otot-otot tubuh bekerja lebih ekstra. Rata-rata posisi ini dapat membakar 70 kalori dalam tubuh. 

3. Woman on top 

Bagi para wanita, gaya woman on top yang dilakukan dengan posisi squat akan baik untuk membakar kalori dengan tinggi serta melatih otot paha. 

Wanita bisa melakukan posisi ini dengan menghadap wajah atau kaki pasangannya. Saat melakukan penetrasi dan menggerakkan tubuh dengan gerakan mendorong dan menarik, wanita akan melibatkan otot core, paha, dan pantatnya. 

Secara umum, posisi ini dapat membakar hingga 115 kalori. Namun bila dilakukan selama setengah jam atau lebih, wanita dapat membakar hingga 170 kalori. 

4. Posisi misionaris

Posisi ini adalah salah satu posisi seks yang paling populer dan ramah dilakukan oleh pemula. Namun posisi misionaris hanya akan membakar kalori pria bila wanita hanya berbaring saja.

Secara umum, pada posisi ini pria dapat membakar kalori sebanyak 143 kalori dan wanita sebanyak 44 kalori bila hanya berbaring. 

Sebaliknya, bila dilakukan dengan beberapa variasi, posisi ini juga dapat membuat wanita melepaskan banyak kalori yang melibatkan latihan otot glute (pantat). Posisi misionaris diketahui dapat membantu membakar kalori sebanyak 60 hingga 150 kalori. 

5. Posisi wheelbarrow

Bagi wanita maupun pria posisi wheelbarrow ini dapat membakar hingga 100 kalori dan melatih otot bahu serta lengan. 

Untuk melakukan posisi ini, pria harus berdiri dan menahan berat badan wanita dengan mengangkat kedua kaki pasangannya. Posisi ini akan melatih otot di area lengan dan pantat pria. 

Sedangkan bagi wanita, posisi wheelbarrow mengharuskan tubuh seimbang dengan kekuatan mengandalkan kekuatan otot lengan dan bahu.

Posisi ini wajib dicoba karena mirip dengan olahraga push up tapi lebih menyenangkan dan tentunya berpotensi membakar lemak kamu dan pasangan.

Baca juga: 7 Posisi Hubungan Seks Ini Bisa Memperbesar Peluang Kehamilan Lho!

Tips untuk meningkatkan kalori yang terbakar saat seks 

Nah, supaya kalori yang terbakar saat berhubungan seks menjadi lebih banyak, ada beberapa langkah yang dapat kamu coba dengan pasanganmu, misalnya: 

  • Melakukan hubungan seks dengan durasi yang lebih lama
  • Mengerang dan mendesah
  • Bereksperimen dengan  mencoba posisi seks baru agar beberapa bagian tubuh mendapat gerakan berulang yang dapat melatih otot
  • Cobalah untuk berada di atas karena akan membutuhkan lebih banyak energi
  • Cobalah berhubungan seks di tempat yang penuh dengan uap. Ketika suhunya semakin hangat, tubuh akan lebih banyak berkeringat dan semakin banyak kalori yang terbakar. 

Pada akhirnya, seks memang dapat membakar kalori tubuh tetapi tidak dapat menggantikan pentingnya aktivitas olahraga. Di samping itu kerja sama antara pasangan dalam berhubungan seks juga sangat penting untuk mendapatkan sensasi kenikmatan yang lebih jauh. 

Lebih dari itu, seks juga merupakan aktivitas yang menyehatkan untuk pasangan. Selain lebih bahagia, kehidupan seks yang baik dengan pasangan akan membuatmu memiliki tubuh yang lebih bugar. 

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar seks? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    Berita Terkait
    register-docotr