Info Sehat

Wajib Tahu, Ini Efek Tungau Scabies pada Manusia!

March 29, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Scabies merupakan satu masalah kulit yang disebabkan oleh tungau bernama Sarcoptes scabiei. Jika tidak diatasi, tungau penyebab scabies pada manusia ini bisa hidup di kulit berbulan-bulan dan bereproduksi, menggali kulit dan meninggalkan telur di sana.

Masalah kulit ini sangat menular, karena bisa menyebar dengan mudah dari satu orang terinfeksi ke yang lainnya hanya melalui kontak kulit langsung. Selain itu, penyebaran juga bisa terjadi lewat pakaian dan tempat tidur yang sudah terkontaminasi tungau ini.

Penyebab scabies

Tungau Sarcoptes scabiei adalah penyebab utama masalah kulit ini. Setelah masuk ke dalam kulit manusia, tungau betina akan bertelur di dalam ‘terowongan’ dalam kulit yang dia gali. 

Setelah menetas, larva akan bergerak ke permukaan kulit dan menyebar ke seluruh tubuh atau inang lain yang melakukan kontak fisik dengan orang pertama yang sudah memiliki tungau ini.

Tungau penyebab scabies tidak hanya hidup pada kulit manusia saja. Anjing dan kucing pun dapat menjadi spesies yang tempat hidup mereka. Meskipun demikian, masing-masing spesies inang memiliki spesies tungau yang berbeda-beda.

Efek dan gejala tungau scabies pada manusia

Setelah terjadi paparan awal, gejala dari masalah kulit ini akan muncul dalam waktu 4-8 minggu. Gejala biasanya berkembang lebih cepat jika kamu pernah mengalami scabies sebelumnya.

Tanda utama dari gejala paparan tungau scabies pada maunusia adalah ruam dan gatal yang sangat intens. Rasa gatal ini terutama lebih terasa parah pada malam hari. 

Garukan terus-menerus di wilayah kulit yang terinfeksi scabies dapat membuat area tersebut terinfeksi lebih parah. Jika ini sudah terjadi, maka kamu mungkin akan membutuhkan penanganan ekstra dengan antibiotik untuk infeksi kulit.

Ruam yang muncul biasanya berupa benjolan karena gigitan kecil yang gatal di bawah kulit atau bintil kecil seperti jerawat. Lubang saluran yang dibuat oleh tungau betina biasanya akan terlihat karena agak menonjol atau memiliki warna yang berbeda di kulit.

Jenis-jenis scabies

Meskipun hanya ada satu jenis tungau yang dapat menyebabkan scabies pada manusia, tapi tungau ini dapat menimbulkan beberapa jenis scabies sebagai berikut:

Typical scabies

Jenis ini yang paling umum terjadi. Biasanya akan timbul ruam yang gatal di tangan, pergelangan tangan,  dan wilayah lainnya. Meskipun demikian, jenis scabies ini tidak akan terjadi di wajah dan kulit kepala.

Nodular scabies

Tipe ini bisa menimbulkan benjolan yang menonjol dan gatal, terutama di wilayah area kelamin, ketiak atau selangkangan.

Norwegian scabies

Disebut juga dengan crusted scabies. Jenis ini yang terparah dan sangat menular. Mereka yang mengalami scabies ini akan memiliki lapisan kerak yang tebal di kulit dengan ribuan tungau serta telurnya.

Kondisi ini biasanya terjadi jika kamu memiliki sistem imun yang lemah. Bisa disebabkan oleh penyakit seperti HIV atau AIDS, penggunaan obat atau steroid tertentu, serta jika kamu sedang melewati perawatan kemoterapi.

Di mana tungau scabies hidup pada kulit manusia?

Lokasi kulit tempat tungau scabies hidup pada anak-anak remaja dan orang dewasa biasanya berada di:

  • Pergelangan tangan
  • Siku
  • Ketiak
  • Puting
  • Penis
  • Pinggang
  • Bokong
  • Area di antara jari

Sementara pada bayi, balita, lansia dan orang dengan masalah imun, scabies biasanya berada pada wilayah berikut ini:

  • Kepala
  • Wajah
  • Leher
  • Tangan
  • Telapak kaki

Bagaimana penularan tungau scabies pada manusia?

Scabies biasanya menyebar melalui kontak langsung dengan orang yang sudah memiliki tungau ini di kulit mereka. 

Pada umumnya, dibutuhkan kontak yang sering atau berkepanjangan dengan orang yang sudah terinfeksi sebelumnya. Sekadar pelukan atau jabat tangan sekejap tidak akan menyebarkan tungau ini.

Scabies menyebar dengan mudah lewat pasangan seksual atau anggota keluarga di rumah. Pada orang dewasa, biasanya hubungan seksual menjadi salah satu jalan penyebaran scabies, meskipun demikian scabies bukan penyakit menular seksual.

Scabies juga bisa menyebar lewat berbagi pakaian, handuk, atau tempat tidur yang sudah digunakan oleh orang yang terinfeksi. 

Tempat umum penularan scabies

Selain rumah, tempat penularan scabies yang memungkinkan adalah:

  • Sekolah
  • Rumah perawatan untuk lansia
  • Fasilitas rehabilitasi
  • Kamar ganti di fasilitas olahraga
  • Asrama

Bagaimana cara mencegah tungau scabies pada manusia?

Cara terbaik untuk mencegah paparan scabies adalah menghindari kontak kulit langsung dengan orang yang sudah menjadi inang tungau penyebab penyakit ini. Akan sangat baik jika pakaian atau tempat tidur yang sudah digunakan orang yang memiliki tungau ini segera dibersihkan.

Tungau scabies bisa hidup selama 3-4 hari setelah hinggap di tubuh kamu. Maka kamu harus segera melakukan tindakan pencegahan.

Untuk itu, cuci pakaian, seprai, handuk, bantal dan kasur di air dengan suhu 50 derajat Celsius. Setelahnya keringkan dengan panas yang sangat tinggi setidaknya selama 10-30 menit.

Demikianlah berbagai penjelasan tentang tungau scabies dan bagaimana efeknya pada manusia. Selalu jaga kesehatan dan hindari paparan tungau penyebab penyakit kulit ini, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. CDC, diakses 25 Maret 2021. Scabies – General Information – Frequently Asked Questions (FAQs)
  2. MedicalNewsToday, diakses 25 Maret 2021. Scabies: Images, symptoms, and treatments
  3. Healthline, diakses 25 Maret 2021. Scabies: Symptoms, Pictures, Treatment & More
    register-docotr