Info Sehat

Tak Cuma Segar, Ini Manfaat Air Nabeez bagi Kesehatan Tubuh

March 28, 2021 | Arianti Khairina | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Air nabeez merupakan minuman hasil rendaman air putih dan buah kurma. Proses pembuatannya mirip seperti infused water, yakni direndam semalaman.

Tak sekadar bisa melepas dahaga, air nabeez juga disebut-sebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Manfaat air nabeez bagi kesehatan tubuh

Seperti dilansir laman Healthline, berikut ini deretan manfaat air nabeez yang mengandung nutrisi buah kurma: 

Mengandung antioksidan alami

Kurma mengandung antioksidan yang menawarkan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko beberapa penyakit. Antioksidan melindungi sel dari radikal bebas, yang merupakan molekul tidak stabil dan dapat menyebabkan reaksi berbahaya di tubuh.

Dibandingkan dengan jenis buah serupa, seperti buah plum kering, kurma tampaknya memiliki kandungan antioksidan paling tinggi. Berikut jenis antioksidan paling ampuh dalam kurma:

  • Flavonoid, antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi peradangan dan telah dipelajari potensinya untuk mengurangi risiko diabetes, penyakit Alzheimer, dan jenis kanker tertentu.
  • Karotenoid, terbukti meningkatkan kesehatan jantung dan juga dapat mengurangi risiko gangguan terkait mata, seperti degenerasi makula.
  • Asam fenolat, dikenal karena sifat anti-inflamasi, asam fenolat dapat membantu menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.

Meningkatkan kesehatan otak

Konsumsi kurma dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Studi laboratorium telah menemukan kurma untuk membantu menurunkan penanda inflamasi, seperti interleukin 6 (IL-6), di otak.

Tingkat IL-6 yang tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit neurodegeneratif yang lebih tinggi seperti Alzheimer.

Sifat potensial penguat otak pada kurma telah dikaitkan dengan kandungan antioksidannya yang dikenal dapat mengurangi peradangan, termasuk flavonoid. 

Meningkatkan kelahiran normal

Kurma telah dipelajari untuk potensinya dalam meningkatkan dan memudahkan persalinan jangka panjang pada wanita hamil.

Makan buah-buahan ini selama beberapa pekan terakhir kehamilan dapat meningkatkan pelebaran serviks dan menurunkan kebutuhan persalinan yang diinduksi. 

Dalam sebuah penelitian, 69 wanita yang mengonsumsi 6 kurma per hari selama 4 pekan sebelum tanggal perkiraan lahir 20 persen lebih mungkin untuk melahirkan secara alami.

Selain itu, kurma mengandung tanin, yang merupakan senyawa yang telah terbukti membantu memfasilitasi kontraksi. Mereka juga merupakan sumber gula dan kalori alami yang baik, yang diperlukan untuk menjaga tingkat energi selama persalinan. 

Menjaga kesehatan tulang

Air nabeez yang merupakan air dari campuran kurma mengandung beberapa mineral, termasuk fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium.

Seluruh kandungan dalam kurma berpotensi untuk mencegah masalah pada tulang, termasuk osteoporosis.

Mengontrol gula darah

Walaupun memiliki rasa yang manis, tetapi kurma tidak menyebabkan peningkatan gula darah. Perlu kamu ketahui, air nabeez justru dapat menjaga gula darah tetap stabil karena memiliki indeks glikemik yang rendah.

Oleh sebab itu, air nabeez sangat baik dikonsumsi untuk altenatif bagi kamu yang ingin membatasi asupan gula. Namun, agar tetap sehat, air nabeez yang dikonsumsi sebaiknya tidak ditambahkan gula atau pemanis tambahan.

Baca juga: Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil, Cegah Anemia hingga Cacat Lahir pada Bayi

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline.com (2018) diakses pada 26 Maret 2021. 8 Proven Health Benefits of Dates
  2. Medlife.com (2019) diakses pada 26 Maret 2021. 20 Health Benefits of Dates: Recipes and Types 
    register-docotr