Info Sehat

Benarkah Suntik Skleroterapi Jadi Cara Paling Efektif Hilangkan Varises?

June 16, 2021 | Arianti Khairina | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Varises yang tidak segera diobati bisa menyebabkan rasa nyeri yang hebat akibat bocornya pembuluh darah. Demi mengatasi hal tersebut, salah satu cara mengatasinya dengan suntik varises atau disebut skleroterapi.

Apa itu skleroterapi?

Melansir penjelasan dari laman Medical News Today, pengobatan suntik varises ini disebut juga sebagai skleroterapi.

Skleroterapi adalah suatu bentuk pengobatan di mana dokter menyuntikkan obat ke dalam pembuluh darah atau pembuluh getah bening yang menyebabkannya menyusut. 

Hal ini biasa digunakan untuk mengobati varises atau yang disebut spider veins. Prosedurnya non-bedah, karena hanya membutuhkan suntikan saja.

Cara ini juga dapat digunakan untuk mengobati gangguan pembuluh darah dan getah bening yang menyebabkan pembuluh tidak terbentuk dengan benar.

Skleroterapi ini menggunakan larutan yang mengiritasi disebut sclerosant, dan disuntikkan langsung ke pembuluh darah atau pembuluh getah bening.

Solusinya mengiritasi pembuluh darah, menyebabkannya membengkak. Pembengkakan ini memotong aliran darah atau cairan limfatik dan pembuluh menyusut.

Apakah skleroterapi efektif menghilangkan varises? 

Menurut penjelasan Mayo Clinic, dalam prosedur ini, dokter akan menyuntikkan pada varises berukuran kecil dan sedang dengan larutan atau busa yang membuat bekas luka menutup pembuluh darah tersebut. Dalam beberapa minggu, varises yang dirawat akan memudar.

Meskipun vena yang sama mungkin perlu disuntikkan lebih dari sekali. Perlu kamu ketahui bahwa melakukan dengan cara skleroterapi ini tentu akan efektif apabila dilakukan dengan benar. Skleroterapi tidak memerlukan anestesi.

Kondisi apa yang ditangani skleroterapi?

Skleroterapi paling sering digunakan untuk mengobati varises. Varises juga dikenal sebagai insufisiensi vena kronis.

Varises terjadi ketika pembuluh darah membengkak dan menonjol, biasanya terjadi pada bagian kaki. Ini karena dinding vena yang lemah, dan pada gilirannya melemahkan katup vena. Akibatnya, darah menggenangi pembuluh darah, menyebabkannya membengkak dan terlihat berbeda.

Varises mungkin menyakitkan dan dapat menyebabkan masalah kulit, termasuk ruam. Dengan mengecilkan pembuluh darah, skleroterapi mengurangi efek kerusakan pembuluh darah, membuat varises kurang terlihat dan tidak terlalu menyakitkan.

Skleroterapi juga digunakan untuk mengobati beberapa kondisi lain, seperti: 

  • Pembuluh limfe yang cacat, yaitu pembuluh yang membawa cairan limfatik atau getah bening, dan membantu sistem kekebalan melawan infeksi.
  • Wasir, skleroterapi dapat digunakan ketika perawatan lain gagal. Wasir terjadi ketika pembuluh darah, di sekitar rektum, membengkak dan menjadi iritasi, menyebabkan rasa sakit dan membuat buang air besar tidak nyaman. 
  • Hidrokel, adalah perkembangan cairan yang tidak sehat di rongga tubuh. Hidrokel sering terjadi pada testis.

Efek samping sementara suntik varises

Beberapa efek samping yang mungkin terjadi pada tempat penyuntikan skleroterapi antara lain:

  • Memar.
  • Mengangkat area merah.
  • Luka kulit kecil.
  • Kulit gelap berupa garis-garis atau bintik-bintik.
  • Beberapa pembuluh darah merah kecil.

Efek samping ini biasanya hilang dalam beberapa hari hingga beberapa minggu. Beberapa efek samping dapat memakan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk menghilang sepenuhnya.

Efek samping suntik varises yang membutuhkan pengobatan

Komplikasi atau efek samping lain setelah melakukan suntik varises ini memang kurang umum tetapi mungkin ada juga yang bisa mengalaminya dan membutuhkan perawatan, seperti:

Peradangan

Ini biasanya ringan tetapi dapat menyebabkan pembengkakan, dan ketidaknyamanan di sekitar tempat suntikan. Dokter mungkin menyarankan pereda nyeri yang dijual bebas seperti aspirin atau ibuprofen untuk mengurangi peradangan.

Pembekuan darah

Benjolan darah beku dapat terbentuk pada vena yang sedang dalam proses perawatan dan membutuhkan drainase. Jarang, bekuan darah dapat berjalan ke vena yang lebih dalam di kaki atau disebut kondisi deep vein thrombosis.

Trombosis vena dalam membawa risiko emboli paru yaitu komplikasi skleroterapi yang sangat jarang terjadi, situasi darurat di mana bekuan darah mengalir dari kaki ke paru-paru dan menyumbat arteri vital.

Namun jika kamu mengalami kesulitan bernapas, nyeri dada atau pusing, dan batuk darah segera cari pertolongan medis. 

Gelembung udara

Gelembung udara kecil dapat naik ke aliran darah. Ini tidak selalu menimbulkan gejala, tetapi jika memang demikian, gejalanya termasuk gangguan penglihatan, sakit kepala, pingsan, dan mual.

Gejala-gejala ini umumnya hilang, tetapi hubungi dokter jika mengalami masalah dengan gerakan atau sensasi anggota badan setelah prosedur.

Reaksi alergi

Mungkin saja kamu memiliki reaksi alergi terhadap larutan yang digunakan untuk pengobatan, tetapi hal ini jarang terjadi.

Baca juga: Varises Bikin Tidak Nyaman? Ini Ragam Pilihan Pengobatannya

Biaya suntik varises

Cakupan biaya dan asuransi untuk skleroterapi tergantung pada apakah perusahaan asuransi menilai prosedur itu perlu secara medis. Ketika spider veins hanya diklaim sebagai perawatan kosmetik, asuransi mungkin tidak menanggung prosedurnya.

Beberapa perusahaan asuransi mungkin mengharuskan orang untuk mencoba prosedur lain sebelum mencoba skleroterapi, seperti cryotherapy untuk membekukan pembuluh darah.

Ketika skleroterapi digunakan untuk kondisi lain, seperti wasir, itu ditanggung jika diperlukan secara medis.

Ini mungkin memerlukan dokter untuk menunjukkan bahwa perawatan lain telah gagal atau bahwa skleroterapi kemungkinan merupakan perawatan yang paling aman dan paling efektif.

Umumnya untuk melakukan skleroterapi ini akan membutuhkan biaya yang berbeda-beda di setiap fasilitas kesehatan rentang biayanya sekitar 500 ribu hingga 1 juta rupiah.

Kemudian bagi kamu yang sedang hamil, menderita beberapa penyakit seperti diabetes, penyakit sumbatan pembuluh darah, hepatitis, dan AIDS sangat disarankan untuk tidak mencoba cara skleroterapi.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Medicalnewstoday.com (2017) diakses pada 14 Juni 2021. What is sclerotherapy?
  2. Mayoclinic.org (2021) diakses pada 14 Juni 2021. Sclerotherapy
  3. Mayoclinic.org (2021) diakses pada 14 Juni 2021. Varicose veins

 

    register-docotr