Info Sehat

Sakit Gigi Datang Tiba-tiba? Redakan Gejalanya dengan Pijat Refleksi pada Titik Ini!

August 2, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Sakit gigi memang tidak nyaman dan menghambat aktivitas. Untuk meredakan sakitnya, banyak orang yang mengunjungi dokter gigi atau meminum obat pereda nyeri. Namun, tahukah kamu bisa melakukan pijat refleksi untuk sakit gigi untuk meredakan sakitnya?

Rasa sakit yang ditimbulkan oleh kondisi ini dapat berkisar dari nyeri yang ringan hingga hebat. Ini juga dapat berlangsung secara konstan atau dapat datang dan pergi.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Ini Pilihan Obat Sakit Gigi Aman untuk Anak

Pijat untuk sakit gigi

Sakit gigi terjadi ketika saraf pada gigi menjadi rusak atau teriritasi. Saraf kemudian memberikan sinyal kepada otak, yang dialami oleh seseorang sebagai rasa sakit.

Namun, yang perlu diingat pijat sakit gigi tidak dapat mengatasi penyebab sakit gigi, melainkan hanya meringkankan gejalanya untuk sementara.

Untuk meringankan gejala sakit gigi, kamu dapat melakukan pijatan pada titik-titik berikut, seperti yang telah dilansir dari Medical News Today.

1. Quanliao atau tulang pipi

Quinliao. Sumber foto: https://www.healthline.com/

Titik pijatan di area ini disebut juga sebagai quanliao. Quanliao sendiri diterjemahkan sebagai celah tulang pipi. Titik pijatan ini berada di bawah tulang pipi.

Untuk menemukan quanliao, kamu harus menarik garis langsung dari sudut luar mata ke lekukan tulang pipi. Melakukan pijatan di sini dapat membantu meringankan sakit gigi serta hidung tersumbat.

2. Jiache atau tulang rahang

Jiache. Sumber foto: https://acupressurepointsguide.com/

Jiache atau yang juga diartikan sebagai tulang rahang, merupakan titik pijat untuk sakit gigi selanjutnya guna untuk meredakan nyeri. Titik pijatan ini berada di antara sudut mulut dan di bagian bawah daun telinga.

Untuk menemukan jiache, kamu harus mengepalkan rahang yang nantinya kamu dapat merasakan otot-otot yang tertekuk di pipi. Melakukan pijatan pada titik ini, dapat membantu mengurangi gejala sakit gigi, pembengkakan, serta mengurangi rasa sakit atau kejang pada rahang.

3. He gu atau di antara ibu jari dan jari telunjuk

He Gu. Sumber foto: https://www.internalartsinternational.com/

Titik pijat ini berada di jaringan kulit antara ibu jari dan jari telunjuk. Melakukan pijatan di area ini dapat membantu meredakan sakit gigi, sakit kepala, dan serta sakit lainnya pada area wajah. Tak hanya itu saja, ini juga dapat meredakan peradangan.

Akan tetapi, titik pijatan di area ini sangat tidak dianjurkan dilakukan pada ibu hamil.

4. Jian jing atau otot bahu

Jian Jing. Sumber foto: https://www.healthline.com/

Titik pijat untuk sakit gigi selanjutnya yang dapat kamu coba lakukan untuk meredakan sakit gigi adalah berada di otot bahu, lebih tepatnya di antara leher dan ujung bahu.

Kamu dapat melakukan gerakan mencubit otot menggunakan ibu jari dan jari tengah, kemudian memberikan tekanan pada jari telunjuk, sambil perlahan-lahan melepaskan cubitan.

Melakukan pijatan pada area ini membantu untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan akibat sakit gigi serta sakit rahang. Untuk mengaktifkan titik pijatan ini pada wanita hamil harus sangat berhati-hati.

Apakah efektif melakukan pijat untuk sakit gigi?

Sebuah tinjauan pada 2017 mencatat bahwa World Health Organization (WHO) mendaftarkan teknik pemijatan atau akupuntur dan akupresur sebagai perawatan efektif untuk sakit gigi pada 2003.

Akupresur sendiri merupakan bentuk pengobatan alami dan holistik, yang merupakan tindakan memberikan tekanan pada titik tertentu di tubuh. Tekanan memberi sinyal pada tubuh untuk meredakan ketegangan, mengatasi aliran darah, serta mengurangi rasa sakit.

Kamu dapat melakukan teknik pijatan ini dengan memijat sendiri, dengan teman, atau mengunjungi profesional.

Meskipun demikian, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa, teknik ini tidak dapat mengatasi penyebab dari sakit gigi itu sendiri, tetapi lebih mengurangi rasa sakit yang ditimbulkannya untuk sementara waktu.

Kapan harus berkunjung ke dokter?

Pijat untuk sakit gigi tidak boleh digunakan sebagai pengganti kunjungan ke dokter gigi. Akan tetapi, ini hanya dapat dilakukan untuk mengurangi rasa sakit sementara sampai kamu mengunjungi dokter sesuai dengan jadwal kunjungan yang telah ditentukan.

Kamu juga harus segera mengunjungi dokter jika:

  • Rasa sakit semakin memburuk dan tidak tertahankan
  • Mengalami demam
  • Terjadi pembengkakan pada mulut, wajah, atau leher
  • Kesulitan untuk menelan atau bernapas
  • Terjadi perdarahan dari mulut

Pijat sakit gigi memang dapat mengurangi gejala untuk sementara waktu. Namun, jika kamu merasakan sakit ketika mempraktikan teknik ini, sebaiknya janganlah dilanjutkan. Akan lebih baik jika kamu berkonsultasi terlebih dahulu sebelum melakukannya.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

Healthline (2018). Diakses pada 28 Juli 2020. Acupressure Points for Toothaches

International Journal of Orthodontic Rehabilitation (2017). Diakses pada 28 Juli 2020. Acupressure Therapy in Orthodontics: A Review 

Medical News Today (2020). Diakses pada 28 Juli 2020. What Are the Best Pressure Points for Treating Toothache? 

    Berita Terkait
    register-docotr