Info Sehat

Ini Manfaat Kesehatan bagi Tubuh Jika Kamu Berhenti Merokok

July 22, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Perubahan signifikan akan terjadi pada tubuh setelah berhenti merokok. Semakin lama durasi kamu berhenti merokok, semakin berkurang risiko kamu terkena penyakit-penyakit berbahaya.

Saat merokok, kamu akan melepaskan ribuan zat kimia ke dalam tubuh, zat-zat ini bukan hanya merusak paru-paru, tapi juga struktur lain di dalam tubuh. Meskipun kamu sudah menjadi perokok bertahun-tahun, kondisi ini masih bisa diperbaiki, lho!

Nah, untuk itu, kamu harus paham seperti apa perubahan tubuh setelah berhenti merokok berikut ini:

20 menit sejak rokok terakhir

Efek positif dari berhenti merokok pada tubuh dapat dimulai sejak 20 menit dari rokok terakhir. Di sini, tekanan darah dan denyut kamu akan kembali ke level normal.

Lebih jauh, serat-serat di dalam tuba bronkus yang tadinya tidak bergerak dengan baik karena paparan konstan dari asap akan bergerak kembali. 

Kondisi ini akan memberikan manfaat pada paru-paru, karena serat-serat ini dapat membantu menyingkirkan bakteri dan material jahat dari paru-paru dan membuat risiko infeksi di paru-paru menjadi berkurang.

8 jam sejak rokok terakhir

Perubahan tubuh setelah berhenti merokok 8 jam adalah level karbon monoksida dalam tubuh akan kembali normal. 

Karbon monoksida adalah senyawa kimia di dalam rokok yang bisa menggantikan partikel oksigen di dalam darah sehingga membuat jaringan sel kekurangan oksigen yang seharusnya mereka terima.

Dan saat karbon monoksida hilang, maka level oksigen akan meningkat ke level normal. Peningkatan oksigen ini akan mengembalikan lagi jaringan dan pembuluh darah menjadi normal setelah sebelumnya kekurangan oksigen saat kamu merokok.

1 hari sejak rokok terakhir

Hanya dalam waktu 1 hari saja berhenti merokok, kamu akan mengurangi risiko terkena serangan jantung, lho!

Semakin sering kamu merokok, kamu akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner. Hal ini karena merokok akan membuat kolesterol baik menjadi rendah sehingga kamu akan kesulitan melakukan olahraga yang bisa menyehatkan jantung.

Merokok juga dapat meningkatkan tekanan darah serta pembekuan darah yang berisiko pada penyakit stroke.

Oleh karena itu, perubahan tubuh setelah berhenti merokok hari pertama adalah tekanan darah akan turun, sehingga risiko penyakit jantung juga menurun. Dalam waktu ini, level oksigen dalam tubuh kamu akan meningkat, sehingga jantung juga akan menjadi lebih sehat.

2 hari sejak rokok terakhir

Merokok dapat membuat saraf kamu menjadi rusak. Terutama yang berkaitan dengan kemampuan mengecap dan membaui.

Dan perubahan yang terjadi pada tubuh setelah berhenti merokok dua hari adalah saraf-saraf yang tadinya rusak ini akan tumbuh kembali. Kamu akan menyadari kalau kemampuan untuk mengecap dan membaui menjadi lebih baik.

3 hari sejak rokok terakhir

Dalam waktu 3 hari, perubahan tubuh setelah berhenti merokok adalah level nikotin akan menipis. Meskipun akan lebih sehat kalau tidak ada kandungan nikotin dalam tubuh, penipisan awal ini akan membuat kamu terkena nicotine withdrawal.

Kondisi ini adalah saat tubuh kamu mendesak agar asupan nikotin dalam tubuh kembali tinggi. Nicotine withdrawal ini tidak akan menyerang fisik, mental dan emosi kamu.

Itu sebabnya di hari ketiga tanpa rokok kamu akan merasa sakit kepala, insomnia hingga berhasrat kembali untuk merokok karena tubuh mulai menyesuaikan diri tanpa nikotin.

Masa ini akan krusial untuk tubuh kamu hingga seminggu ke depan. Kalau kamu bisa bertahan tidak merokok selama seminggu, peluang untuk berhenti total menjadi sembilan kali lebih tinggi.

2 minggu sejak rokok terakhir

Perubahan tubuh sejak berhenti merokok selama dua minggu adalah kamu menjadi lebih mudah untuk bernapas dan langkah pun menjadi lebih enteng. Hal ini karena sirkulasi darah dan oksigen jauh lebih baik.

Satu bulan sejak rokok terakhir

Perubahan signifikan tubuh setelah berhenti merokok dalam sebulan adalah kamu akan merasakan energi di dalam diri menjadi lebih banyak. 

Kamu pun akan merasakan beberapa gejala penyakit yang biasanya hadir kalau merokok seperti mampet di sinus dan napas yang pendek saat berolahraga akan hilang di periode ini.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Medicalnewstoday.com (2018) diakses 19 Juli 2020. https://www.medicalnewstoday.com/articles/317956
  2. Healthline.com (2018) diakses 19 Juli 2020. https://www.healthline.com/health/what-happens-when-you-quit-smoking
  3. Webmd.com (2019) diakses 19 Juli 2020. https://www.webmd.com/smoking-cessation/understanding-nicotine-withdrawal-symptoms#1
    register-docotr