Info Sehat

6 Penyebab Hb Rendah: Kurang Nutrisi hingga Tanda Penyakit Serius

November 22, 2020 | Muhammad Hanif S.
no-image

Sama seperti komponen darah lainnya, hemoglobin (Hb) punya peran penting dalam proses metabolisme. Kurangnya kadar Hb bisa mengganggu beberapa mekanisme di dalam tubuh. Mengetahui berbagai penyebab Hb rendah dapat membantumu untuk meminimalkan kondisi ini.

Apa saja hal yang bisa menyebabkan penurunan kadar hemoglobin? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Apa itu hemoglobin?

Hemoglobin adalah protein dalam sel darah merah (eritrosit) yang kaya akan zat besi, berfungsi mengikat dan membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

Dilansir dari Medical News Today, setiap protein Hb dapat membawa empat molekul oksigen untuk diedarkan. Di dalam tubuh, terdapat miliaran sel yang membutuhkan oksigen untuk memperbaiki dan menjalankan sistem masing-masing.

Karena memiliki fungsi yang sangat penting, maka kadar dari hemoglobin harus berada di rentang normal. Untuk pria, kadar Hb di bawah 13 g/dL dianggap rendah. Sedangkan untuk wanita tidak hamil, batas minimumnya adalah 12 g/dL.

Bagaimana jika kadar hemoglobin rendah?

Mengutip dari Healthline, kadar Hb rendah dikenal sebagai anemia, yang berarti kamu tidak punya cukup sel darah merah di dalam tubuh. Anemia bisa disebabkan oleh banyak hal, dan gejalanya sangat bervariasi, seperti:

  • Kulit pucat
  • Mudah lelah
  • Sesak napas
  • Detak jantung lebih cepat
  • Sakit di dada
  • Pembengkakan tangan dan kaki
  • Perubahan suhu badan

Jika sel darah merah tidak memiliki cukup hemoglobin, maka ini bisa mengganggu sirkulasi oksigen di dalam tubuh. Ada banyak hal yang dapat ditimbulkan, salah satunya adalah hipoksemia.

Kondisi ini terjadi ketika kadar oksigen dalam darah lebih rendah dari biasanya. Gejala yang biasanya muncul adalah sakit kepala dan sesak napas. Dalam kasus yang parah, hipoksemia dapat mengganggu fungsi jantung dan otak. Jika dibiarkan, keadaan ini bisa membahayakan nyawa.

Berbagai penyebab Hb rendah

Rendahya kadar hemoglobin bisa dipengaruhi oleh banyak hal, mulai dari asupan makanan, faktor kebiasaan, hingga tanda atau komplikasi dari suatu penyakit. Beberapa penyebab Hb rendah di antaranya adalah:

1. Kekurangan zat besi

Seperti yang telah dijelaskan, hemoglobin adalah protein pada sel darah merah yang kaya akan zat besi. Jika asupan zat besi kurang, maka ini bisa menjadi salah satu penyebab Hb rendah.

Zat besi mudah ditemukan pada banyak makanan, seperti bayam, kacang-kacangan, daging merah, dan cokelat hitam.

2. Rendahnya asupan folat

Penyebab Hb rendah berikutnya adalah kurangnya asupan folat. Asam folat merupakan nutrisi yang memainkan peran penting dalam pembentukan sel darah merah dan proteinnya. Maka dari itu, asupannya wajib dipenuhi setiap hari.

Kebutuhan harian asam folat manusia dibedakan berdasarkan usia, yaitu:

  • Usia 6-10 bulan: 65 mikrogram per hari.
  • Usia 7-12 bulan: 80 mikrogram per hari.
  • Usia 1-3 tahun: 150 mikrogram per hari.
  • Usia 4-8 tahun: 200 mikrogram per hari.
  • Usia 9-13 tahun: 300 mikrogram per hari.
  • Usia 14 tahun ke atas: 400 mikrogram per hari.
  • Ibu hamil: 600 mikrogram per hari.
  • Ibu menyusui: 500 mikrogram per hari.

Kamu bisa mendapatkan nutrisi ini dari banyak makanan, seperti telur, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, pepaya, pisang, hati sapi, alpukat, dan jeruk.

Baca juga: Bisa Perbanyak Sel Darah Merah, Ini Fungsi Asam Folat untuk Anemia

3. Kehilangan banyak darah

Kehilangan banyak darah bisa menjadi penyebab Hb rendah. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang kehilangan banyak darah, misalnya operasi, cedera serius, luka yang parah, tukak lambung, dan gangguan usus besar.

Dilansir dari American Society of Hematology, eritrosit mengambil bagian sekitar 45 persen dari total seluruh komponen darah. Akibatnya, jika kamu kehilangan banyak darah, maka kadar eritrosit juga akan ikut terdampak signifikan.

4. Anemia sel sabit

Anemia sel sabit adalah salah satu kelainan darah langka yang harus diwaspadai. Penyakit ini dapat mengubah bentuk sel darah merah menjadi seperti sabit. Sel yang abnormal tersebut akan membawa lebih sedikit hemoglobin.

5. Gangguan sumsum tulang

Sumsum tulang adalah salah satu organ penting yang berfungsi memproduksi banyak komponen darah, termasuk eritrosit. Jika ada gangguan yang terjadi pada sumsum tulang, maka pembentukan sel darah merah beserta hemoglobin bisa terdampak.

Leukemia merupakan salah satu penyakit yang dapat memengaruhi kondisi dan fungsi sumsum tulang.

6. Penyakit ginjal kronis

Penyebab Hb rendah yang terakhir adalah penyakit gagal ginjal kronis (CKD). Saat seseorang mengalami kondisi ini, ginjal tidak lagi berfungsi dengan baik.

Ginjal tidak dapat menghasilkan eritropoietin secara optimal, yaitu hormon yang bisa merangsang produksi sel darah merah di sumsum tulang.

Bagaimana mengatasinya?

Penanganan Hb rendah tergantung pada penyebabnya. Perubahan pola makan dapat membantu meningkatkan kadar Hb di dalam darah. Misalnya, rutin mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi atau folat seperti yang telah dijelaskan.

Sedangkan untuk pemicu lainnya seperti penyakit serius, penanganan hanya dapat dilakukan melalui prosedur medis, baik itu tindakan maupun dengan obat-obatan.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Healthline, diakses 10 November 2020, Hemoglobin Levels: What’s Considered Normal?
  2. Healthline, diakses 10 November 2020, Hemoglobin (Hgb) Test Results.
  3. Healthline, diakses 10 November 2020, 12 Healthy Foods That Are High in Iron.
  4. Healthline, diakses 10 November 2020, What Is Hypoxemia?
  5. Medical News Today, diakses 10 November 2020, What’s to know about hemoglobin levels?
  6. American Society of Hematology, diakses 10 November 2020, Blood Basics.
  7. National Institutes of Health (NIH), diakses 10 November 2020, Folate.

    Berita Terkait
    register-docotr