Info Sehat

Mengenal Perawatan Paliatif, Perawatan Holistik untuk Penyembuhan Kanker

February 16, 2021 | Arianti Khairina | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Walaupun sangat mematikan, tetapi kanker adalah salah satu penyakit yang bisa disembuhkan dengan menjalani beragam pengobatan dan faktor penentu. Tak hanya kemoterapi, tetapi hingga perawatan paliatif.

Namun apakah kamu sudah tahu apa itu perawatan paliatif? Simak penjelasannya yuk. 

Apa itu perawatan paliatif?

Melansir penjelasan dari laman National Cancer Institute, perawatan paliatif merupakan perawatan yang diberikan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien yang memiliki penyakit serius atau mengancam nyawa, seperti kanker. 

Perawatan paliatif adalah pendekatan perawatan yang menangani orang secara keseluruhan, bukan hanya penyakitnya.

Tujuannya adalah untuk mencegah atau mengobati sedini mungkin gejala dan efek samping penyakit serta pengobatannya, selain masalah psikologis, sosial, dan spiritual yang terkait. 

Perawatan paliatif juga disebut perawatan kenyamanan, perawatan suportif, dan manajemen gejala. Pasien dapat menerima perawatan paliatif di rumah sakit, klinik rawat jalan, fasilitas perawatan jangka panjang, atau di rumah di bawah arahan dokter.

Siapa yang memberikan perawatan paliatif?

Perawatan paliatif biasanya diberikan oleh spesialis perawatan paliatif, praktisi perawatan kesehatan yang telah menerima pelatihan khusus dan / atau sertifikasi dalam perawatan paliatif.

Mereka memberikan perawatan holistik kepada pasien dan keluarga atau pengasuh yang berfokus pada masalah fisik, emosional, sosial, dan spiritual yang mungkin dihadapi pasien kanker selama mengalami kanker.

Seringkali, spesialis perawatan paliatif bekerja sebagai bagian dari tim multidisiplin yang mungkin termasuk dokter, perawat, ahli diet terdaftar, apoteker, pendeta, psikolog, dan pekerja sosial.

Tim perawatan paliatif bekerja sama dengan tim perawatan onkologi untuk mengelola perawatan dan mempertahankan kualitas hidup terbaik.

Spesialis perawatan paliatif juga memberikan dukungan pengasuh, memfasilitasi komunikasi di antara anggota tim perawatan kesehatan, dan membantu diskusi yang berfokus pada tujuan perawatan untuk pasien.

Masalah apa saja yang diatasi dalam perawatan paliatif?

Seperti dilansir dari laman National Cancer Institute, efek fisik dan emosional dari kanker dan pengobatannya mungkin sangat berbeda dari orang ke orang. Perawatan paliatif dapat mengatasi berbagai masalah, dengan mengintegrasikan kebutuhan spesifik individu ke dalam perawatan. 

Seorang spesialis pengobatan paliatif akan mempertimbangkan masalah berikut untuk setiap pasien:

Fisik

Gejala fisik yang umum termasuk nyeri, kelelahan, kehilangan nafsu makan, mual, muntah, sesak napas, dan insomnia.

Emosional

Spesialis perawatan paliatif dapat menyediakan sumber daya untuk membantu pasien dan keluarga menghadapi emosi yang datang dengan diagnosis kanker dan pengobatan kanker.

Depresi, kecemasan, dan ketakutan hanyalah beberapa dari kekhawatiran yang dapat diatasi melalui pengobatan paliatif.

Rohani

Dengan diagnosis kanker, pasien dan keluarga sering kali melihat lebih dalam makna hidup mereka.

Beberapa orang merasa penyakit itu membawa mereka lebih dekat dengan iman atau keyakinan spiritual mereka. Sedangkan yang lain berjuang untuk memahami mengapa kanker menimpa mereka. 

Seorang ahli dalam perawatan paliatif dapat membantu orang mengeksplorasi keyakinan dan nilai mereka sehingga mereka dapat menemukan rasa damai atau mencapai titik penerimaan yang sesuai dengan situasi mereka.

Kebutuhan pengasuh

Anggota keluarga adalah bagian penting dari perawatan kanker. Seperti pasien, kebutuhan mereka akan berubah seiring berjalannya waktu karena beberapa faktor medis. Hal itu umum bagi anggota keluarga yang kewalahan dengan tanggung jawab tambahan yang diberikan kepada mereka. 

Banyak yang merasa kesulitan untuk merawat kerabat yang sakit saat mencoba menangani kewajiban lain, seperti pekerjaan, tugas rumah tangga, dan merawat anggota keluarga lainnya.

Ketidakpastian tentang bagaimana membantu orang yang mereka cintai dengan situasi medis, dukungan sosial yang tidak memadai, dan emosi seperti kekhawatiran dan ketakutan juga dapat menambah stres pada pengasuh.

Tantangan ini dapat membahayakan kesehatan pengasuh sendiri. Spesialis perawatan paliatif dapat membantu keluarga dan teman mengatasi dan memberi mereka dukungan yang mereka butuhkan.

Kebutuhan praktis

Spesialis perawatan paliatif juga dapat membantu dengan masalah keuangan dan hukum, pertanyaan asuransi, dan masalah pekerjaan. 

Membahas tujuan perawatan juga merupakan komponen penting dari perawatan paliatif. Ini termasuk berbicara tentang arahan di muka dan memfasilitasi komunikasi di antara anggota keluarga, pengasuh, dan anggota tim perawatan onkologi.

Kapan perawatan paliatif digunakan dalam perawatan kanker?

Perawatan paliatif dapat diberikan kapan saja di sepanjang rangkaian perawatan kanker, dari diagnosis hingga akhir hidup. Ketika seseorang menerima perawatan paliatif, dia mungkin terus menerima perawatan kanker.

Baca juga: Benarkah Konsumsi Makanan Dibakar Bisa Sebabkan Kanker? Ini Jawabannya!

Apakah ada penelitian yang menunjukkan perawatan paliatif bermanfaat?

Menurut penelitian National Cancer Institute, menunjukkan bahwa perawatan paliatif komponennya bermanfaat bagi kesehatan serta kesejahteraan pasien dan keluarga. 

Dalam beberapa tahun terakhir, penelitian telah menunjukkan bahwa mengintegrasikan perawatan paliatif ke dalam perawatan kanker dapat meningkatkan kualitas hidup dan suasana hati mereka, dan dapat memperpanjang kelangsungan hidup. 

American Society of Clinical Oncology yang seperti dilansir dari laman National Cancer Institute juga merekomendasikan bahwa semua pasien dengan kanker stadium lanjut menerima perawatan paliatif. Berikut ini beberapa jenis perawatan paliatif:

Terapi seni

Terapi ini, memberikan kesempatan untuk pasien kanker belajar mengekspresikan diri, seperti melukis. Tujuannya, untuk mengurangi kecemasan dan meningkatkan ketenangan pada hati dan pikiran. Pada pasien kanker, terapi ini juga bisa membantu meredakan rasa sakit. 

Terapi musik

Penyakit kanker bisa memunculkan rasa sedih, takut, malu, dan berbagai sifat negatif lainnya. 

Pada terapi ini, pasien kanker akan melakukan beragam kegiatan, contohnya mendengarkan musik klasik yang menenangkan hati dan pikiran, menyanyi bersama untuk memperbaiki suasana hati, memainkan alat musik untuk mengelola stres.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Who.int (2021) diakses pada 8 Februari 2021. Palliative care
  2. Medlineplus.gov (2020) diaskes pada 8 Februari 2021. What is palliative care?
  3. Cancer.gov (2017) diakses pada 8 Februari 2021. Palliative Care in Cancer 
    Berita Terkait
    register-docotr