Info Sehat

5 Obat Tipes Alami yang Perlu Kamu Ketahui

December 30, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Ada beragam obat tipes alami yang bisa kamu konsumsi selain obat-obatan dari dokter. Beberapa di antaranya bisa kamu temukan di rumah, lho.

Mengalami tipes atau demam tifoid sungguh membuat tubuh terasa tidak nyaman. Biasanya, penyakit ini disebabkan oleh konsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi oleh bakteri Salmonella typhii. 

Gejala tipes

Dilansir dari laman kesehatan mayoclinic.org, orang yang terserang tipes biasanya akan mengalami beberapa gejala seperti:

  1. Demam ringan yang terus meningkat setiap hari, kemungkinan mencapai 104,9 F (40,5 C)
  2. Sakit kepala
  3. Kelemahan dan kelelahan
  4. Nyeri otot
  5. Berkeringat
  6. Batuk kering
  7. Kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan
  8. Sakit perut
  9. Diare atau sembelit
  10. Ruam
  11. Perut terasa bengkak

Obat tipes alami

Kebanyakan orang yang mengalami tipes atau demam tifoid akan merasa lebih baik beberapa hari setelah mulai melakukan pengobatan antibiotik.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba beberapa obat tipes alami yang bisa dengan mudah kamu temukan di rumah. Beberapa jenis obat tipes alami tersebut antara lain:

1. Kompres air dingin

Mengompres tubuh dengan air dingin merupakan cara paling sederhana yang sering digunakan sebagai obat tipes alami. Langkah ini pun sering dilakukan untuk mengatasi gejala tipes.

Dr. Laxmidutta Shukla dalam laman myuphar.com menyebut kompres air dingin yang dicampur dengan alkohol dapat menurunkan suhu badan dari penderita tipes.

Caranya, kamu bisa lembapkan kain dengan air dingin dan tempatkan di jidat, ketiak hingga abdomen penderita tipes. Meskipun dingin, tapi airnya jangan sedingin es, ya!

2. Bawang putih

Mengutip jurnal ilmiah yang dirilis African Journal of Microbiology Research Vol. 6, bawang putih memiliki sifat antimikroba yang berfungsi untuk membersihkan racun berbahaya dalam tubuh.

Kemampuan yang dimiliki oleh sifat antimikroba ini dipercaya ampuh untuk digunakan sebagai obat tipes alami.

Cara mengonsumsinya pun mudah. Kamu hanya cukup mencampurkan setengah sendok teh bawang putih yang sudah dihancurkan hingga halus ke dalam susu atau teh yang akan kamu konsumsi.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan bawang putih sebagai obat tipes alami tidak dianjurkan untuk bayi dan ibu hamil.

3. Konsumsi cuka sari apel kurangi gejala tipes

Cuka sari apel dipercaya membantu menjaga kadar pH yang tepat dalam tubuh yang berfungsi untuk menarik panas dari kulit dan menurunkan suhu tubuh. Selain itu, cuka sari apel juga mampu mengimbangi kehilangan mineral akibat diare yang dialami sebagai bentuk gejala dari tipes.

Dr. Laxmidutta Shukla dalam laman myuphar.com menyebut cuka apel merupakan antibakteri, antivirus, antijamur dan antiinflamasi alami yang dapat membunuh mikroorganisme berbahaya. 

Kamu bisa mengandalkannya dengan cara menambahkan satu sendok teh cuka apel dalam satu gelas air dan konsumsi cairan ini satu kali sehari.

4. Oralit

Selanjutnya ada oralit. Obat alami ini sudah digunakan sejak lama secara turun temurun untuk mengatasi dehidrasi, menurunkan demam dan mencegah diare yang selalu menjadi gejala tipes.

Kamu bisa membuat oralit sederhana di rumah dengan cara mencampurkan gula, garam dan air hangat secukupnya sesuai takaran yang kamu inginkan.

5. Konsumsi daun basil atau kemangi

Daun kemangi juga bisa menjadi obat tipes alami. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan antibakteri, antivirus dan antijamur dari daun kemangi.

Tanaman ini juga merupakan herbal yang dapat menurunkan panas, sehingga bisa menurunkan demam karena tipes dengan cepat.

Untuk menggunakannya, gunakan 20 daun kemangi, rebus dan tambahkan 1 sendok teh jahe yang sudah digeprek. Saring air tersebut lalu tambahkan sedikit madu dan minum cairan ini dua atau tiga kali sehari untuk merasakan manfaatnya.

Demikianlah berbagai obat tipes alami yang perlu kamu ketahui. Jangan anggap remeh setiap demam yang kamu rasakan, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. mayoclinic.org , diakses 17 Desember 2020.  Typhoid fever – Symptoms and causes
  2. nhs.uk , diakses 17 Desember 2020.  Typhoid fever – Treatment
  3. academicjournals.org , diakses 17 Desember 2020. Inhibitory effect of aqueous garlic (Allium sativum) extract against clinical isolates of Salmonella typhi
  4. myuphar.com, diakses 17 Desember 2020. Home remedies for typhoid fever
    register-docotr