Info Sehat

Pilihan Obat Mata Bengkak, dari yang Ada di Apotek sampai Obat Alami

September 17, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Mata bengkak adalah kondisi saat adanya cairan yang berkumpul di jaringan sekitar mata. Biasanya kamu juga akan merasakan gatal atau nyeri saat mata membengkak. Karenanya kamu membutuhkan obat mata bengkak untuk meredakannya.

Namun, ada banyak hal yang menyebabkan mata bengkak. Mulai dari menangis, bintitan atau hordeolum, blefaritis atau peradangan kelopak mata, penyumbatan kelenjar minyak di kelopak mata atau kalazion hingga alergi. Lalu obat apa yang bisa digunakan untuk meredakan mata bengkak?

Obat mata bengkak yang ada di apotek

Karena ada banyak penyebab, maka obatnya pun ada berbagai macam. Ada yang bisa didapatkan dengan bebas di apotek, atau dengan resep dokter. Berikut beberapa pilihan obat yang bisa didapatkan di apotek.

Obat tetes mata yang mengandung dekongestan

Obat mata jenis ini umumnya bisa digunakan untuk mengatasi mata bengkak akibat iritasi ringan. Iritasi bisa disebabkan debu, asap atau alergi ringan. Di Indonesia, kamu bisa mendapatkan obat matadengan kandungan dekongestan dengan merk rohto, insto atau

Obat mata bengkak mengandung benzalkonium chloride

Kandungan tersebut umumnya digunakan untuk mata bengkak yang diakibatkan iritasi ringan. Obat jenis ini bisa kamu beli di apotek tanpa resep, dalam bentuk obat tetes mata. Insto adalah salah satu merek dagang dari obat mata bengkak yang mengandung benzalkonium chloride.

Selain berbentuk tetes mata, obat ini juga biasanya dijual dalam bentuk cairan pencuci mata. Salah satu merek dagang di Indonesia yaitu y rins. Menggunakan obat ini dapat membantu meredakan bengkak dan membuat mata menjadi lebih segar.

Obat mata mengandung antihistamin

Kandungan antihistamin biasanya digunakan untuk mengatasi masalah mata yang disebabkan karena alergi, bisa mata gatal dan juga bengkak. Obat ini bekerja dengan menghambat gejala alergi. Namun obat ini biasanya membutuhkan resep dokter.

Obat mata bengkak lainnya

Ada beberapa jenis obat lainnya yang juga dapat digunakan dan bisa didapat di apotek seperti:

  • Obat sakit mata yang mengandung campuran dekongestan dan antihistamin, seperti Visine-A, Opcon-A, dan Naphcon-A.
  • Kamu bisa menggunakan obat mata yang mengandung zat antiinflamasi, seperti Acular LS dan Acuvail.
  • Obat mata yang mengandung zat antibakteri, seperti Azasite, Tobrex, dan Polytrim.
  • Terakhir, obat tetes mata yang mengandung steroid, seperti Alrex, Durezol, dan Lotemax.

Namun obat-obat tersebut, bisa digunakan jika kamu memiliki resep dari dokter.

Obat mata bengkak alami tanpa obat

Untuk menentukan obat mata bengkak, kamu perlu mengetahui penyebabnya. Namun ada beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan untuk meringankan pembengkakkan mata, seperti:

Kompres mata

Jika bengkak sangat mengganggu kamu bisa mengompres dengan waslap dan air dengan suhu normal. Lakukan dua kali sehari selama 15 menit. Jika mata bengkak karena penyumbatan kelenjar minyak, ini akan membantu meringankan bengkak.

Kamu juga bisa mengompres mata dengan air dingin untuk meredakan bengkak yang disebabkan karena terlalu lama menangis. Kompres dingin dapat membantu menenangkan mata setelah menangis.

Menggunakan teh hitam

Kamu bisa menggunakan kantung teh hitam dingin untuk mengompres mata. Lakukan beberapa menit untuk membantu meringankan bengkak. Kandungan kafein dalam teh hitam dapat digunakan untuk meredakan pembengkakan.

Menggunakan mentimun

Menggunakan mentimun juga bisa dijadikan alternatif meredakan mata bengkak. Kamu cukup membersihkan mentimun, kemudian iris tipis-tipis.

Kamu bisa mendinginkan mentimun terlebih dahulu di kulkas. Kemudian letakan pada bagian mata yang bengkak. Biarkan hingga timun tidak dingin lagi.

Bilas dengan air

Kamu bisa membilas mata dengan menggunakan air bersih. Ini akan membantu menghilangkan kotoran dalam mata. Termasuk alergen yang masuk ke dalam mata. Alergen adalam hal yang dapat memicu terjadinya alergi. Alergi pada mata umumnya juga mengakibatkan bengkak pada mata.

Untuk membilas mata, kamu juga bisa menggunakan cairan khusus yang bisa didapatkan di apotek. Salah satunya cairan pembilas mata yang mengandung benzalkonium chloride.

Kapan harus ke dokter?

Jika obat mata bengkak di apotek atau pengobatan alami tidak meredakan bengkak dalam 2 hari, sebaiknya kamu konsultasikan ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan. Jika dibutuhkan dokter akan memberikan obat yang lebih kuat dan harus menggunakan resep dokter.

Umumnya obat ini berupa salep, krim atau obat tetes mata dengan kandungan antibiotik. Dokter juga mungkin akan memberikan obat antibiotik dalam bentuk obat minum. Kamu juga mungkin akan mendapatkan obat jenis steroid, untuk membantu penyembuhan.

Demikian penjelasan mengenai obat mata bengkak yang bisa kamu dapatkan. Jika memiliki pertanyaan lain, kamu bisa langsung berkonsultasi dengan dokter kami.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter terkait dengan masalah kesehatan kamu di aplikasi Good Doctor. Dokter terpercaya kami akan membantu dengan layanan 24/7.

Reference
  1. Webmd diakses 14 September 2020 Swollen Eyelid 
  2. Healthline diakses 14 September 2020 Swollen Eyelid: Causes, Treatment, and More
  3. Everydayhealth diakses 14 September 2020 Allergy Relief: Soothing Swollen Eyes 
    Berita Terkait
    register-docotr