Info Sehat

Obat Bersih Darah: Kandungan, Manfaat, Serta Efek Samping

December 27, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Obat bersih darah yang beredar di pasaran memiliki kegunaan dan efek samping tersendiri. Ya, obat ini mudah didapatkan di apotek sehingga banyak yang menggunakannya secara bebas tanpa memerlukan resep dokter.

Salah satu obat bersih darah di pasaran yang bisa digunakan adalah Kapsida. Nah, untuk mengetahui kandungan, manfaat, serta efek samping dari obat ini yuk simak penjelasan lebih lanjutnya berikut.

Baca juga: Manfaat Buah Lontar, sebagai Pemanis bagi Penderita Diabetes hingga Cegah Dehidrasi!

Apa saja kandungan dalam obat bersih darah?

Dikutip dari Kembangbulan.co.id, Kapsida atau kapsul bersih darah dibuat untuk meringankan gatal-gatal, bisul, koreng, serta jerawat. Obat bersih darah satu ini diketahui mengandung buah ketumbar dan sambiloto yang memiliki aktivitas antibakteri.

Dalam sebuah kapsul Kapsida mengandung komposisi, yakni Coriandri Fructus, Centellae Herba, Imperatae Rhizoma, Amomi Fructus, Languatis Rhizoma, Curcumae domesticae Rhizoma, Zingiberis aromaticae Rhizoma, Burmani Cortex, dan Andrographidis Herba.

Manfaat dari penggunaan obat bersih darah

Kandungan dari obat bersih darah Kapsida adalah buah ketumbar dan sambiloto. Beberapa manfaat dari buah ketumbar dan sambiloto yang menjadi kandungan kapsida, yakni sebagai berikut:

Antioksidan

Ketumbar atau Coriander ini berasal dari tanaman Coriandrum sativum di mana berhubungan dengan peterseli, wortel, serta seledri. Banyak yang menggunakan ketumbar dalam masakan, namun terkadang bijinya juga bisa dimanfaatkan dengan cara dikeringkan atau digiling.

Dalam sebuah studi, ketumbar dinyatakan telah terbukti melawan peradangan tubuh karena antioksidan yang terkandung di dalamnya. Tak hanya itu, ketumbar mengandung senyawa antimikroba yang bisa membantu melawan infeksi tertentu dan penyakit bawaan makanan.

Satu penelitian tabung reaksi mengungkapkan bahwa biji ketumbar merupakan salah satu dari beberapa rempah yang dapat melawan bakteri penyebab infeksi saluran kemih atau ISK.

Ketumbar juga memiliki beberapa manfaat untuk kulit, termasuk ruam ringan seperti dermatitis. Studi lain mencatat bahwa antioksidan dalam ekstrak ketumbar bisa membantu mencegah kerusakan sel penyebab penuaan kulit serta kerusakan akibat radiasi ultraviolet B.

Antibakteri

Sambiloto atau disebut juga dengan andrographis merupakan tumbuhan yang digunakan untuk membuat obat. Andrographis sering digunakan untuk mencegah dan mengobati flu biasa dan influenza.

Andrographis paniculata oleh beberapa orang digunakan untuk sakit tenggorokan, batuk, amandel bengkak, bronkitis, dan alergi. Tak hanya itu, obat ini juga dapat membantu mengatasi pengerasan arteri atau aterosklerosis, pencegahan penyakit jantung, dan diabetes. 

Produk dengan kandungan sambiloto menawarkan berbagai manfaat kesehatan lain sehingga digunakan sebagai astringent, antibakteri atau agen pembunuh bakteri, pereda nyeri, dan pereda demam.

Namun, berhati-hatilah mengenai keamanan dan efektivitas andrographis dengan kandungan andrographolide tinggi yang belum diketahui.

Adakah efek samping obat bersih darah?

Obat yang dikonsumsi dalam dosis yang tepat seharusnya tidak menimbulkan efek samping penggunaan. Namun, jika muncul efek samping maka segera hentikan penggunaan obat dan konsultasikan dengan dokter ahli.

Sama seperti obat lainnya, beberapa orang mungkin mengembangkan risiko munculnya reaksi alergi. Bicarakan dengan dokter jika terjadi reaksi alergi parah disertai gejala pembengkakan pada wajah, ruam kulit, muncul rasa gatal, dan mengalami kesulitan bernapas.

Baca juga: Manfaat Kacang Lentil: Menjaga Kesehatan Jantung hingga Melancarkan Pencernaan

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. PT. Kembang Bulan (2020), diakses 15 Desember 2020. Kapsida
  2. Healthline (2019), diakses 15 Desember 2020. 8 Surprising Health Benefits of Coriander
  3. Rxlist.com (2019), diakses 15 Desember 2020. ANDROGRAPHIS
    Berita Terkait
    register-docotr