Info Sehat

Minum Susu setelah Minum Vitamin, Boleh atau Tidak?

June 5, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Susu dan vitamin sama-sama bisa memberi manfaat untuk kesehatan. Tak sedikit orang yang mengonsumsi keduanya agar mendapat khasiatnya secara maksimal. Namun, bolehkah minum susu setelah minum vitamin?

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang boleh atau tidaknya mengonsumsi susu setelah minum vitamin, simak ulasan berikut ini, yuk!

Aturan minum vitamin

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang boleh atau tidaknya minum susu setelah minum vitamin, kamu perlu tahu bagaimana aturan dan cara konsumsi vitamin dengan benar. Ini berkaitan dengan khasiat dan cara kerja vitamin itu sendiri.

Vitamin yang larut pada lemak

Beberapa vitamin baru akan bekerja jika ada lemak yang berasal dari makanan. Vitamin itu akan dilarutkan oleh lemak agar bisa dibawa ke aliran darah dan menjalankan fungsi pentingnya. Vitamin A, D, E, dan K merupakan jenis vitamin yang masuk dalam golongan ini.

Dengan begitu, waktu yang tepat untuk mengonsumsi vitamin tersebut adalah ketika perut sudah terisi makanan yang mengandung lemak sehat. Vitamin ini lebih cocok diminum di malam hari ketika sudah ada sejumlah lemak dari makanan yang disantap seharian.

Baca juga: Memilih Multivitamin untuk Lansia: Perhatikan 7 Kandungan Nutrisi Berikut!

Vitamin yang larut pada air

Beberapa jenis vitamin bisa diserap oleh tubuh setelah dilarutkan di dalam air, seperti vitamin B dan C. Waktu yang tepat untuk minum vitamin tersebut adalah ketika perut sedang kosong. Kamu bisa mengonsumsinya 30 menit sebelum sarapan.

Jika ingin meminumnya di siang atau malam hari, beri jeda sekitar dua jam setelah menyantap makanan berat. Sebab, seperti dikutip dari Healthline, tubuh membutuhkan waktu selama minimal dua jam untuk memproses dan memindahkan makanan dari lambung ke usus.

Setelah dua jam, lambung dalam kondisi kosong. Pada waktu inilah kamu bisa mengonsumsi vitamin B dan C.

Bolehkah minum susu setelah minum vitamin?

Sebagian orang memilih minum susu setelah minum vitamin agar efek yang didapatkan bisa lebih maksimal. Namun, bolehkah hal itu dilakukan? Susu sebaiknya tidak dikonsumsi dalam waktu yang berdekatan setelah minum vitamin.

Jika kamu ingin mengonsumsi vitamin dan susu, beri jeda waktu beberapa jam di antara keduanya. Tujuannya, agar kandungan masing-masing tidak saling berinteraksi.

Interaksi dari kandungan susu dan vitamin dikhawatirkan dapat mengurangi efek dan khasiatnya, atau justru bisa menimbulkan dampak yang lain.

Efek minum vitamin dan susu dalam waktu berdekatan

Susu mengandung kalsium yang sangat tinggi, bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Jika berinteraksi dengan vitamin yang dikonsumsi sebelumnya, proses penyerapanya mungkin bisa terganggu.

Selain itu, beberapa produk multivitamin juga mengandung kalsium yang relatif tinggi. Jika diminum dalam waktu berdekatan tanpa jeda, hal itu dapat mengacaukan proses penyerapan kalsium dari masing-masing sumber.

Asupan kalsium bisa menjadi berlebihan jika kamu masih mengonsumsi makanan lain dengan kandungan yang sama. Hal itu akan berdampak pada keseimbangan nutrisi lain, misalnya penyerapan zat besi yang menurun hingga 60 persen.

Baca juga: Susu Sapi vs Susu Kedelai, Mana yang Lebih Menyehatkan?

Waktu terbaik minum susu

Bicara soal susu, sebagian orang percaya bahwa waktu mengonsumsinya harus diperhatikan. Namun, sebenarnya kamu bisa minum susu tanpa mengenal waktu. Ini tergantung dari manfaat yang ingin didapatkan.

Orang yang ingin meningkatkan pembentukan otot misalnya, dianjurkan untuk minum susu setelah berolahraga. Sebuah penelitian pada 2010 menyebutkan, orang yang rutin minum susu sesudah olahraga selama tiga bulan akan mengalami peningkatan massa otot yang lebih besar.

Jika kamu termasuk orang yang sulit tidur, cobalah minum susu sebelum beranjak ke kasur. Susu mengandung asam amino triptofan yang bisa membuatmu cepat mengantuk dan tidur nyenyak.

Nah, itulah ulasan tentang minum susu setelah minum vitamin dan beberapa hal terkait yang perlu kamu ketahui. Untuk menjaga tubuh tetap bugar, imbangi juga dengan olahraga teratur dan pola makan bergizi, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Healthline, diakses 31 Mei 2021, How Long Does Food Stay in Your Stomach?
  2. Healthline, diakses 31 Mei 2021, Is There a Best Time to Drink Milk?
  3. Healthline, diakses 31 Mei 2021, Should You Drink Milk Before Bed?
  4. Healthline, diakses 31 Mei 2021, When is the Best Time to Take Vitamins?
  5. Live Strong, diakses 31 Mei 2021, Can You Take a Multivitamin With Milk?

    register-docotr