Info Sehat

Jangan Hanya Pakai, Perhatikan Juga Cara Merawat Lensa Kontak yang Benar

April 24, 2020 | Santi Andriani | dr. Desica Natalisa S
no-image

Generasi millenial pasti tidak asing lagi dengan lensa kontak. Selain dinilai lebih praktis daripada manggunakan kacamata, memakai softlens juga membuat penampilan kita lebih menarik. 

Tapi, kamu tahu tidak sih pemakaian softlens yang tidak benar akan mengancam kesehatan mata kita, apalagi ditambah cara merawat lensa kontak yang tidak baik.

Menurut penelitan University College London pada  2018, pemakaian lensa kontak yang tidak bersih dapat menyebabkan kita kehilangan penglihatan alias BUTA! 

Baca Juga: Berat Badan Naik saat Puasa, Apa Penyebabnya?

Perhatikan cara merawat lensa kontak yang benar

merawat lensa kontak
Perawatan lensa kontak yang benar harus diperhatikan. Foto:https://www.dailymail.co.uk/

Nah, untuk menghindari gangguan penglihatan alias buta itu, yuk simak tips merawat lensa kontak alias softlens yang baik.

Pilih lensa kontak yang sesuai

Ada 2 jenis lensa kontak yang wajib kamu tahu agar bisa memilih yang sesuai  dengan kamu. 

  • Pertama, softlens atau soft contact lenses

Adalah jenis lensa kontak lunak, terbuat dari plastik lembut dan fleksibel yang memungkinkan oksigen bisa dengan mudah menembus kornea. 

  • Kedua, hardlens

Adalah jenis lensa kontak yang lebih keras dan kaku daripada soft lens, namun tetap dapat membiarkan oksigen masuk ke mata. Biasanya yang paling nyaman dipakai adalah softlens.

Merawat lensa kontak harus benar-benar bersih

merawat lensa kontak
Sebelum disimpan, lensa kontak harus dibersihkan terlebih dahulu. Foto:https://www.cbsnews.com/

Bersihkan lensa kontak terlebih dahulu sebelum menyimpannya dan memakainya. Pastikan tangan sudah benar-benar bersih dengan dicuci terlebih dahulu.

Gunakan cairan untuk membersihkan lensa kontak sebelum dan sesudah dipakai dan selalu bersihkan wadah peyimpan lensa kontak ya. Tentunya ada berbagai macam brand yang bisa digunakan.

Lama pemakaian

Lensa kontak memiliki daya hantar oksigen dalam level rendah, jadi dapat dipakai paling maksimum 8 jam sehari. Ingat juga jangan dibawa tidur ya peeps! Tidur dengan menggunakan lensa kontak menyebabkan kornea akan kekurangan oksigen dan akhirnya gampang terinfeksi loh.

Baca Juga: Jangan Anggap Remeh, Rabun Jauh Bisa Bikin Prestasi Anak Menurun

Jangan sampai basah dan terlalu kering

Lensa kontak jangan sampai terlalu basah atau terlalu kering. Foto:https://editorial.femaledaily.com/

Satu hal yang harus diperhatikan ketika mengenakan softlens adalah kamu tidak boleh membuatnya basah dalam arti tidak boleh memakai lensa kontak saat berenang ataupun mandi ya. 

Karena dalam air akan terdapat banyak kuman dan parasit yang akan menempel di lensa kontak yang akan membuat infeksi pada mata dan sampai buta!

Tetes mata adalah salah satu benda yang wajib dimiliki oleh pengguna lensa kontak karena, lensa kontak yang kering pada mata juga dapat menyebabkan kerusakan pada mata dan sebelum membeli tetes mata harus dipastikan kandungan dan rekomendasi yang baik untuk mata ya.

Jika kamu mengalami rasa tidak nyaman, gatal atau mata merah kamu juga bisa konsultasi lebih lanjut untuk memilih kontak lensa yang baik untuk kamu. 

Sekian tips yang bisa kamu ikutin. Selain cantik harus smart juga!

Reference

Sciencedaily. (2018, september 21). Retrieved from Eye infection in contact lens wearers can cause blindness: https://www.sciencedaily.com/releases/2018/09/180921082952.htm

    Berita Terkait
    register-docotr