Info Sehat

Mengenal Manfaat Teh Darjeeling Asal India dan Manfaatnya untuk Kesehatan

March 3, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Bagi kamu pecinta teh mungkin sudah tidak asing dengan teh Darjeeling. Teh yang satu ini banyak disukai dan diperbincangkan karena kebaikannya untuk kesehatan. 

Berikut penjelasan tentang apa itu teh Darjeeling dan juga manfaatnya untuk kesehatan!

Apa itu teh Darjeeling?

Teh Darjeeling berasal dari salah satu daerah di India, tepatnya di Bengal Barat yang bernama Darjeeling. Di sana teh jenis ini banyak ditanam, dikembangkan dan juga diproduksi. 

Teh ini masuk ke dalam jenis teh hitam. Memiliki aroma buah dan bunga, serta terasa ringan saat diminum. Aromanya yang kuat dan rasa yang khas membuat teh ini dianggap sebagai salah satu teh terbaik di dunia. 

Kelebihan lain teh Darjeeling

Salah satu kelebihan teh Darjeeling karena tempat tumbuhnya adalah salah satu lokasi tertinggi di dunia. Lokasi tersebut memiliki perbedaan suhu mencolok saat siang dan malam hari. Selain itu, kandungan oksigen dan paparan sinar mataharinya juga berbeda dibandingkan tempat lain. 

Perbedaan tersebut diyakini membuat daun teh Darjeeling berbeda, menghasilkan rasa dan aroma yang unik saat diseduh. 

Manfaat teh Darjeeling untuk kesehatan

Dilansir Web Md, berikut beberapa manfaat mengonsumsi teh Darjeeling untuk kesehatan:

1. Menjaga kesehatan jantung

Di dalam teh hitam terdapat kandungan flavonoid, yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan berbagai kondisi salah satunya serangan jantung. 

Dengan meminum teh hitam, maka akan membantu menjaga kadar kolesterol dan melindungi kamu dari risiko terkena penyakit jantung.

Dengan kandungan flavonoid juga memungkinkan teh hitam menurunkan risiko stroke dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan kolesterol. 

2. Memiliki sifat antioksidan

Teh Darjeeling juga memiliki kandungan polifenol. Kandungan ini berperan sebagai antioksidan yang kuat. Antioksidan dibutuhkan untuk mengatasi penumpukan radikal bebas dalam tubuh. 

Radikal bebas berlebih akan menyebabkan stres oksidatif, yang lama-kelamaan dapat menyebabkan penyakit kronis. Salah satunya dapat menyebabkan kanker. 

Selain itu, polifenol juga dapat melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari atau sinar ultraviolet (UV) dan tampak menjanjikan untuk melawan tumor dan kanker. 

3. Membantu menurunkan kadar gula darah

Diabetes adalah penyakit yang memengaruhi cara kerja tubuh menggunakan insulin. Insulin adalah hormon yang mengatur jumlah gula dalam darah. 

Pada orang dengan diabetes tipe 2 kesulitan untuk menghasilkan insulin yang menyebabkan tingkat gula dalam darah yang tinggi. 

Nah, mengonsumsi teh hitam dapat membantu menurunkan gula darah, dan pada penderita diabetes mungkin dapat membantu memproses insulin lebih efisien. 

4. Meningkatkan kesehatan usus

Kandungan polifenol dalam teh hitam dapat merangsang pertumbuhan bakteri baik dalam sistem pencernaan. Dengan begitu dapat membantu menyehatkan pencernaan dan dapat membantu menurunkan berat badan yang berlebih. 

5. Menunjang kesehatan gigi

Tahukah kamu di dalam teh hitam terkandung senyawa yang memperlambat pertumbuhan bakteri mulut? Dengan begitu teh dapat mencegah gigi berlubang dan plak.

Minum teh juga membantu menyeimbangkan mikrobioma di mulut dan mengurangi bau mulut, karena dapat menghilangkan hidrogen sulfida penyebab timbulnya bau mulut. 

6. Manfaat lainnya dari teh Darjeeling

Dibandingkan kopi, teh Darjeeling mengandung kafein yang lebih sedikit. Walau begitu, jangan berlebihan mengonsumsinya, ya. Dilansir dari Web MD, dokter menyarankan hanya minum satu atau dua cangkir teh sehari. 

Jika berlebihan dikonsumsi, dikhawatirkan menimbulkan efek samping seperti kecemasan dan rasa gugup pada beberapa orang. 

Demikian informasi tentang teh Darjeeling yang disebut-sebut sebagai salah satu teh terbaik di dunia.  

Punya pertanyaan lebih lanjut? Yuk chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
register-docotr