Info Sehat

Mengenal Manfaat Minyak Rosemary dan Cara Pakainya

April 5, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Minyak rosemary merupakan salah satu jenis minyak esensial yang dijual di pasaran. Meskipun selama ini dikenal sebagai bumbu makanan, ternyata minyak ini memiliki manfaat kesehatan, lho!

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Scientia Pharmaceutica menyebut minyak rosemary ini merupakan salah satu minyak aroma terapi yang terkenal. Minyak rosemary bisa dihirup ataupun diaplikasikan langsung di kulit.

Baca juga: Kaya Nutrisi, Simak 15 Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan Tubuh

Seperti apa manfaat minyak rosemary?

Mulai dari meredakan stres hingga nyeri, berikut ini adalah beberapa manfaat minyak rosemary yang ditunjang oleh berbagai penelitian:

Mengurangi stres

Minyak rosemary dapat menurunkan tingkat stres. Hal ini disebutkan dalam hasil uji klinis yang terbit dalam jurnal Holistic Nursing Practice. Uji klinis tersebut dilakukan terhadap mahasiswa keperawatan yang stres terhadap tes yang mereka hadapi di lembaga pendidikan mereka.

Peneliti menyebut menghirup minyak rosemary dari inhaler sebelum dan saat tes berlangsung menurunkan denyut jantung para partisipan hingga 9 persen. 

Penurunan detak jantung merupakan satu tanda stres yang mereda. Karena, menurut kajian yang diterbitkan dalam jurnal Psychophysiology menyebut peningkatan detak jantung merupakan tanda dari stres dan kegelisahan jangka pendek.

Meredakan nyeri

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal European Review for Medical and Pharmacological Sciences menyebut selama ini rosemary digunakan sebagai pereda untuk nyeri ringan dalam pengobatan tradisional.

Khasiat ini juga dibuktikan secara khusus oleh penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine

Penelitian tersebut dilakukan selama dua minggu dengan melibatkan penyintas stroke yang mengalami nyeri pundak. Mereka diberikan dua penanganan, yaitu pijat acupressure saja serta yang pijat acupressure dengan minyak rosemary.

Hasilnya, mereka yang hanya menerima pijat acupressure saja mengalami 15 persen pengurangan nyeri sedangkan yang dikombinasikan dengan minyak rosemary bisa mengalami penurunan nyeri hingga 30 persen.

Meningkatkan fungsi otak

Sebuah jurnal dari India menyebut kalau rosemary digunakan oleh orang Romawi dan Yunani kuno untuk memperkuat daya ingat.

Sementara, penelitian dalam jurnal Therapeutic Advances in Psychopharmacology menyebut kamu bisa mencegah kerusakan acetylcholine yang merupakan senyawa kimia yang penting untuk berpikir, berkonsentrasi dan daya ingat.

Penelitian itu menyebut para partisipan yang diminta untuk menjawab soal matematika dalam ruangan kecil yang disemprot dengan minyak rosemary ternyata mengalami peningkatan kecepatan dan akurasi dalam menjawab.

Peneliti juga menemukan kalau rosemary ternyata bisa masuk ke dalam tubuh hanya dengan dihirup. Hal ini ditandai dengan meningkatnya komponen rosemary di dalam darah para partisipan.

Meningkatkan sirkulasi

Penyakit Raynaud merupakan salah satu penyakit dengan gangguan sirkulasi. Sebuah penelitian dalam jurnal Complementary Therapies in Medicine menyebut minyak rosemary bermanfaat bagi penderita penyakit ini.

Pasalnya, penelitian tersebut menyatakan seorang penderita penyakit Raynaud memijat tangganya dengan minyak rosemary dan merasakan minyak tersebut mampu membuat tangannya menjadi hangat, tidak seperti minyak lainnya.

Hal ini jelas merupakan satu kemajuan, karena penderita penyakit Raynaud memiliki pembuluh darah di jari kaki dan tangan yang akan menyempit ketika sedang kedinginan atau stres. Membuatnya kehilangan warna dan menjadi dingin.

Khasiat minyak rosemary dalam melebarkan pembuluh darah sehingga sirkulasi menjadi baik ini pun diutarakan dalam penelitian lain yang tertuang dalam Canadian Journal of Physiology and Pharmacology.

Baca Juga: Terapi Akupunktur untuk Mengatasi Insomnia, Efektif atau Tidak?

Bagaimana cara pakai minyak rosemary?

Minyak rosemary bisa dihirup atau diaplikasikan langsung ke kulit. Minyak ini sangat pekat, sehingga kamu hanya membutuhkan satu tetes saja setiap kali pakai.

Laman kesehatan Healthline menyebut cara pakai minyak rosemary sebagai berikut:

Dihirup

Cara termudah adalah dengan membuka botol minyak rosemary lalu kamu tinggal menarik napas di atasnya. Selain itu, kamu bisa menaruh beberapa tetes minyak ini di pakaian atau tisu lalu tempatkan ke dekat wajah.

Dioleskan

Rosemary seperti minyak esensial lainnya, bisa terserap melalui kulit dan menuju ke aliran darah.

Oleh karena itu, cara terbaik memakainya adalah mencairkannya terlebih dahulu dengan minyak netral seperti jojoba. Hal ini bisa mengurangi risiko iritasi di kulit dan evaporasi yang tidak sempurna dari minyak tersebut.

Demikianlah berbagai manfaat dan cara pakai minyak rosemary yang perlu kamu ketahui. Selalu jaga kesehatan kamu, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

register-docotr