Info Sehat

Mencegah Mabuk Perjalanan dengan 7 Tips Berikut Ini!

April 10, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Mabuk perjalanan bisa dialami oleh siapa saja. Rasa mual dan pusing tentu saja dapat membuatmu merasa tidak nyaman saat dalam perjalanan. Namun tak perlu khawatir, karena ada beberapa tips mencegah mabuk perjalanan, apa saja?

Baca juga: Ini Tanda-Tanda Muntah pada Bayi dan Anak yang Harus Moms Waspadai!

Penyebab mabuk perjalanan

Motion sickness atau yang lebih dikenal sebagai mabuk perjalanan adalah sensasi mual yang dipicu oleh gerakan. Ini dapat terjadi di dalam mobil, bis, kereta api, pesawat, atau bahkan perahu. Mabuk perjalanan tidak terjadi begitu saja, melainkan terdapat penyebab yang mendasarinya.

Perlu kamu tahu bahwa gerakan dirasakan oleh otak melalui jalur sistem saraf yang berbeda, termasuk telinga bagian dalam, mata, dan jaringan permukaan tubuh. Ketika tubuh digerakkan dengan sengaja, misalnya saja saat berjalan, input dari semua jalur akan dikoordinasikan oleh otak kita.

Nah, gejala dari mabuk perjalanan dapat muncul ketika sistem saraf pusat menerima pesan yang betentangan dari sistem sensorik, yakni telinga bagian dalam, mata, reseptor kulit, serta reseptor sensorik otot dan sendi.

Misalnya, ketika kamu duduk di atas perahu atau di dalam mobil tanpa melihat keluar jendela, telinga bagian dalam akan merasakan gerakan tidak stabil (ke atas dan ke bawah, ke kiri ataupun ke kanan). Namun mata melihat pandangan yang statis, seakan-akan kamu tidak bergerak.

Singkatnya, motion sickness dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan antara apa yang kamu lihat dan yang kamu rasakan. Di dalam mobil misalnya, mobil bergerak maju, tetapi tubuh tetap diam. Ketidakseimbangan inilah yang menyebabkan kamu merasa mual.

Cara mencegah mabuk perjalanan

Berikut ini adalah beberapa cara mencegah mabuk perjalanan yang penting untuk diketahui.

1. Perhatikan asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memerhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi sebelum dan selama perjalanan.

Sebaiknya, hindarilah konsumsi makanan yang terlalu berat, berminyak, atau asam. Sebab, makanan tersebut lambat untuk dicerna dan dapat memperburuk mabuk perjalanan.

Sebaliknya, terdapat beberapa pilihan camilan yang baik, seperti sereal, roti, apel, atau pisang. Tak hanya makanan saja, kamu juga perlu memerhatikan minuman yang kamu konsumsi.

Hindarilah minuman berkafein, seperti kopi atau soda tertentu yang mana dapat menyebabkan dehidrasi dan memperburuk gejala mual. Akan lebih baik jika kamu mengonsumsi air putih.

2. Minum obat antimabuk perjalanan

Jika kamu rentan mengalami mabuk perjalanan, minum obat antimabuk perjalanan 1-2 jam sebelum berpergian mungkin dapat membantu. Namun yang perlu diingat adalah, beberapa obat antimabuk perjalanan dapat menyebabkan kantuk.

3. Perhatikan posisi tempat duduk

Memilih posisi tempat duduk juga penting dilakukan sebagai upaya mencegah mabuk perjalanan. Sebaiknya, cobalah untuk memilih kursi di mana kamu akan mengalami gerakan yang paling sedikit. Di dalam mobil, kursi penumpang di depan adalah pilihan yang terbaik.

Sedangkan di pesawat, bagian tengah sayap pesawat adalah area yang paling tenang. Jika kamu akan bepergian dengan menggunakan kereta, sebaiknya pilihlah tempat duduk di dekat jendela.

4. Hindari membaca buku atau memainkan gadget, sebagai cara mencegah mabuk perjalanan

Jika kamu rentan mengalami mabuk perjalanan, mungkin kamu akan merasa tidak nyaman ketika membaca buku atau teks di perangkat lain. Ini kembali ke pemutusan sensorik antara telinga bagian dalam dan mata.

Apabila kamu berfokus pada sesuatu dari jarak dekat, ini justru dapat memperburuk gejala. Sebagai gantinya, pertimbangkanlah untuk menggunakan audiobook atau mendengarkan musik. Jika kamu merasa mual, sebaiknya berbaringlah.

Baca juga: Terlalu Sering Menggunakan Ponsel? Hati-hati Bisa Kena Sindrom ‘Text Neck’

5. Alihkan rasa mual

Menyalakan radio atau memulai percakapan dapat membantu untuk mengalihkan pikiran dari apa yang kamu rasakan. Dikutip Healthline, peneliti menemukan bahwa mendengarkan musik dapat membantu meredakan mual dan gejala fisiologis lain terkait dengan mabuk perjalanan.

6. Menghirup udara segar

Jika memungkinkan, membuka kaca mobil untuk mendapatkan udara segar dapat membantu.

7. Hindari aroma tertentu

Selanjutnya, menghindari aroma tertentu juga dapat mencegah mabuk perjalanan, misalnya saja aroma yang menyengat atau menghindari aroma yang membuatmu merasa mual dapat membantu. Tak hanya itu, sebaiknya hindarilah asap rokok. Sebab, ini dapat memperburuk gejala.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai cara mencegah mabuk perjalanan. Apabila kamu ingin mengetahui cara pencegahan lainnya, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Familydoctor.org (2018). Diakses pada 06 April 2021. Motion Sickness

Healthline (2019). Diakses pada 06 April 2021. 21 Motion Sickness Remedies to Ease Nausea, Vomiting, and More 

Medical News Today (2017). Diakses pada 06 April 2021. What’s to know about motion sickness? 

Medicine Net. Diakses pada 06 April 2021. 10 Tips to Prevent Motion Sickness 

 

    register-docotr