Info Sehat

Urat Menonjol Bisa Disebabkan Oleh Berbagai Faktor, Bisakah Diobati?

April 10, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Penyebab urat menonjol dapat disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari pertambahan usia hingga kondisi medis tertentu. Lalu, apakah urat menonjol berbahaya?

Perlu kamu ketahui bahwa vena (pembuluh darah) memiliki katup yang bertindak sebagai penutup satu arah untuk mencegah darah mengalir ke belakang saat bergerak naik ke kaki.

Pembuluh darah yang menonjol dapat terjadi ketika katup tidak berfungsi dengan baik, sehingga menyebabkan darah mengumpul dan memperbesar pembuluh darah.

Baca juga: Deep Vein Thrombosis (DVT)

Faktor penyebab urat menonjol

Urat yang menonjol atau lebih tepatnya pembuluh darah yang menonjol dapat disebabkan oleh beberapa kondisi. Berikut ini adalah faktor penyebab urat menonjol yang perlu diketahui.

1. Pertambahan usia

Faktor penyebab urat menonjol yang pertama adalah pertambahan usia. Seiring bertambahnya usia, kulit dapat menjadi lebih tipis dan elastisitas kulit juga dapat menurun, ini dapat menyebabkan urat atau pembuluh darah lebih terlihat.

Tak hanya itu, pertambahan usia juga dapat memengaruhi katup di pembuluh darah menjadi melemah. Ini dapat menyebabkan darah mengumpul di pembuluh darah untuk jangka waktu yang lama, sehingga dapat menyebabkan pembesaran pada pembuluh darah.

2. Tubuh kurus

Tubuh yang telalu kurus juga dapat menjadi faktor penyebab urat menonjol. Sebab, lapisan lemak yang terlalu sedikit dapat membuat pembuluh darah lebih menonjol dan terlihat.

3. Kehamilan

Kehamilan dapat meningkatkan volume darah di dalam tubuh, tetapi aliran darah dari kaki ke panggul dapat berkurang. Aliran darah yang menurun dari kaki dapat menyebabkan pembuluh darah membengkak atau lebih menonjol di kaki.

4. Olahraga

Ketika berolahraga, tekanan darah dapat meningkat dan pembuluh darah dapat menjadi lebih dekat dengan kulit. Ketika tekanan darah menjadi normal kembali, pembuluh darah juga kembali menjadi tidak terlihat.

Tak hanya itu, olahraga berat seperti angkat beban juga dapat menyebabkan urat menonjol. Angkat beban memang dapat membangun otot, namun latihan ini juga memberikan tekanan pada pembuluh darah. Akibatnya, urat menjadi lebih terlihat.

Pada dasarnya, angkat beban tidak secara langsung memengaruhi pembuluh darah. Tetapi, ini memengaruhi otot-otot di sekitarnya, dan peningkatan massa serta kepadatan otot membuat urat atau pembuluh darah menonjol.

5. Varises

Varises lebih sering terjadi di kaki dibandingkan dengan tangan. Dikutip dari National Health Service (NHS), varises biasanya disebabkan oleh dinding dan katup vena yang melemah.

Seperti yang sudah diketahui bahwa di dalam vena terdapat katup satu arah untuk mengalirkan darah, dan menutup kembali untuk mencegah darah mengalir ke belakang.

Terkadang, dinding pembuluh darah menjadi meregang atau kehilangan elastisitasnya, sehingga menyebabkan katup melemah.

Apabila katup tidak berfungsi dengan baik, ini dapat menyebabkan darah mengalir ke belakang. Jika hal ini terjadi, darah dapat terkumpul di pembuluh darah dan menyebabkan pembuluh darah atau urat membesar.

Baca juga: Varises Bikin Tidak Nyaman? Ini Ragam Pilihan Pengobatannya

6. Kondisi medis tertentu

Berdasarkan Healthline, ada beberapa penyebab urat menonjol di tangan, di antaranya adalah:

  • Phlebitis: Jika infeksi pada tangan, trauma, atau penyakit autoimun menyebabkan peradangan pada vena, vena dapat mengalami pembengkakan
  • Tromboflebitis superfisial: Tromboflebitis superfisial adalah peradangan pada vena superfisial (phlebitis) yang disebabkan oleh bekuan darah (thrombus)
  • Deep vein thrombosis (DVT): Urat menonjol di tangan juga dapat disebabkan oleh gumpalan atau bekuan darah yang jauh berada di dalam pembuluh darah lengan

Apakah urat menonjol berbahaya?

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa ada beberapa faktor penyebab dari urat menonjol. Pada sebagian kasus urat yang menonjol mungkin saja tidak berbahaya atau tidak memengaruhi sirkulasi darah.

Akan tetapi, dilansir dari Healthgrades, dalam beberapa kasus pembuluh darah yang menonjol juga dapat menjadi gejala dari kondisi yang lebih serius, seperti pembekuan darah, tumor, atau infeksi dan ini harus diwaspadai.

Perawatan medis juga harus dilakukan dengan segera apabila urat yang menonjol disertai dengan gejala tertentu, seperti:

  • Perdarahan pada pembuluh darah
  • Perubahan pada pembuluh darah, misalnya saja pembuluh darah berubah warna menjadi kemerahan, bengkak, nyeri atau hangat ketika disentuh
  • Perubahan warna atau tekstur kulit
  • Timbulnya ruam pada kulit
  • Varises yang terasa menyakitkan atau disertai dengan gejala lainnya

Apakah urat menonjol dapat diatasi?

Perawatan untuk urat yang menonjol sangat bergantung dari penyebabnya. Pada kasus urat yang menonjol di tangan, pilihan pengobatannya hampir sama dengan pengobatan untuk menangani varises, ini meliputi:

  • Skleroterapi: Proses menyuntikkan larutan kimia ke pembuluh darah yang terkena
  • Terapi ablasi endovena: Disebut juga dengan terapi laser, prosedur ini dilakukan untuk vena yang lebih kecil. Prosedur ini menggunakan bantuan cahaya yang diperkuat atau gelombang radio untuk menutup pembuluh darah
  • Ambulatory phlebectomy: Prosedur ini dilakukan untuk mengangkat vena yang terkena melalui sayatan kecil. Ini juga melibatkan anestesi lokal

Sedangkan, apabila penyebab urat menonjol disebabkan oleh kondisi medis tertentu. Pengobatannya akan disesuaikan dengan kondisi medis yang mendasari.

Itulah beberapa informasi mengenai penyebab urat menonjol. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar kondisi ini, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2018). Diakses pada 05 April 2021. Bulging Hand Veins 

Healthgrades (2020). Diakses pada 05 April 2021. Bulging Veins 

New Health Advisor. Diakses pada 05 April 2021. Veins Showing Through Skin 

NHS (2020). Diakses pada 05 April 2021. Varicose veins 

    register-docotr