Info Sehat

Penting, Ini Manfaat Sari Pati Ayam bagi Kesehatan Mental dan Fisik Kamu!

May 10, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Manfaat sari pati ayam tidak hanya dirasakan oleh tubuh, lho! Suplemen yang berasal dari ekstraksi ayam ini juga berpengaruh secara psikis karena mampu membuat suasana hati kamu meningkat.

Baca juga: Hindari Makan Daging Ayam Mentah, Ini Bahayanya!

Apa itu sari pati ayam

Sari pati ayam  merupakan cairan suplemen bernutrisi yang dihasilkan dari memasak ayam utuh selama beberapa jam dalam suhu yang tinggi. Hasil olahan ayam ini sangat terkenal di Asia Tenggara dan kerap digunakan sebagai obat tradisional.

Sari pati ayam bisa dibuat sendiri atau kamu bisa mendapatkannya dalam produk yang sudah berbentuk suplemen dan banyak dijual di pasaran. Di dalam sari pati ayam terdapat mineral, vitamin, trace element, asam amino serta nutrisi lain seperti carnosine dan anserine. 

Manfaat sari pati ayam

Sebelum kamu mengonsumsinya, pahami dulu manfaat sari pati ayam berikut ini, ya!

Meningkatkan fungsi kognitif

Stres karena pekerjaan merupakan salah satu penyebab menurunnya kemampuan kognitif. Hal ini terjadi karena stres memicu kelelahan, resah hingga kebingungan.

Sebuah penelitian dalam jurnal Medicine menyebut salah satu manfaat sari pati ayam adalah meningkatkan fungsi kognitif anak muda yang mengalami stres karena pekerjaan.

Penelitian tersebut melibatkan 102 pekerja berusia muda di New Taipei City yang memiliki stres karena pekerjaan yang tinggi. Setengahnya diberikan sari pati ayam, sementara sisanya diberikan plasebo setiap hari selama 2 minggu.

Hasilnya, mereka yang diberikan sari pati ayam mengalami kenaikan kognitif. Hal ini dilihat dari tes mengingat warna serta ingatan jangka pendek mereka yang mengalami peningkatan setelah dikaji.

Meningkatkan suasana hati

Penelitian dalam jurnal Nutrients menyebut salah satu manfaat sari pati ayam adalah meningkatkan suasana hati atau mood. Untuk membuktikan hal ini para peneliti melibatkan 46 orang yang diberikan konsumsi sari pati ayam selama 10 hari.

Setelah 10 hari para partisipan diberikan tugas yang melelahkan dan penuh stres, para peneliti mengukur suasana hati para partisipan.

Dalam penelitiannya, para peneliti berkesimpulan para partisipan merasa tidak lagi terlalu depresi, cemas dan lebih percaya diri setelah mengonsumsi sari pati ayam.

Mengatasi kelelahan mental

Masih terkait kesehatan mental, sari pati ayam dibuktikan oleh penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Medical Science Monitor, mampu mengatasi kelelahan mental.

Dalam penelitian ini dilibatkan 20 pria yang menjadi sukarelawan untuk menerima sari pati ayam dan plasebo setiap hari. Para partisipan melakukan 2 tes yang membuat mental mereka menjadi lelah dan selanjutnya mendapatkan sesi istirahat.

Dari penelitian yang dilakukan selama 4 minggu tersebut dikatakan, bahwa para partisipan yang menerima sari pati ayam merasakan kelelahan mental mereka menjadi berkurang.

Baca juga: 6 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Mental: Atasi Stres dan Perbaiki Mood

Meningkatkan performa fisik

Selama ini sari pati ayam kerap digunakan dalam obat tradisional dari Tiongkok untuk meningkatkan kesehatan, mempercepat penyembuhan, meningkatkan metabolisme dan mengurangi keletihan tubuh.

Nah, penelitian dalam jurnal Nutrient berhasil membuktikan bagaimana sari pati ayam memberikan manfaat terhadap peningkatan kesehatan, performa fisik hingga antikeletihan.

Penelitian tersebut menggunakan 4 grup tikus yang diberikan dosis sari pati ayam yang berbeda-beda selama 4 minggu. Tikus-tikus tersebut diberikan serangkaian tes fisik untuk kemudian dilihat bagaimana pengaruh sari pati ayam terhadap mereka.

Peneliti berkesimpulan bahwa sari pati ayam dapat meningkatkan kondisi keletihan yang disebabkan oleh aktivitas fisik dan membuat performa fisik para tikus meningkat.

Memperkuat ritme sirkadian

Menjaga ritme sirkadian merupakan hal yang penting bagi kesehatan. Karena banyak penyakit yang bisa timbul ketika ritme sirkadian kamu tidak teratur.

Nah, penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Pharmacological Sciences menyebut konsumsi sari pati ayam dapat memperkuat fungsi ritme sirkadian, lho!

Para peneliti beranggapan dari hasil temuan mereka dapat dilihat potensi sari pati ayam untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh terganggunya ritme sirkadian.

Adakah efek samping sari pati ayam?

Sejauh ini, dari penelitian-penelitian yang sudah disebutkan di atas tidak ada catatan mengenai efek samping yang dialami oleh manusia maupun tikus yang menjadi subjek penelitian.

Demikianlah berbagai penjelasan tentang manfaat sari pati ayam yang perlu kamu ketahui. Selalu konsumsi makanan bergizi dan baik untuk kesehatan, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

register-docotr