Info Sehat

Tergiur Manfaat Minyak Lintah Papua untuk Perbesar Penis? Ini Penjelasannya!

January 30, 2021 | Richaldo Hariandja | dr.Pitoyo Marbun
feature image

Salah satu manfaat minyak lintah Papua yang banyak disebut adalah dapat membesarkan penis. Maka dari itu, tidak heran jika kamu dapat menemukan banyak produk ini dijual di e-commerce.

Sayangnya, belum banyak penelitian yang dapat membuktikan manfaat produk ini. Beberapa di antaranya bahkan justru menunjukkan jika minyak lintah, termasuk yang dari Papua, bisa menghasilkan efek samping tidak diinginkan.

Manfaat minyak lintah Papua

Sayangnya, tidak ada penelitian yang cukup kuat untuk membuktikan kalau praktik ini bermanfaat secara ilmiah. 

Sejauh ini, praktik menggunakan minyak lintah dipengaruhi oleh lingkungan dan kebudayaan yang ada di Papua. Hal ini diungkapkan dalam sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2011

Penulis menyebut kebiasaan itu, bersama dengan budaya membungkus penis dengan daun serta memasukkan besi ke penis, merupakan hal yang berbahaya yang meningkatkan risiko masyarakat Papua terhadap infeksi penyakit menular seksual.

Praktik ini sudah dijalankan secara turun-temurun di Papua. Bahkan, peneliti menyebut jika pasien termuda dalam penelitiannya merupakan murid SMA berusia 14 tahun. Salah satu pendorong praktik ini adalah untuk maskulinitas.

Lintah bisa untuk pengobatan tradisional?

Mengutip skripsi yang disusun oleh mahasiswa Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin, Jambi, disebutkan bahwa lintah merupakan salah satu hewan yang kerap dipakai dalam pengobatan tradisional.

Dalam skripsi tersebut dituliskan beberapa manfaat minyak lintah (meskipun tidak disebutkan secara spesifik berasal dari Papua) adalah:

  • Memecahkan darah
  • Melancarkan haid yang tidak teratur
  • Membesarkan dan menegangkan zakar

Khusus untuk memperbesar penis, penulis menyebut kalau minyak lintah biasanya dioleskan ke penis lalu diurut berkali-kali supaya tidak ada aliran darah yang tersumbat dan penis bisa menjadi besar.

Sementara lintah yang hidup dapat digunakan untuk mengisap bagian tubuh yang sakit seperti gatal, ruam dan kudis yang sukar sembuh.

Hati-hati dengan bahaya minyak lintah!

Saat ini, belum ada penelitian yang cukup kuat untuk membuktikan manfaat minyak lintah Papua. 

Akan tetapi, salah satu penelitian justru menunjukkan hasil yang sebaliknya, banyak masyarakat Papua yang datang ke dokter mengeluhkan infeksi dan inflamasi di penis mereka karena melakukan praktik pembesaran penis dengan minyak lintah maupun daun dan besi.

Ada juga penelitian dari Surabaya yang mencatat hal serupa. Dalam hal ini para pasien yang datang ke dokter mengalami bengkak bernanah di penis karena menyuntikkan minyak lintah dengan tujuan untuk memperbesar penis.

Adanya efek samping pembengkakan di penis ini diduga para peneliti dipicu oleh praktik yang tidak higienis dan juga tanpa pengetahuan medis yang mumpuni. Untuk itu, peneliti menyarankan pada pasien tersebut untuk tidak mengulangi lagi praktik ini.

Produk pembesaran penis tidak efektif

Mayo Clinic menyebut kebanyakan produk pembesar penis tidak efektif. Bahkan, seperti yang sudah dijabarkan di atas, produk-produk ini bisa menyebabkan kerusakan permanen di penis.

Bahkan sekalipun kamu menjalankan operasi pembesaran penis, hasilnya tidak selalu aman, efektif atau menghadirkan kepuasan. Pada skenario terburuk, operasi pembesaran penis ini bisa menghasilkan infeksi, jaringan parut hingga kehilangan sensasi dan fungsi di penis.

Bagaimana dengan produk minyak lain?

Healthline juga menyebut hingga saat ini tidak ada penelitian yang dapat mendukung produk minyak atau herbal bermanfaat dalam memperbesar penis. Lagi-lagi, disebutkan kalau kamu harus hati-hati terhadap efek yang tidak diinginkan dari produk ini.

Kamu pun harus jeli melihat komposisi dari produk-produk pembesar penis. Hindari produk yang mengandung:

  • Dehydroepiandrosterone (DHEA): Karena dapat meningkatkan risiko kanker, rendahnya kolesterol baik dan mempengaruhi kesehatan mental
  • Pregnanolone: Bisa memberikan efek negatif terhadap kesehatan mental
  • Ekstrak kulit pohon catuaba: Bahan ini memiliki manfaat sebagai antidepresan, tapi tidak ada riset yang menyebut khasiatnya bagi penis
  • Hawthorn berry: Bisa menyebabkan pusing, mual dan interaksi berbahaya dengan obat kardiovaskular

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

register-docotr