Info Sehat

Ampuh Sehatkan Rambut, Kenali 5 Manfaat Minyak Kayu Balitung Ini

November 28, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Rambut adalah salah satu aspek yang cukup menentukan rasa percaya diri seseorang dalam berpenampilan. Namun tak bisa dipungkiri, tak semua orang meluangkan waktu khusus untuk melakukan perawatan rambut.

Pada akhirnya seringkali tanpa sadar tahu-tahu rambut menipis, rontok, bahkan beruban sebelum waktunya. Untuk mengatasinya, kamu memang bisa dengan mudah pergi ke salon.

Akan tetapi paparan bahan kimia yang terus-menerus, tentu malah akan membuat rambut semakin rusak. Sebagai alternatif solusi, kamu bisa memilih perawatan alami dengan mengambil manfaat minyak kayu balitung berikut ini.

Baca juga: Ampuh Atasi Kerontokan, Ini Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut

Apa itu kayu balitung?

Dilansir dari Steemit, kayu balitung adalah satu tanaman yang banyak terdapat di hutan tropis Indonesia, khususnya di Kalimantan. Seperti yang diketahui pada umumnya, Kalimantan memang dijuluki paru-paru dunia karena memiliki keanekaragaman sumber daya alam yang sangat kaya.

Konon minyak yang baru bisa diproduksi setelah melalui proses rumit selama bertahun-tahun ini, sudah digunakan sebagai obat tradisional untuk perawatan rambut oleh suku Dayak sejak 1906.

Mengingat waktu membuatnya yang begitu lama, tak heran jika kamu tidak bisa menemukan minyak ini dengan mudah di pasaran. Jadi jika kamu melihat produk sejenis yang dipasarkan secara bebas, kamu harus memeriksanya dengan teliti agar tidak membeli minyak kayu balitung yang palsu.

Manfaat minyak kayu balitung untuk mencegah timbul uban sebelum waktunya

Penyebab rambut menjadi abu-abu di luar faktor usia adalah berkurangnya produksi enzim katalase, dan protein KROX20. Keduanya merupakan zat yang dibutuhkan untuk pembentukan pigmen rambut.

Jika kamu masih muda namun rambutmu sudah memutih, bisa jadi ini disebabkan gaya hidup yang tidak sehat, perawatan rambut yang tidak tepat, dan hal lainnya.

Adapun enzim katalase dan protein KROX20 sendiri secara alami dapat ditemukan dalam kayu balitung. Sehingga pemakaian minyak ini dinilai cukup ampuh untuk mencegah timbulnya uban di usia muda.

Manfaat minyak kayu balitung untuk mencegah rambut rontok

Seperti yang dilansir dari Mayoclinic, rambut rontok (alopecia) dapat memengaruhi kulit kepala atau bahkan seluruh tubuhmu.

Ini bisa bersifat sementara atau permanen. Faktor penyebabnya ada banyak, bisa jadi karena keturunan, perubahan hormon, atau kondisi medis tertentu.

Adapun manfaat minyak kayu balitung bisa kamu ambil untuk membantu mengatasi hal ini, adalah karena di dalamnya terdapat vitamin B12 atau disebut juga cobalamin, yang bisa meningkatkan pertumbuhan rambut sehat.

Cara kerjanya adalah dengan membantu produksi sel darah merah yang kaya oksigen, untuk memberi makan folikel rambut.

Baca juga: Kenali Penyebab Kulit Kepala Kering dan Mengelupas serta Cara Mengatasinya

Manfaat minyak kayu balitung untuk mengatasi rambut kering

Selain susah diatur, rambut kering juga sangat mudah untuk terlihat kusam. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal.

Mulai dari kekurangan gizi, paparan sinar matahari yang berlebihan, terlalu sering kontak dengan air yang mengandung klorin, sampai kebiasaan mencuci rambut berlebihan.

Kamu bisa mencoba memakai minyak kayu balitung untuk mengatasinya, karena ini dapat bertindak sebagai pelindung panas, sehingga efektif memperbaiki rambut rusak akibat kekeringan.

Mencegah kebotakan

Kandungan protein KROX20 dalam minyak kayu balitung juga diketahui dapat membantu mencegah terjadinya kebotakan.

Dilansir dari Food.Ndtv, sebuah studi yang dilakukan oleh University of Texas Southwestern Medical Center, menyebutkan bahwa ada atau tidak adanya sekelompok sel mungkin berada di balik penyebab terjadinya kebotakan.

Adapun sekelompok sel yang dimaksud adalah stem cell factor (SCF), yang dihasilkan oleh protein KROX20.

Jadi ketika sel-sel dengan protein ini dan SCF berfungsi, mereka bergerak ke atas dari akar rambut, folikel rambut, berinteraksi dengan sel-sel melanosit penghasil pigmen, dan tumbuh menjadi rambut baru yang sehat.

Cara membedakan minyak kayu balitung asli dan palsu

Jangan terkecoh dengan harga yang murah, pastikan untuk meneliti beberapa hal berikut ini terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli minyak kayu balitung.

  1. Warna minyak yang asli hitam pekat dan bila dioleskan ke kepala, warna hitamnya sangat jelas terlihat.
  2. Konsistensi cairannya jauh lebih kental & tidak encer seperti minyak balitung palsu.
  3. Baunya khas kayu pohon balitung, tidak seperti minyak balitung palsu yang baunya mirip wangi minyak urang-aring.

Manfaat minyak kayu balitung dapat bervariasi antar individu karena sangat tergantung pada berbagai faktor seperti usia, genetik, pola hidup, dan lain sebagainya.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info kesehatan? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Hair loss, https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hair-loss/symptoms-causes/syc-20372926#:~:text=Hair%20loss%20is%20typically%20related,baldness%20and%20female%2Dpattern%20baldness. Diakses pada 17 November 2020

ANTI-WHITENING – Efficacy of Balitung Oil Anti-Whitening Hair! https://steemit.com/anti-whitening/@alfa-good/efficacy-of-balitung-oil-anti-whitening-hair-96564602aeed2 Diakses pada 17 November 2020

How do I stop my hair from being dry?, https://www.medicalnewstoday.com/articles/321850#home-remedies Diakses pada 17 November 2020

Scientists May Have Found the Cure for Baldness and Grey Hair, https://food.ndtv.com/health/scientists-may-have-found-the-cure-for-baldness-and-grey-hair-1691348 Diakses pada 17 November 2020

CIRI-CIRI MINYAK UBAN KAYU BALITUNG ASLI DAN PALSU, https://inilahciriciriminyakbalitungasli.blogspot.com/2019/02/ini-dia-perbedaan-blackid-minyak-kayu-balitung-premium-blackid.html Diakses pada 17 November 2020

Agen Minyak Penghilang Uban Kayu Balitung Asli Kalimantan, https://medium.com/@marcellodendi/agen-minyak-penghilang-uban-kayu-balitung-asli-kalimantan-1bfe49f023fe Diakses pada 17 November 2020

Minyak kayu balitung, https://www.mandjur.co.id/minyak-kayu-balitung Diakses pada 17 November 2020

 

 

    register-docotr