Kehamilan

Gak Cuma Nikmat, Ini 9 Manfaat Mangga untuk Ibu Hamil!

November 28, 2020 | Fitri Chaeroni | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Rasanya yang asam manis dan menyegarkan pasti membuat siapapun ingin menyantapnya. Tapi untuk ibu hamil, mangga juga bisa membawa manfaat tertentu lho.

Namun meski nikmat dan bermanfaat, ibu hamil harus tetap membatasi konsumsi mangga jangan sampai berlebihan.

Nah sebenarnya apa saja sih manfaat mangga untuk ibu hamil? Serta berapa porsi yang aman untuk dikonsumsi saat hamil? Ini penjelasannya!

Manfaat mangga untuk ibu hamil

Ibu hamil boleh mengonsumsi mangga saat hamil karena buah ini termasuk sumber  energi, antioksidan, dan nutrisi penting yang sangat baik.

Mangga adalah buah musiman dan harus dikonsumsi pada saat tersedia secara alami. berikut beberapa manfaat mangga untuk ibu hamil yang harus Moms tahu:

1. Manfaat mangga untuk cegah anemia pada ibu hamil

Manfaat mangga yang pertama adalah mampu mencegah anemia. Mangga kaya akan vitamin C dan membantu penyerapan zat besi, yang dibutuhkan ibu hamil untuk mengatasi anemia terkait kehamilan.

2. Kaya akan asam folat

Mangga adalah sumber asam folat yang penting untuk perkembangan otak janin dan sumsum tulang belakang. Konsumsi mangga mencegah cacat tabung saraf yang dapat terjadi pada awal kehamilan.

3. Manfaat mangga untuk pencernaan ibu hamil

Kandungan serat dalam mangga membantu Moms merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama. Mangga juga membantu pencernaan dan mencegah sembelit yang kerap dialami wanita hamil pada trimester pertama.

Baca Juga : Moms, Yuk Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Sembelit saat Hamil

4. Sumber antioksidan

Vitamin C dalam mangga berperan sebagai antioksidan yang mampu memperkuat daya tahan tubuh terhadap radikal bebas, yang nantinya dapat mengganggu perkembangan janin dan bahkan menyebabkan kanker. Vitamin C juga dapat menurunkan risiko kelahiran prematur.

5. Kaya vitamin A

Manfaat mangga untuk ibu hamil yang berikutnya adalah tingginya kandungan vitamin A. Vitamin A yang banyak ditemukan di mangga, membantu pembentukan gigi dan tulang bayi.

Selain itu juga penting untuk mata dan pengembangan sistem kekebalan dan membantu perkembangan jantung, paru-paru, dan ginjal.

6. Manfaat mangga untuk perkembangan otak janin

Mangga kaya akan Vitamin B6 seperti asam folat yang berperan dalam perkembangan otak janin dan sistem saraf.

7. Cegah preeklamsia

Mangga mengandung magnesium yang bertindak sebagai obat alami yang sangat baik untuk preeklamsia. Selain itu kandungan vitamin E dalam mangga juga dapat membantu membangun otot janin dan mencegah preeklamsia.

8. Kurangi morning sickness

Rasa mangga yang segar membantu mencegah mual di pagi hari. Vitamin B6 dalam buah ini juga memainkan peran kunci dalam membebaskan Moms dari mual dan muntah di pagi hari.

9. Menyeimbangkan cairan tubuh

Manfaat mangga yang berikutnya adalah mampu menyeimbangkan cairan dalam tubuh. Saat hamil volume darah akan meningkat, sehingga tubuh membutuhkan asupan mineral ekstra.

Mangga mengandung elektrolit seperti kalium, kalsium, magnesium, dan natrium yang membantu menjaga keseimbangan cairan. Elektrolit memastikan saraf, jantung, otak, dan otot Moms bekerja sebagaimana mestinya.

Baca Juga : 6 Manfaat Buah Mangga, Jaga Kesehatan Kulit hingga Cegah Kanker

Berapa banyak mangga yang aman untuk dikonsumsi ibu hamil?

Mangga tinggi akan tetapi bisa menjadi sumber energi yang hebat. Moms akan membutuhkan banyak energi selama kehamilan, terutama pada trimester ketiga.

Jika dokter meminta Moms untuk menambah asupan kalori, Moms bisa menambahkan mangga ke dalam makanan Anda. Namun, kuncinya adalah tidak berlebihan, jadi jangan makan lebih dari satu mangga per hari.

Konsumsi mangga yang berlebihan pada trimester terakhir kehamilan dapat menyebabkan diabetes gestasional, sehingga membatasi porsinya adalah suatu keharusan.

Pilihlah mangga yang matang alami

Meskipun mangga menawarkan banyak manfaat, Moms harus berhati-hati dalam memakannya saat hamil. Moms harus memastikan mangga yang dikonsumsi saat hamil adalah hasil matang alami, bukan dengan bantuan obat kimia.

Mangga yang telah dimatangkan secara artifisial dapat berdampak buruk bagi ibu hamil dan bayi. Buah-buahan ini dimatangkan menggunakan kalsium karbida, zat beracun yang mengandung jejak arsen dan fosfor.

Mangga yang matang secara artifisial menunjukkan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Memiliki bulu berwarna hitam atau putih keabu-abuan
  • Punya bau seperti bawang putih
  • Terlihat matang tetapi tetap mentah dan keras di dalam
  • Tidak memiliki rasa (hambar) dan meninggalkan sisa rasa (aftertaste) yang khas
  • Memiliki masa simpan yang lebih pendek dan mulai menunjukkan bercak hitam lebih cepat
  • Lembut saat disentuh

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar manfaat mangga untuk ibu hamil? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

First Cry Parenting. Diakses pada 3 November 2020. Eating Mangoes During Pregnancy – Is It Safe?

Mango. Diakses pada 3 November 2020. Is Mango Safe During Pregnancy?

Mom Juction. Diakses pada 3 November 2020. 9 Health Benefits Of Eating Mangoes In Pregnancy

    register-docotr