Info Sehat

7 Manfaat Kuning Telur bagi Kesehatan: Meningkatkan Imunitas Tubuh hingga Jantung Sehat

January 29, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Telur adalah salah satu makanan yang menjadi favorit bagi banyak orang. Tak kalah dari putih telur, manfaat kuning telur untuk kesehatan ternyata sangat berlimpah, lho! Mulai dari kaya akan kandungan nutrisi hingga dapat membantu menjaga kesehatan mata.

Nah, agar kamu mengetahui ragam manfaat dari kuning telur, yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Benarkah Makan Telur Setiap Hari Diperbolehkan? Ini Jawabannya

Kandungan nutrisi kuning telur

Perlu kamu tahu bahwa kandungan nutrisi dari kuning telur bergantung pada ukuran, asal, hingga cara pengolahan telur. Satu kuning telur mentah berukuran besar mengandung:

  • 55 kalori
  • 2,70 g protein
  • 4,51 g lemak
  • 184 mg kolesterol
  • 0,61 g karbohidrat
  • 0,10 g gula
  • 0 g serat makanan

Tak sampai di situ saja, kuning telur juga mengandung mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh, ini termasuk kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, sodium, zinc. Di sisi lain, kuning telur juga merupakan sumber vitamin yang sangat berlimpah.

Telur bebek, puyuh, serta telur kalkun memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak jika dibandingkan dengan telur ayam.

Manfaat kuning telur untuk kesehatan

Memiliki banyak kandungan nutrisi, maka tak heran jika kuning telur sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan, sebuah tinjauan pada tahun 2019 menunjukkan bahwa sebagian besar nutrisi dalam telur terdapat pada kuning telur.

Nah, berikut ini adalah berbagai manfaat kuning telur untuk kesehatan yang wajib kamu ketahui.

1. Mengandung lebih banyak vitamin

Dibandingkan dengan putih telur, kuning telur mengandung lebih banyak vitamin. Dalam satu kuning telur (17 g) bahkan mengandung:

  • Vitamin B1 (thiamin): 0,030 mg
  • Vitamin B2 (ribovlafin): 0,090 mg
  • Vitamin B3 (niacin): 0,004 mg
  • Vitamin B6: 0,060 mg
  • Vitamin B12: 0,332 mcg
  • Vitamin A: 64,8 mcg
  • Vitamin E: 0,439 mg
  • Vitamin D (D2 dan D3): 0,918 mcg
  • Vitamin K: 0,119 mcg

Perlu kamu tahu bahwa vitamin A, D, E, serta K hanya dapat ditemukan di dalam kuning telur dan tidak terkandung dalam putih telur. Faktanya, kuning telur merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin D alami.

2. Menurunkan risiko gangguan pada pencernaan

Manfaat kuning telur yang satu ini, tidak lepas dari kandungan protein di dalam kuning telur, seperti phosvitin. Zat ini dapat membantu untuk mengurangi jumlah senyawa dalam tubuh yang menyebabkan peradangan.

3. Meningkatkan sistem kekebalan, salah satu manfaat kuning telur

Senyawa tertentu yang dikenal sebagai sulfated glycopeptides ada di dalam kuning telur. Ini dapat membantu merangsang produksi makrofag, yakni sel-sel dalam sistem kekebalan yang berperan untuk melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.

4. Membantu menstabilkan tekanan darah

Melansir dari laman Medical News Today, sebuah tinjauan mencatat bahwa kuning telur mengandung beberapa senyawa yang dikenal dengan peptida. Senyawa ini dapat membantu mengurangi tekanan darah secara signifikan pada penelitian yang dilakukan terhadap hewan.

Tekanan darah tinggi sendiri merupakan faktor risiko dari penyakit jantung.

Baca juga: 10 Manfaat Telur, Si Makanan Super yang Kaya Nutrisi untuk Kesehatan

5. Mengandung kolin

Kolin merupakan nutrisi yang sangat penting dibutuhkan oleh tubuh dan seringkali dikelompokkan dengan vitamin B.

Zat kolin dapat membantu membangun membran sel serta berperan dalam produksi molekul pemberi sinyal di otak, bersama dengan fungsi lain yang dimiliki olehnya. Tak hanya ditemukan di kuning telur saja, kolin juga ditemukan pada putih telur.

Meskipun demikian, Shilpa Arora ND, seorang praktisi kesehatan sekaligus ahli gizi makribiotik mengatakan bahwa utamanya, sumber kolin paling banyak terdapat dalam kuning telur.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa selama masa kehamilan dan menyusui, asupan kolin yang cukup sangat penting. Sebab, kolin berperan dalam perkembangan otak.

6. Menjaga kesehatan jantung

Vitamin, mineral, serta nutrisi lain yang ditemukan pada kuning telur dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Di sisi lain, kuning telur juga dapat membantu mengatur fungsi jantung agar dapat berfungsi dengan baik. Manfaat ini berkat kandungan kolin yang terdapat dalam kuning telur.

Sebagai tambahan, sebuah studi yang dilakukan oleh University of North Carolina, Amerika Serikat menemukan bahwa wanita yang mencukupi asupan kolin, 24 persen lebih kecil kemungkinan untuk mengembangkan kanker payudara dibandingkan dengan wanita yang tidak mencukupi asupan kolin.

7. Menjaga kesehatan mata

Karotenoid dalam kuning telur, terutama lutein dan zeaxanthin memberikan manfaat kuning telur lainnya, yakni dapat membantu meningkatkan kesehatan mata.

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi lutein dan zeaxanthin dalam jumlah yang cukup secara signifikan dapat mengurangi risiko katarak serta degenerasi makula, yakni dua gangguan pada mata yang umum.

Lutein dan zeaxantin bertindak sebagai antioksidan di mata dan dapat membantu melindungi dari radikal bebas yang menggangu fungsi retina.

Dalam satu studi menemukan bahwa mengonsumsi sekitar 1,3 kuning telur per hari selama 4,5 minggu dapat meningkatkan kadar lutein dalam darah sebesar 28-50 persen dan zeaxanthin sebesar 114-142 persen.

Nah, itulah beberapa manfaat kuning telur bagi kesehatan tubuh. Meskipun memiliki banyak manfaat, sebaiknya janganlah konsumsi kuning telur secara berlebihan, ya. Sebab kuning telur memiliki kandungan kolesterol yang tinggi.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2018). Diakses pada 18 Januari 2021. Top 10 Health Benefits of Eating Eggs 

Livestrong.com. Diakses pada 18 Januari 2021. What Are the Benefits of Egg Yolks?

Medical News Today (2019). Diakses pada 18 Januari 2021. All you need to know about egg yolk 

NDTV (2018). Diakses pada 18 Januari 2021. Don’t Toss Away The Yolk! Here Are 5 Benefits of Egg Yolk You Must Know 

UPI (2008). Diakses pada 18 Januari 2021. Study: Eggs reduce breast cancer risk 

Delcourt, Cécile, Isabelle Carrière (2006). Plasma lutein and zeaxanthin and other carotenoids as modifiable risk factors for age-related maculopathy and cataract: the POLA Study. NIH (diakses pada 18 Januari 2021)

Handelman, G J, Z D Nightingale (1999). Lutein and zeaxanthin concentrations in plasma after dietary supplementation with egg yolk. NIH (diakses pada 18 Januari 2021)

Réhault-Godbert, Sophie, Nicolas Guyot, dan Yves Nys (2019). The Golden Egg: Nutritional Value, Bioactivities, and Emerging Benefits for Human Health. NCBI (diakses pada 18 Januari 2021)

    Berita Terkait
    register-docotr