Info Sehat

Punya Rasa Unik, Ini 4 Manfaat Green Coffee yang Perlu Kamu Ketahui!

January 3, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Green coffee pada dasarnya adalah biji kopi murni yang tidak disangrai dan masih mentah. Selain bisa menjadi minuman alternatif, kamu pun bisa menemukan banyak manfaat green coffee bagi kesehatan, lho.

Healthline menyebut ekstrak kopi hijau bisa digunakan sebagai suplemen dalam diet harian kamu. Kamu pun bisa membeli biji kopi hijau utuh untuk kemudian dibuat minuman seperti kopi yang sudah disangrai pada umumnya.

Beda green coffee dengan kopi biasa

Meskipun asal dari kedua jenis biji kopi ini sama, namun kandungan kimiawi dari green coffee berbeda ketimbang kopi yang sudah disangrai. 

Ketika kamu menyeduh green coffee, rasanya pun tidak akan sama seperti kopi sangrai pada umumnya. Kopi hijau memiliki rasa yang lebih halus, bahkan lebih mirip teh herbal ketimbang kopi.

Kopi hijau memiliki kandungan asam klorogenat yang melimpah, komponen ini memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi yang akan sangat baik bagi kesehatan. 

Kopi yang sudah disangrai pun sebenarnya memiliki kandungan yang sama, tapi asam klorogenatnya sudah hilang karena proses sangrai tersebut.

Manfaat green coffee bagi kesehatan

Meskipun kajiannya masih sangat terbatas, tapi Very Well Fit menyebutkan salah satu manfaat green coffee adalah menstimulasi metabolisme atau proses konversi kalori dan oksigen menjadi energi.

Metabolisme tidak hanya memengaruhi pencernaan saja, tapi juga menunjukkan seberapa baik sel tubuh bekerja, termasuk yang berada di jantung, paru-paru, ginjal, hati serta otak.

Selain itu, beberapa hal berikut ini termasuk manfaat green coffee bagi kesehatan:

1. Manfaat green coffee bagi berat badan

Green coffee bisa jadi satu harapan baru jika kamu coba untuk mengurangi berat badan. Healthline menyebut banyak suplemen green coffee pengurang berat badan di pasaran yang digandrungi banyak orang.

Sebuah kajian literasi yang dipublikasi dalam Journal of Evidence Based Integrative Medicine menemukan dalam penelitian sebelumnya manfaat green coffee bagi penurunan berat badan. 

Dari kajian mereka terhadap 5 percobaan klinis dan satu meta-analisis, para peneliti melaporkan bagaimana subjek penelitian mengalami penurunan berat badan dari 1-8 kg. Hal itu terjadi karena mereka mengonsumsi ekstrak green coffee.

2. Baik untuk diabetes

Jika kamu termasuk penderita diabetes, maka green coffee ini bisa jadi satu minuman yang ramah untukmu. Kandungan polifenol dalam asam klorogenatnya yang melimpah dapat mengatur gula darah. 

Sebuah penelitian di Australia pada tahun 2009 menyebutkan konsumsi tiga hingga empat cangkir kopi tanpa kafein dan melimpah asam klorogenat dapat mengurangi risiko diabetes tipe dua sebanyak 30 persen.

Penelitian tersebut masih memakai biji kopi biasa, bukan kopi hijau yang sejak awal sudah memiliki kandungan asam klorogenat. Jika diasumsikan, maka green coffee bisa memberikan perlindungan yang lebih kuat, namun ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

3. Menurunkan tekanan darah

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical and Experimental Hypertension menyebut green coffee dapat menurunkan tekanan darah.

Penelitian tersebut menyebut sajian 140 mg ekstrak kopi hijau selama 12 minggu dapat menurunkan tekanan darah sistolik hingga 5 mmHg dan diastolik hingga 3 mmHg pada orang dewasa dengan hipertensi ringan.

Meskipun terkesan menjanjikan, tapi tidak berarti green coffee bisa bermanfaat bagi semua penderita tekanan darah tinggi. Alasannya, efek green coffee yang dapat memicu tekanan darah tinggi pada mereka yang sensitif juga sama kuatnya dengan kopi sangrai biasa.

4. Manfaat green coffee bagi penyakit Alzheimer

Ada potensi penurunan gejala kognitif dan neuropsychiatric pada penyakit Alzheimer yang disebabkan oleh green coffee ini. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutritional Neuroscience menyebutkan tikus yang diberikan ekstrak kopi hijau mengalami peningkatan metabolisme di otak. Seperti yang diketahui, penurunan metabolisme di otak adalah salah satu indikator penyakit Alzheimer.

Demikianlah berbagai manfat yang bisa kamu dapatkan dari green coffee. Jangan bosan untuk mencoba minuman sehat yang baru lainnya, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

register-docotr