Olahraga

Stretching untuk Meninggikan Badan, Efektif atau Tidak?

January 3, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Memiliki tubuh ideal adalah idaman bagi kebanyakan orang. Tidak sedikit yang rela melakukan apapun demi mencapai tujuan tersebut, salah satunya adalah rajin latihan stretching untuk meninggikan badan.

Pertanyaannya, apakah stretching benar-benar bisa membantu menambah tinggi badan? Yuk, cari tahu jawabannya dengan ulasan berikut ini!

Masa pertumbuhan manusia

Sebelum membahas lebih dalam tentang stretching untuk meninggikan badan, ada baiknya kamu mengetahui pola dan masa pertumbuhan manusia lebih dulu. Sebab, pada usia tertentu, tulang manusia sudah berhenti berkembang dan tidak bisa tumbuh lagi.

Bayi dan anak-anak

Usia 0 hingga 12 bulan merupakan masa pertumbuhan terbaik pada anak-anak. Mengutip Kid’s Health, tinggi badan bisa mencapai 25 sentimeter sejak bayi pertama kali dilahirkan.

Setelah periode tersebut, pertumbuhan akan menjadi lebih lambat. Tinggi badan mungkin akan bertambah enam sentimeter setiap tahunnya hingga memasuki usia remaja.

Masa remaja

Masa remaja adalah peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Pada perempuan, pubertas dimulai antara usia 8 hingga 13 tahun. Sedangkan pada laki-laki, 10 hingga 15 tahun. Masa remaja akan berakhir pada rentang 15 sampai 17 tahun.

Kids Health mendefinisikan remaja sebagai ‘masa perubahan dramatis’. Artinya, perkembangan pada beberapa bagian tubuh akan terjadi secara masif, salah satunya adalah tinggi badan.

Masa dewasa

stretching untuk meninggikan badan
Lempeng pertumbuhan (growth plate) pada tulang. Sumber foto: www.proactive4pt.com

Sebagian orang dewasa mungkin kurang puas dengan postur tubuhnya yang tidak terlalu tinggi. Akibatnya, banyak trik dan cara menambah tinggi badan dilakukan untuk memperbaikinya.

Sayangnya, menurut Medical News Today, setelah berusia 18 tahun, tubuh sudah berhenti mengalami masa pertumbuhan. Bahkan, Healthline menjelaskan, hampir tak ada teknik atau olahraga khusus yang benar-benar efektif membuat tubuh orang dewasa menjadi lebih tinggi.

Pada saat akhir pubertas, perubahan hormonal menyebabkan ‘lempeng pertumbuhan’ mengeras, sehingga membuat tulang tak bisa lagi ‘memanjang’.

Bagaimana dengan obat peninggi badan yang marak diperjualbelikan? Hingga saat ini, belum ada penelitian ilmiah yang bisa membuktikan efektivitas obat-obatan tersebut.

Stretching untuk meninggikan badan, efektif atau tidak?

Stretching adalah salah satu teknik peregangan yang dipercaya bisa mengoptimalkan pertumbuhan tulang. Hanya saja, stretching untuk meninggikan badan mungkin tidak cukup efektif jika dilakukan oleh orang dewasa.

Sebab, seperti yang telah disebutkan, ‘lempeng pertumbuhan’ pada tulang orang dewasa sudah berhenti berkembang. Stretching untuk meninggikan badan hanya efektif jika dilakukan oleh seseorang yang masih dalam usia pertumbuhan, terutama remaja.

Untuk orang dewasa, yang bisa dilakukan adalah dengan memperbaiki postur agar tetap tegap dan tidak bungkuk. Mempertahankan postur tubuh yang baik akan menjaga jarak antar tulang belakang, sehingga membuat seseorang akan terlihat lebih tinggi.

Olahraga stretching untuk meninggikan badan

Menurut Harvard Medical School, meski dapat membantu meninggikan badan, stretching lebih sering dilakukan untuk mengoptimalkan fleksibilitas tubuh.

David Nolan, ahli terapi fisik Massachusetts General Hospital, menjelaskan bahwa peregangan yang dilakukan secara teratur dapat membuat otot tetap panjang, lentur, kuat, ramping, dan fleksibel dalam hal keseimbangan.

Nah, stretching dapat dilakukan untuk mengoptimalkan pertumbuhan. Lakukan beberapa kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Harvard Medical School, diakses 18 Desember 2020, The importance of stretching.
  2. Healthline, diakses 15 Agustus 2020, Is It Possible to Increase Your Height After 18?
  3. Medical News Today, diakses 15 Agustus 2020, Can Adults Grow Taller?
  4. Medical News Today, diakses 18 September 2020, What factors influence a person’s height?
  5. Kids Health, diakses 15 Agustus 2020, Your Child’s Growth.
  6. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 18 September 2020, Hormonal responses in strenuous jumping effort.

    Berita Terkait
    register-docotr