Info Sehat

9 Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu

October 1, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Terlepas dari perdebatan buah atau sayur, ada banyak kandungan pada tomat yang bisa memberikan dampak positif bagi tubuh.

Buah yang satu ini merupakan sumber dari banyak vitamin, antioksidan, serat, dan zat baik lainnya. Lalu, apa saja manfaat buah tomat untuk kesehatan?

Manfaat buah tomat yang tidak boleh disepelekan

Kementerian Kesehatan RI tidak pernah bosan mengajak masyarakat untuk hidup sehat dengan memanfaatkan buah-buahan di sekitar, salah satunya tomat.

Buah yang memiliki nama latin Solanum lycopersicum ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Di antaranya adalah mampu mencegah kanker, baik untuk kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mengontrol kadar gula darah.

1. Pencegahan kanker

Salah satu unsur pembentuk jaringan kanker di dalam tubuh adalah radikal bebas. Tomat yang merupakan sumber dari vitamin C dan antioksidan dapat menangkal radikal bebas tersebut.

Ini bukan isapan jempol belaka, karena sebuah riset pada jurnal Molecular Cancer Research menunjukkan bahwa kanker prostat dapat dicegah dengan senyawa betakaroten yang ada pada tomat.

Selain itu, likopen yang merupakan sebuah polifenol diklaim mampu mencegah perkembangan kanker, terutama tomat yang berwarna merah.

2. Manfaat tomat untuk mata

Tomat mengandung karotenoid, termasuk likopen, yang membantu mencegah kerusakan mata akibat cahaya pada retina dan area mata lainnya. Tomat juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik dan dapat membantu meningkatkan fungsi penglihatan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tomat merupakan sumber dari lutein, likopen, dan betakaroten. Selain efektif menangkal radikal bebas, zat-zat tersebut terbukti ampuh dalam penanganan beberapa kasus kelainan pada mata, seperti katarak dan degenerasi makula (AMD).

Sebuah riset oleh The Eye Disease Study (AREDS) mengemukakan, seseorang yang mendapat asupan zat-zat di atas memiliki risiko lebih rendah mengalami kelainan dan gangguan penglihatan.

Baca juga: Padangan Sering Buram? Hati-hati, Bisa Jadi Gejala Katarak

3. Manfaat tomat untuk ibu hamil

Merupakan sumber vitamin C yang baik, tomat bisa menjadi nutrisi penting selama kehamilan untuk memastikan tulang, gigi, dan gusi janin berkembang dengan sehat.

Agar kandungan vitamin C di dalamnya diserap dengan optimal, Moms bisa mengonsumsi tomat dengan mencampurkannya bersama makanan kaya zat besi, seperti sayuran berdaun hijau gelap atau daging merah.

Tomat juga mengandung likopen dalam jumlah tinggi, ini adalah antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan sel. Penelitian telah menunjukkan bahwa likopen dalam diet kehamilan dapat mengurangi risiko preeklamsia.

Salah satu manfaat buah tomat yang jarang diketahui adalah adanya kandungan folat yang mampu membantu ibu hamil dalam memenuhi nutrisi sang janin. Folat sendiri merupakan satu di antara nutrisi yang dibutuhkan janin pada proses pembentukan organ-organ tertentu.

Asupan folat bisa mengurangi risiko lahir cacat pada bayi. Ini karena folat bekerja dengan melindungi saraf-saraf pada janin. Dengan demikian, bayi bisa lahir dalam kondisi yang sehat.

4. Baik untuk penderita diabetes

The American Diabetes Association merekomendasikan penderita diabetes untuk mengonsumsi tomat. Ini karena salah satu manfaat buah tomat adalah mampu mengatur kadar gula darah pada tubuh, yaitu berasal dari serat fiber.

Mengontrol di sini adalah menjaga kadar gula darah berada pada posisi normal. Pada diabetes tipe 1, tomat dapat menurunkan kadar gula darah. Begitu juga dengan diabetes tipe 2, serat yang terkandung dalam tomat dapat membantu mengendalikan kadar gula darah.

5. Manfaat buah tomat untuk jantung

Selain vitamin C, tomat juga mengandung kolin, serat, dan kalium. Ketiganya memiliki peran penting bagi kesehatan jantung. Asupan kalium dapat menurunkan risiko beberapa gangguan jantung seperti serangan jantung, menurunkan kadar LDL, dan sebagainya.

Asupan tomat juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan lapisan dalam dari permukaan pembuluh darah. Hal ini dapat mencegah terjadinya penyumbatan dan kekakuan pembuluh darah.

Yang mengagumkan, ada kandungan folat yang bisa dijumpai pada buah tomat. Zat ini dapat menyeimbangkan level homosistein, asam amino yang muncul dari protein. Folat dapat mengurangi potensi serangan jantung dan stroke.

6. Manfaat buah tomat untuk kulit

Siapa sih yang tidak ingin memiliki kulit sehat? Kesehatan kulit sangat bergantung pada kolagen, yaitu protein dalam tubuh yang berfungsi sebagai zat pembentuk kulit. Kolagen sendiri sangat berkaitan dengan vitamin C.

Vitamin C yang melimpah pada tomat bisa membantu kolagen bekerja secara optimal. Kekurangan vitamin C akan menimbulkan masalah pada kulit, seperti kudis. Tentu kamu tak mau terjadi sesuatu pada kulitmu, kan?

Selain itu, vitamin C merupakan satu jenis antioksidan yang kuat, mampu melindungi kulitmu dari kerusakan yang diakibatkan polusi, paparan sinar matahari, dan asap. Kulit kendur dan keriput adalah dampak negatif yang bisa dirasakan dalam jangka waktu panjang.

7. Manfaat tomat untuk wajah

Dilansir Healthline, para ahli kecantikan banyak menganjurkan tomat untuk perawatan harian alami pada wajah. Ini karena manfaat tomat untuk wajah sangat luas, mulai dari fungsi pembersihan, pengencangan, dan pelembap wajah.

Tak hanya itu, manfaat tomat untuk wajah juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat, karena kandungan antioksidannya mampu memperbaiki sel kulit wajah yang rusak akibat jerawat.

8. Mengatasi sembelit

Manfaat buah tomat yang lain adalah mampu mengatasi sembelit. Kandungan air dan serat pada tomat dapat membantu usus bekerja secara optimal. Kandungan ini akan menghidrasi pergerakan feses, sehingga kamu tak akan kesulitan saat buang air besar.

Baca juga: Awas, Kelamaan Kerja Depan Komputer Sebabkan Sakit Punggung Belakang

9. Menyeimbangkan tekanan darah

Selain digunakan sebagai bahan makanan, buah tomat juga bisa dijadikan jus. Jus tomat dapat mengontrol tekanan darah, khususnya untuk penderita hipertensi.

Dr. Nicole Weinberg, ahli jantung di Providence Saint John’s Health Center, Amerika Serikat, memaparkan bahwa kandungan potasium pada tomat dapat menyimbangkan tekanan darah.

Ungkapan tersebut bukan isapan jempol belaka, karena telah dibuktikan oleh riset yang dilakukan Food Science and Nutrition di Jepang.

Manfaat kombinasi jus tomat dan bawang putih

Jika kamu sudah bosan mengonsumsi tomat dengan cara yang itu-itu saja, kamu bisa sedikit memvariasikannya dengan membuat jus tomat dan bawang putih. Berikut adalah resep yang bisa kamu tiru:

Bahan-bahan:

  1. 8 buah tomat
  2. 2 siung bawang putih atau 1 sendok teh bawang putih cincang

Cara membuat:

Taruh bawang putih ke dalam blender, lalu cuci dan potong masing-masing tomat menjadi dua bagian. Masukkan tomat ke dalam blender dan hancurkan sampai halus.

Itulah beberapa manfaat buah tomat untuk kesehatan. Jadi, kapan kamu akan mulai mengonsumsi tomat?

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr