Info Sehat

6 Manfaat Buah Matoa untuk Tubuh: Baik untuk Kulit dan Jantung

May 28, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Indonesia merupakan negara di mana banyak tanaman dan buah tropis bisa tumbuh subur, salah satunya adalah matoa. Tak hanya memiliki rasa yang khas, ada banyak manfaat buah matoa yang baik untuk kesehatan.

Lantas, apa saja manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi buah matoa? Untuk mengetahui manfaat matoa lebih lanjut, yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Baca juga: Ciri-Ciri Darah Rendah Secara Umum yang Perlu Diwaspadai

Sekilas tentang buah matoa

Matoa adalah buah dari pepohonan tropis Papua. Buah bernama Latin Pometia pinnata ini masuk dalam keluarga Sapindaceae dan masih memiliki hubungan dengan rambutan, leci, dan kelengkeng.

Buah bertekstur lunak dan berair tersebut memiliki banyak jenis, termasuk berwarna merah, ungu, dan hijau. Matoa adalah buah yang unik, karena berbentuk seperti kelengkeng, namun memiliki rasa manis menyerupai durian.

Kulit buahnya tipis atau agak tebal dan halus dan sebagian membungkus satu biji besar dengan embrio melengkung. Bijinya berbentuk telur, bersisi tidak sama dengan panjang hingga 2,5 cm dan lebar 1,5 cm berwarna coklat dan berpenutup putih.

Manfaat buah matoa untuk kesehatan

Tak hanya nikmat dan menyegarkan, matoa juga mempunyai banyak manfaat untuk tubuh, baik sebagai penunjang kesehatan maupun pencegahan penyakit. Kandungan vitamin C dan E yang tinggi dapat memberikan beberapa khasiat dan efek positif, di antaranya adalah:

1. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat buah matoa yang pertama adalah membantu menjaga kesehatan kulit. Vitamin E pada matoa bisa menjaga kelembapan kulit dan elastisitasnya.

Bersama dengan senyawa fitokimia yang ada, vitamin E bahkan dapat membantu proses regenerasi kulit. Proses tersebut sangat penting untuk menjaga kulit agar tetap terlihat cerah dan tidak kusam.

2. Mencegah gangguan mental

Tak hanya baik untuk kulit, vitamin E pada buah matoa juga bisa membantu mencegah berbagai masalah mental, lho. Menurut sebuah penelitian di Indian Journal of Psychiatry, kekurangan asupan vitamin E sering dikaitkan dengan stres berkepanjangan.

Tak hanya itu, risiko beberapa gangguan suasana hati juga bisa meningkat, seperti depresi dan gangguan kecemasan (anxiety disorder).

Baca juga: Sering Dianggap Sama, Ini Lho Perbedaan Stres dan Depresi

3. Tingkatkan stamina dan daya tahan

Apakah kamu sering merasa mudah capek ketika sedang bekerja? Jika ya, buah matoa bisa menjadi solusinya. Dikutip dari Health Benefits Times, kandungan gula alami pada matoa dapat dicerna dan diubah oleh tubuh menjadi energi.

Hal tersebut akan membuatmu lebih bertenaga dalam menjalankan sesuatu. Bahkan, jika dikonsumsi secara rutin, matoa juga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh agar tak mudah terserang penyakit.

4. Pencegahan kanker

Kanker adalah penyakit yang mengancam nyawa. Beberapa jenisnya sulit dideteksi di awal, sehingga baru diketahui saat sudah menyebar dan parah. Kamu bisa mencegahnya dengan rutin mengonsumsi matoa.

Kandungan vitamin C dan E berperan sebagai antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Zat asing berbahaya dari luar bisa mengganggu sel-sel sehat, lalu memicu perkembangan sel abnormal hingga berubah menjadi kanker.

5. Menjaga kesehatan jantung

Salah satu manfaat buah matoa yang jarang diketahui banyak orang adalah kemampuannya dalam menjaga kesehatan jantung. Vitamin C yang dimiliki berperan penting dalam pencegahan berbagai penyakit kardiovaskular.

Menurut sebuah studi pada 2016 yang terbit pada International Journal of Molecular Sciences, vitamin C cukup efektif dalam menurunkan kolesterol jahat dengan meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam darah. Tingginya kolesterol jahat bisa memicu pembentukan plak.

Plak tersebut dapat mempersempit rongga pembuluh darah dan mengganggu sirkulasi di dalamnya. Akibatnya, tekanan darah menjadi tinggi dan jantung dipacu untuk bekerja lebih keras. Tentu saja, ini bisa menurunkan fungsi dan kemampuan terbaik dari organ tersebut.

Baca juga: Penyakit Jantung: Kenali Penyebab dan Cara Pencegahannya

6. Meningkatkan kesuburan

Manfaat buah matoa yang terakhir adalah bisa membantu meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Lagi-lagi, vitamin E berperan penting dalam hal ini.

Menurut sebuah publikasi di Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat, vitamin E dapat mengoptimalkan ovulasi pada wanita, yaitu proses pelepasan sel telur yang sudah matang dari ovarium ke saluran tuba untuk dibuahi.

Sedangkan pada pria, seperti dikutip dari Healthline, vitamin E bisa memperbanyak jumlah sperma dan meningkatkan kelincahannya agar lebih cepat bertemu dengan sel telur.

Nah, itulah ulasan tentang manfaat buah matoa untuk tubuh yang perlu kamu tahu. Untuk mendapat khasiat terbaiknya, imbangi juga dengan rutin berolahraga dan pola hidup sehat.

Fakta lain dari matoa

Matoa atau fiji longan adalah pohon cemara tumbuh dengan tinggi sekitar 12 sampai 40 meter dan lebar 10 hingga 20 meter. Batangnya berbentuk silindrus, lurus setinggi 7 meter dan diameter sampai 30 meter dengan kulit berwarna coklat kekuningan sampai kemerahan.

Tanaman matoa ditemukan tumbuh secara umum di hutan dataran rendah, tepi hutan, aliran lava dan sering dibudidayakan di desa-desa. Matoa tumbuh subur di berbagai jenis tanah yang sedikit asam hingga netral.

Tanaman ini memiliki daun majemuk berseling, bertangkai, yang panjangnya lebih dari 1 meter. Setiap daun terdiri dari 4 hingga 15 pasang selebaran dan tidak memiliki selebaran terminal.

Sewaktu muda, helai daun berwarna merah cerah dan berubah menjadi hijau tua saat dewasa. Sepasang selebaran terendah lebih kecil yang lain, bulat, berbentuk bantalan tampak seperti bintik dengan salah satu selebaran mengecil.

Selain itu, tanaman ini menghasilkan bunga jantan dan betina. Bunganya berukuran sekitar 2 hingga 2,5 mm di mana umumnya berwarna putih hingga hijau kuning dan tumbuh pada tangkai berbunga cabang sepanjang 15 hingga 70 cm .

Khasiat matoa bagi tubuh

Selain beberapa manfaat di atas, rutin mengonsumsi buah matoa juga berkhasiat pada kesehatan tubuh lainnya. Beberapa khasiat lain yang bisa kamu dapatkan dari matoa, yakni sebagai berikut:

Membantu mengontrol tekanan darah tinggi

Tak hanya daging buahnya, ekstrak biji dan daun dari matoa ternyata juga terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Ekstrak matoa terdiri dari diuresis, di mana dapat meningkatkan jumlah cairan yang dikeluarkan dari tubuh.

Perlu diketahui, jika terdapat terlalu banyak cairan di dalam tubuh maka otomatis akan menyebabkan tekanan darah meningkat. Karena itu, jika kadar cairan kembali normal bisa membuat tekanan darah menurun.

Melawan infeksi virus

Infeksi virus jarang mengakibatkan masalah kesehatan yang fatal, akan tetapi melawannya bukan kasus yang mudah. Hal terbaik untuk melawan infeksi ini adalah dengan memastikan sistem kekenalan dalam kondisi prima salah satunya mengonsumsi buah matoa.

Buah satu ini kaya akan vitamin C dan antioksidan di mana merupakan perlindungan yang sempurna untuk melawan infeksi virus. Karena itu, pastikan untuk mengonsumsi buah satu ini secara rutin agar khasiatnya bisa didapatkan dengan maksimal.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Selama latihan fisik, kamu biasanya membutuhkan daya tahan untuk meningkatkan produktivitas kerja. Daya tahan tubuh sangat erat kaitannya dengan stamina dan senyawa gula yang didapatkan dalam makanan tententu.

Salah satu cara mendapatkan asupan gula yang cukup adalah dengan mengonsumsi matoa. Buah satu ini merupakan penambah energi yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Melawan radikal bebas

Buah matoa merupakan sumber antioksidan yang sangat baik karena terkandung vitamin C dan vitamin E. Kombinasi kedua vitamin tersebut akan memberikan antioksidan kuat yang dibutuhkan tubuh untuk melawan radikal bebas secara efektif.

Adakah hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi matoa?

Sebelum kamu mengonsumsi matoa, ada baiknya untuk berhati-hati dengan reaksi alergi karena ini bukan jenis buah yang biasa ditemukan di pasaran. Karena itu, jika kamu memiliki alergi terhadap buah leci atau lengkeng, mungkin menghindari buah matoa merupakan langkah bijak.

Apabila kamu kurang familiar dengan buah ini, jangan coba-coba untuk mengonsumsinya. Hal ini dikarenakan mungkin buah matoa menyebabkan alergi yang lebih berbahaya bagi tubuh.

Bagaimana cara mengatasi alergi buah?

Alergi pada buah tertentu sering disebut juga sebagai sindrom alergi oral atau OAS. Saat seseorang mengalami sindrom ini, maka dapat memicu reaksi alergi di mulut dan tenggorokan karena protein memiliki struktur yang mirip dengan serbuk sari.

Gejala OAS ini cenderung bisa lebih buruk selama tahun ke tahun. Karena itu, terdapat beberapa cara tepat untuk mengatasi alergi pada buah tertentu, antara lain sebagai berikut:

Hindari makanan pemicu

Hal yang perlu dilakukan pertama kali untuk mengatasi alergi pada buah adalah menghindari makanan pemicunya. Beberapa cara mudah lainnya untuk mengurangi gejala OAS, antara lain:

  • Masak atau panaskan makanan sebelum dikonsumsi. Mempersiapkan makanan dengan panas dapat mengubah komposisi protein yang terkandung di dalamnya.
  • Beli buah kalengan. Jika kamu alergi terhadap buah segar, maka bisa mencoba konsumsi buah kalengan.
  • Kupas buah sebelum dikonsumsi. Protein penyebab OAS seringkali ditemukan di kulit sehingga pastikan untuk mengupas buah terlebih dahulu.

Perawatan over-the-counter atau OTC

Menurut sebuah studi tahun 1991, penghambat histamin OTC atau antihistamin dapat digunakan untuk mengatasi gejala alergi oral.

Konsumsi obat-obatan, termasuk antihistamin sebelum makan belum terbukti sepenuhnya efektif sehingga membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Imunoterapi

Obat yang diobati dengan imunoterapi untuk OAS memiliki hasil beragam. Dalam studi klinik pada 2004, peserta dapat mentolerir sejumlah kecil pemicu alergi setelah dilakukan imonuterapi.

Akan tetapi, peserta diketahui tidak dapat mengatasi gejala OAS sepenuhnya. Karena itu, jika mengalami hal ini maka segera lakukan perawatan lebih lanjut bersama dokter agar gejala alergi tidak semakin memburuk.

Dokter biasanya akan melakukan diagnosis terlebih dahulu untuk mengetahui cara mengatasi alergi. Pastikan untuk selalu mengikuti anjuran dokter agar gejala alergi yang dirasakan bisa segera berkurang dan menghilang sama sekali.

Baca juga: Badan Lemas Tak Bertenaga? Ketahui, Ini Beberapa Penyebab Umumnya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

  1. Health Benefits Times, diakses 23 Desember 2020, Health benefits of Fiji Longan.
  2. Healthline, diakses 23 Desember 2020, Try These 12 Vitamins and Supplements to Boost Your Fertility.
  3. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 23 Desember 2020, Vitamin E as an Antioxidant in Female Reproductive Health.
  4. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 23 Desember 2020, Vitamin C and Heart Health: A Review Based on Findings from Epidemiologic Studies.
  5. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 23 Desember 2020, Role of antioxidants in generalised anxiety disorder and depression.
  6. Drhealthbenefits.com, diakses 28 Mei 2021. 10 Health Benefits of Matoa Fruit (#1 Exotic Fruit from Papua)
  7. Healthline (2020), diakses 28 Mei 2021. What Is Oral Allergy Syndrome?

    register-docotr