Info Sehat

Manfaat Bayam Merah untuk Kesehatan, Memperkuat Akar Rambut hingga Jaga Kesehatan Kulit!

January 4, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu
no-image

Manfaat bayam merah memang belum diketahui banyak orang sehingga keberadaannya seringkali diabaikan. Padahal, bayam merah mengandung nutrisi yang melimpah di mana sangat bagus untuk tubuh jika rutin dikonsumsi.

Khasiat yang ditawarkan bayam merah juga berguna untuk kesehatan kulit dan rambut. Nah, untuk mengetahui manfaat bayam merah untuk kesehatan tubuh lebih lanjut yuk simak penjelasannya berikut. 

Baca juga: Daftar Obat Sesak Napas yang Bisa Dibeli di Apotek hingga Cara Alami

Kandungan gizi bayam merah

Dilansir dari Styleatlife.com, bayam merah merupakan sejenis sayuran berdaun dengan nama ilmiah Amaranth Dubius. Sayuran satu ini masuk ke dalam keluarga Amaranthus Genus dan dikenali dari daun berwarna kemerahan.

Batangnya juga memiliki warna merah, namun tidak seperti Amaranthus ramping yang berwarna hijau. Bayam merah tidak terkait dengan bayam hijau, tetapi mendapatkan namanya karena memiliki kemiripan penampilan.

Perlu diketahui, semakin cerah warna makanan maka semakin baik untuk kesehatan. Karena itu, bayam merah menduduki puncak makanan yang menawarkan manfaat penuh untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan bayam merah mengandung zat besi yang dapat mencegah kondisi anemia. 

Bayam merah juga sarat dengan vitamin C dan antioksidan alami lainnya. Jika bayam merah dikonsumsi secara rutin, maka dapat membantu memperkuat sistem kekebalan sehingga tubuh menjadi lebih sehat. 

Manfaat bayam merah yang perlu diketahui

Sayuran bayam merah kaya akan kalsium dan niasin yang sangat cocok untuk dimasukkan ke dalam menu makan harian. Terdapat beberapa manfaat bayam merah lainnya yang perlu diketahui, yaitu:

Meningkatkan pencernaan

Kandungan serat pada bayam merah sangat bermanfaat untuk sistem pencernaan. Serat sendiri dapat membantu mengatur pergerakan usus dengan membersihkannya. Mengonsumsi bayam merah akan meningkatkan proses pencernaan dan kesehatan usus besar.

British Journal of Nutrition menyatakan makanan yang kaya serat, seperti bayam merah juga bisa meredakan sembelit, mencegah kanker usus besar, diabetes, dan kolesterol. Jika ingin mengonsumsinya, disarankan untuk memakan batang bayam merah beserta daunnya agar mendapatkan hasil maksimal.

Membantu menurunkan berat badan

Kandungan protein dalam bayam merah dapat membantu mengurangi kadar insulin dalam darah. Protein akan melepaskan hormon yang bertindak sebagai penghenti rasa lapar sehingga menurunkan keinginan makan secara konstan.

Dikutip dari National Library of Medicine, serat di dalam bayam merah juga dapat membantu menjaga rasa lapar. Serat makanan dalam jumlah tinggi akan meningkatkan laju metabolisme sehingga mampu membantu menurunkan berat badan.

Obati anemia

Bayam merah memiliki kandungan zat besi yang tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk perkembangan aliran darah dalam tubuh.

The New England Journal of Medicine menyatakan bahwa konsumsi makanan yang kaya akan zat besi seperti bayam merah secara teratur akan membantu meningkatkan kadar hemoglobin dan membersihkan darah. Ambil 2 genggam daun bayam merah dan cuci bersih dengan air mengalir.

Hancurkan sampai mendapatkan pasta yang halus lalu tambahkan 1 sendok makan jus lemon, 1 sendok makan madu, dan telur kemudian saring cairannya. Minum sekali sehari secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

Tingkatkan fungsi ginjal

Manfaat bayam merah yang bisa kamu dapatkan lainnya adalah meningkatkan fungsi ginjal, terutama karena kandungan seratnya yang tinggi. Penelitian yang dipublis dalam jurnal Agricultural Science mengatakan jika simpul daun dapat membantu membuang racun dari sistem.

Untuk meningkatkan fungsi dan membersihkan ginjal, bayam merah perlu dikonsumsi beserta batangnya. Hal ini juga berlaku untuk wanita yang baru saja melahirkan anak dan ingin membersihkan organ dengan baik serta mengaturnya.

Memperkuat akar rambut

Salah satu manfaat bayam merah yang dikonsumsi rutin adalah meningkatkan kualitas rambut. Hal ini karena bayam merah kaya akan antioksidan. Wiley Online Library menyatakan konsumsi makanan tinggi antioksidan dapat membantu mengatasi rambut rontok dengan cara memperkuat akarnya.

Konsumsilah pasta bayam merah yang dicampur dengan garam lalu saring. Jus ini bisa diminum 2 hingga 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik pada rambut serta akarnya karena tingkat mineral dan vitamin yang tinggi.

Menjaga kesehatan kulit

Bayam merah mengembangkan kolagen yang dapat bertindak sebagai antioksidan. Penelitian yang dirilis dalam National Library of Medicine, kandungan vitamin C pada bayam merah juga dapat membantu meningkatkan kualitas kulit dengan memperbaiki sel kulit mati dan mengembangkan sel baru.

Pigmen berwarna merah pada daun diketahui dapat melawan radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif pada sel kulit. Agen ini juga dikenal mampu mendorong pertumbuhan sel baru untuk menampilkan kulit yang lebih muda dan segar.

Meningkatkan kekuatan tulang

Bayam merah mengandung vitamin K yang berguna untuk meningkatkan kesehatan tulang. Perlu diketahui, kekurangan vitamin K dapat menyebabkan perkembangan osteoporosis atau patah tulang.

Bagus untuk mata

Bayam merah juga kaya akan vitamin E yang sangat bagus untuk kesehatan mata. Vitamin E yang dikonsumsi rutin dapat meningkatkan penglihatan dan mempertahankannya.

Meski memiliki beragam manfaat, tidak terdapat cukup informasi mengenai penggunaannya untuk ibu hamil atau menyusui. Karena itu, usahakan untuk berkonsultasi terlebih dahulu jika ingin mengonsumsi bayam merah.

Baca juga: Sering Disebut Minuman Ajaib, Ini Dia Manfaat Konsumsi Teh Jiaogulan untuk Tubuh!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Stylesatlife.com (2020), diakses 22 Desember 2020. 15 Research-Based Red Spinach Benefits For Skin, Hair & Health
  2. Bolddsky (2018), diakses 22 Desember 2020. 20 Wonderful Benefits Of Red Spinach, Nutrition & Recipes
  3. Stylecraze.com (2019), diakses 22 Desember 2020. 14 Best Benefits Of Red Spinach For Skin, Hair And Health
  4. Wiley Online Library (2013), diakses 22 Desember 2020. Nutritional Components of Amaranth Seeds and Vegetables: A Review on Composition, Properties, and Uses
  5. Webmd, diakses 24 Desember 2020. AMARANTH
  6. The British Journal of Medicine (2016), diakses 24 Desember 2020. Re-evaluation of the mechanisms of dietary fibre and implications for macronutrient bioaccessibility, digestion and postprandial metabolism
  7. The New England Journal of Medicine (2015), diakses 24 Desember 2020. Iron-Deficiency Anemia
    Berita Terkait
    register-docotr