Info Sehat

Manfaat Bayam Merah untuk Kesehatan, Memperkuat Akar Rambut hingga Jaga Kesehatan Kulit!

January 4, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Manfaat bayam merah memang belum diketahui banyak orang sehingga keberadaannya seringkali diabaikan. Padahal, bayam merah mengandung nutrisi yang melimpah di mana sangat bagus untuk tubuh jika rutin dikonsumsi.

Khasiat yang ditawarkan bayam merah juga berguna untuk kesehatan kulit dan rambut. Nah, untuk mengetahui manfaat bayam merah untuk kesehatan tubuh lebih lanjut yuk simak penjelasannya berikut. 

Baca juga: Daftar Obat Sesak Napas yang Bisa Dibeli di Apotek hingga Cara Alami

Kandungan gizi bayam merah

Dilansir dari Styleatlife.com, bayam merah merupakan sejenis sayuran berdaun dengan nama ilmiah Amaranth Dubius. Sayuran satu ini masuk ke dalam keluarga Amaranthus Genus dan dikenali dari daun berwarna kemerahan.

Batangnya juga memiliki warna merah, namun tidak seperti Amaranthus ramping yang berwarna hijau. Bayam merah tidak terkait dengan bayam hijau, tetapi mendapatkan namanya karena memiliki kemiripan penampilan.

Perlu diketahui, semakin cerah warna makanan maka semakin baik untuk kesehatan. Karena itu, bayam merah menduduki puncak makanan yang menawarkan manfaat penuh untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan bayam merah mengandung zat besi yang dapat mencegah kondisi anemia. 

Bayam merah juga sarat dengan vitamin C dan antioksidan alami lainnya. Jika bayam merah dikonsumsi secara rutin, maka dapat membantu memperkuat sistem kekebalan sehingga tubuh menjadi lebih sehat. 

Manfaat bayam merah yang perlu diketahui

Memperbaiiki pencernaan

British Journal of Nutrition menyatakan makanan yang kaya serat, seperti bayam merah juga bisa meredakan sembelit, mencegah kanker usus besar, diabetes, dan kolesterol. Jika ingin mengonsumsinya, disarankan untuk memakan batang bayam merah beserta daunnya agar mendapatkan hasil maksimal.

Membantu menurunkan berat badan

Dikutip dari National Library of Medicine, serat di dalam bayam merah juga dapat membantu menjaga rasa lapar. Serat makanan dalam jumlah tinggi akan meningkatkan laju metabolisme sehingga mampu membantu menurunkan berat badan.

Obati anemia

The New England Journal of Medicine menyatakan bahwa konsumsi makanan yang kaya akan zat besi secara teratur akan membantu meningkatkan kadar hemoglobin dan membersihkan darah.

Konsumsi bayam merah dapat membantu untuk menambah darah dalam tubuh.

Memperkuat akar rambut

Salah satu manfaat bayam merah yang dikonsumsi rutin adalah meningkatkan kualitas rambut.

Konsumsi bayam merah dapat membantu untuk menguatkan akar rambut dan mencegah tumbuhnya uban.

Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin C pada bayam merah juga dapat membantu meningkatkan kualitas kulit dengan memperbaiki sel kulit mati dan mengembangkan sel baru.

Pada 1 mangkuk bayam merah mengandung 20-24 persen vitamin C yang dapat membantu memperbaiki kondisi kulit.

Baca juga: Sering Disebut Minuman Ajaib, Ini Dia Manfaat Konsumsi Teh Jiaogulan untuk Tubuh!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

 

  1. Wiley Online Library (2013), diakses 22 Desember 2020. Nutritional Components of Amaranth Seeds and Vegetables: A Review on Composition, Properties, and Uses
  2. Webmd, diakses 24 Desember 2020. AMARANTH
  3. The British Journal of Medicine (2016), diakses 24 Desember 2020. Re-evaluation of the mechanisms of dietary fibre and implications for macronutrient bioaccessibility, digestion and postprandial metabolism
  4. The New England Journal of Medicine (2015), diakses 24 Desember 2020. Iron-Deficiency Anemia
  5. pharmeasy.in , diakses 3 Februari 2021. 16 Health Benefits of Amaranth Leaves That You Must Know?
  6. drhealthbenefits.com , diakses 3 Februari 2021 . 26 Health Benefits of Red Spinach for Eyes, Skin, and Hair
    register-docotr