Info Sehat

Baking Soda Bukan Cuma Pengembang Kue, Tapi Kaya Manfaat untuk Kecantikan

August 20, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Buat kamu yang suka membuat kue, pastinya sudah tidak asing dengan baking soda. Biasanya manfaat baking soda dikenal sebagai bahan pengembang kue dan roti.

Namun selain itu, ternyata ada manfaat baking soda lainnya yang berhubungan dengan kecantikan dan kesehatan. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika menggunakannya dengan tepat.

Berbagai manfaat baking soda untuk kecantikan kulit wajah

Jika pada umumnya, selain untuk memasak, baking soda dikenal mampu meredakan gatal pada kulit. Lebih dari itu, baking soda juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah kecantikan seperti berikut.

Mengatasi peradangan kulit wajah akibat jerawat

Jerawat memang tidak mengancam jiwa, namun memiliki kulit wajah meradang akibat jerawat tentu menurunkan tingkat kepercayaan diri.

Kamu bisa mengatasi kulit meradang tersebut menggunakan baking soda. Selain membantu menenangkan kulit kemerahan karena peradangan, penggunaan baking soda juga dapat membantu mengurangi nyeri jerawat.

Hal tersebut bisa terjadi karena baking soda memiliki sifat anti inflamasi dan antiseptik. Namun, tidak disarankan untuk menggunakannya setiap hari.

Meredakan jerawat yang membengkak

Pasti menyebalkan jika ada benjolan-benjolan jerawat besar di wajah. Jika kamu ingin mengempiskan benjolan tersebut, kamu bisa mengandalkan baking soda.

Manfaat baking soda dalam mengempiskan bengkak jerawat sudah dikenal sejak lama. Caranya, campurkan 2 sendok teh baking soda dengan air. Lalu oleskan ke bagian jerawat yang bengkak.

Ingat, cukup oleskan di daerah benjolan jerawat dan biarkan selama 20 menit. Bilas dan gunakan pelembap setelahnya. Ini akan membantu mengempiskan jerawat.

Untuk mengangkat sel kulit mati

Selain mengatasi jerawat, baking soda juga bisa digunakan untuk mengangkat sel kulit mati. Ada dua cara penggunaan baking soda sebagai pengangkat sel kulit mati.

Kamu bisa menggunakannya dicampur dengan masker wajah. Atau bisa langsung mengoleskannya ke wajah setelah dicampur dengan air.

Jika kamu menggunakan baking soda sebagai masker, jangan gunakan lebih dari 15 menit. Segera bilas, jangan lupa gunakan pelembap wajah, agar kulit wajah tidak terasa kering.

Menjaga kebersihan kulit wajah

Karena sifat antiseptiknya, baking soda juga dipercaya dapat menjaga kebersihan kulit wajah. Karena itu, kamu bisa menggunakannya sebagai pembersih wajah.

Caranya, cukup campurkan setengah sendok teh dengan sabun pembersih wajah, lalu oleskan ke wajah seperti membersihkan wajah pada umumnya.

Kemudian bilas hingga bersih dan setelahnya gunakan pelembap untuk menghindari kulit wajah kering. Kamu bisa melakukannya dua kali seminggu. Selebihnya, kamu bisa terus menggunakan produk pembersih wajah seperti biasa.

Selain berhubungan dengan wajah, manfaat baking soda juga dapat menunjang kecantikan lainnya. Kamu bisa mencobanya untuk meningkatkan kepercayaan diri dengan berbagai cara seperti berikut ini.

Manfaat baking soda lainnya

Berikut ini beberapa manfaat baking soda lainnya, yang bisa kamu coba di rumah.

Baking soda membuat rambut lebih sehat

Kamu bisa menggunakan baking soda sebagai campuran sampo untuk membersihkan rambut. Menggunakan satu sendok teh soda kue bersama dengan sampo dapat menghilangkan tumpukan produk rambut yang menempel di kulit kepala dan rambut.

Baking soda dapat melembutkan kulit

Selain bermanfaat untuk kulit wajah, baking soda juga mampu membuat kulit tubuh lebih lembut dan sehat. Mencampurkan setengah cangkir baking soda ke air mandi dapat menghilangkan keringat dan minyak serta menghaluskan kulit.

Manfaat baking soda untuk gigi

Merasa senyum kurang oke karena ada banyak plak di gigi? Selain mengganggu penampilan, plak juga tidak baik dibiarkan karena dapat menyebabkan karang gigi dan menyebabkan masalah pada gusi.

Kamu bisa menggunakan baking soda untuk merontokkan plak pada gigi. Caranya, celupkan sikat gigi ke air dan celupkan sikat gigi basah ke baking soda.

Gunakan untuk menyikat gigi seperti biasa. Ini akan membantu merontokkan plak. Namun kamu tetap harus menyikat gigi dengan pasta gigi seperti biasa ya, setelahnya.

Selain melunturkan plak, baking soda juga dapat memutihkan gigi. Dengan begitu, kamu bisa lebih percaya diri. Demikian beberapa manfaat baking soda selain untuk memasak.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter terkait dengan masalah kesehatan kamu melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline diakses 18 Agustus 2020 Baking Soda for Acne Treatment 
  2. Webmd diakses 18 Agustus 2020 Health and Beauty Uses for Baking Soda
  3. Health.com 18 Agustus 2020 Beauty Uses for Baking Soda
    register-docotr