Kamus Penyakit

Bisa Sebabkan Kematian, Ini 7 Penyebab Penyakit Jantung yang Kamu Harus Tahu

August 20, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Penyakit jantung masih menjadi momok bagi sebagian besar masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Sangat penting untuk mengetahui berbagai penyebab penyakit jantung, agar kamu bisa meminimalkan risikonya.

Kementerian Kesehatan menyatakan, penyakit jantung adalah penyebab kematian terbanyak ke-2 di Indonesia. Di tingkat global, angkanya tak kalah mengkhawatirkan. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), setiap 37 detik, ada satu orang yang meninggal akibat penyakit ini.

Apa saja faktor yang bisa menjadi penyebab penyakit jantung? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Berbagai faktor penyebab penyakit jantung

Penyakit jantung bisa disebabkan oleh banyak hal, yang paling sering adalah karena komplikasi dari gangguan kesehatan lain, seperti hipertensi, diabetes, dan kolesterol. Meski begitu, penyakit ini juga bisa dipicu oleh faktor kebiasaan, lho. Ini dia tujuh penyebab penyakit jantung yang paling umum.

Baca juga: Penyakit Jantung: Kenali Penyebab dan Cara Pencegahannya

1. Tekanan darah tinggi

Menurut sebuah publikasi di Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat, hipertensi adalah salah satu penyebab utama penyakit jantung yang bertanggung jawab atas banyaknya kasus kematian.

Saat tekanan darah meningkat, jantung dipaksa untuk memompa lebih keras agar alirannya bisa mencapai seluruh organ di dalam tubuh. Keadaan ini bisa menyebabkan penebalan dinding jantung, yang tentu saja memengaruhi kemampuan kerjanya.

Jika dibiarkan, kondisi ini dapat menurunkan fungsi jantung. Akibatnya, organ terpenting di dalam tubuh manusia itu berisiko untuk mengalami gangguan. Yang terparah, jantung bisa berhenti berfungsi secara total, atau yang biasanya disebut dengan gagal jantung.

2. Kadar kolesterol tinggi

Kolesterol bisa menimbulkan plak di pembuluh darah. Sumber foto: www.remediesforme.com

Penyebab penyakit jantung paling umum selanjutnya adalah kolesterol. Mengutip dari Chemist Direct, kadar kolesterol yang tinggi bisa menimbulkan plak pada dinding pembuluh darah.

Plak tersebut menyebabkan penyempitan rongga pembuluh darah, lalu menyumbat aliran menuju jantung. Dengan demikian, darah yang membawa oksigen akan sulit mencapai organ tersebut.

Jika kadar kolesterol tak dikontrol, sirkulasi darah bisa benar-benar tersumbat, dan berpotensi mengakibatkan serangan jantung. Kondisi ini biasanya ditandai dengan nyeri tak tertahankan di dada bagian kiri.

Salah satu cara untuk mencegah terjadinya hal tersebut adalah mengurangi atau membatasi secara total berbagai makanan yang mengandung kolesterol, seperti kuning telur, keju, jeroan, dan makanan yang digoreng.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh! Ini 5 Efek Kolesterol Tinggi Terhadap Kesehatan

3. Kadar gula tinggi

Kadar gula yang tinggi di dalam tubuh ternyata bisa menjadi penyebab penyakit jantung, lho. Kondisi yang lebih dikenal dengan istilah diabetes ini bisa memicu munculnya plak di rongga pembuluh darah.

Badan Kesehatan Dunia WHO menyatakan, diabetes merupakan salah satu penyebab serangan jantung tertinggi di dunia. Prevalensinya di seluruh dunia juga terus meningkat. Bahkan pada 2016, rekor kematian akibat diabetes yang pernah tercatat mencapai 1,6 juta orang.

4. Obesitas

Salah satu penyebab penyakit jantung yang jarang disadari oleh banyak orang adalah obesitas. Mengutip dari Verywell Health, memiliki berat badan di atas normal dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti hipertensi, kolesterol tinggi, dan diabetes.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ketiga penyakit tersebut berpotensi mengganggu sirkulasi darah yang berujung pada penurunan fungsi jantung.

Baca juga: Cara Menghitung Berat Badan Ideal yang Harus Kamu Ketahui

5. Kebiasaan merokok

Jika kamu perokok berat, ada baiknya segera batasi aktivitas tersebut. Sebab, merokok bisa menjadi penyebab penyakit jantung yang membahayakan nyawa.

American Heart Associaton menyebutkan bahwa nikotin pada rokok adalah zat perusak, bisa bertahan di dalam tubuh hingga delapan jam.

Cepat atau lambat, zat tersebut akan terbawa oleh darah menuju berbagai organ penting, termasuk jantung. Dalam perjalanannya, nikotin bisa menempel pada dinding arteri, yang secara perlahan dapat merusak pembuluh darah.

Tidak hanya itu, dilansir dari Chemist Direct, nikotin pada rokok bisa menyebabkan beberapa hal buruk lainnya, seperti:

  • Meningkatkan tekanan darah
  • Mengurangi suplai oksigen menuju jantung
  • Meningkatkan detak jantung
  • Meningkatkan risiko pembentukan gumpalan darah di arteri

6. Sering minum alkohol

Penyebab penyakit jantung berikutnya adalah sering minum alkohol. Kebiasaan ini bisa meningkatkan tekanan darah dan kadar kolesterol, hingga berpotensi memicu ateroklerosis (penyempitan rongga pembuluh darah).

Lama-kelamaan, kondisi tersebut akan meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit kardiovaskular, seperti:

  • Aritmia, yaitu gangguan irama atau detak jantung
  • Kardiomiopati, yaitu kelainan otot pada jantung
  • Stroke, yaitu penyumbatan pembuluh darah menuju otak yang dapat menyebabkan kelumpuhan

Baca juga: Awas! Sering Minum Alkohol Bisa Picu 8 Penyakit Berbahaya Ini

7. Pola makan tak sehat

Salah satu penyebab penyakit jantung pada usia muda yang sering diabaikan adalah pola makan tak sehat. Lemak trans dan lemak jenuh merupakan kandungan yang sebaiknya dibatasi, karena bisa meningkatkan kolesterol dalam darah.

Untuk mengurangi risiko penyakit jantung, kamu bisa mulai membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan yang kaya gizi, seperti sayuran hijau dan buah-buahan.

Nah, itulah tujuh penyebab penyakit jantung paling umum yang perlu kamu tahu. Dengan memiliki tubuh yang bugar dan menerapkan pola makan bergizi, kamu bisa meminimalkan risiko terjadinya penyakit jantung. Tetap jaga kesehatan, ya!

Jangan pernah ragu untuk konsultasikan masalah kesehatanmu bersama dokter terpercaya di Good Doctor dengan akses layanannya 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Centers for Disease Control and Prevention (CDC), diakses 15 Agustus 2020, Heart Disease Facts.
  2. Kementerian Kesehatan, diakses 15 Agustus 2020, Penyakit Jantung Penyebab Kematian Terbanyak ke-2 di Indonesia.
  3. Chemist Direct, diakses 15 Agustus 2020, What causes heart disease?
  4. Verywell Health, diakses 15 Agustus 2020, Causes and Risk Factors of Heart Disease.
  5. JeanHailes.org.au, diakses 15 Agustus 2020, Cardiovascular Health Risks and Causes.
  6. American Heart Association, diakses 15 Agustus 2020, How Smoking and Nicotine Damage Your Body.
  7. Healthline, diakses 15 Agustus 2020, 11 High-Cholesterol Foods — Which to Eat, Which to Avoid.
  8. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 15 Agustus 2020, High Blood Pressure and All-Cause and Cardiovascular Disease Mortalities in Community-Dwelling Older Adults.

    Berita Terkait
    register-docotr