Info Sehat

4 Manfaat Air Alkali: Baik untuk Tulang dan Bantu Turunkan Asam Lambung

March 27, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Air alkali disebut-sebut memiliki pH yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan air putih biasa. Banyaknya klaim tentang manfaat air alkali membuat tak sedikit orang yang mulai mengonsumsinya.

Lantas, apa sebenarnya air alkali itu? Benarkah ada manfaat kesehatan yang bisa didapatkan? Yuk, temukan jawabannya dengan ulasan berikut ini!

Apa itu air alkali?

Air alkali, atau yang juga disebut dengan alkaline water, adalah air yang memiliki tingkat pH tinggi, kebalikan dari larutan asam yang mempunyai pH rendah. Perlu diketahui, pH netral air normal adalah 7. Sedangkan air alkali, tingkat pH yang dimiliki berada di atasnya.

Dalam pengukurannya, sesuatu dengan tingkat pH 1 bersifat sangat asam. Begitu juga sebaliknya, sesuatu dengan pH hingga 14 bersifat sangat basa. Untuk air alkali sendiri, seperti dikutip dari Healthline, biasanya mempunyai pH 8 atau 9.

Dengan tingkat basa yang cukup tinggi, air alkali dipercaya bisa menetralkan zat asam yang ada di dalam tubuh.

Baca juga: Menakjubkan! Ini 10 Manfaat Air Mawar untuk Kesehatan dan Kecantikan

Perlukah diminum secara rutin?

Meski diklaim bisa menetralkan zat asam di dalam tubuh, menurut Mayo Clinic, air putih biasa sudah lebih dari cukup untuk membuatmu terhidrasi. Selain itu, hanya ada sedikit bukti ilmiah yang bisa memverifikasi klaim tentang manfaat air alkali.

Walau begitu, jika dibuat perbandingan, minum air alkali tentu bisa memberi efek yang berbeda dari air putih biasa. Selain menjaga kebugaran, air alkali dipercaya dapat memberi perlindungan terhadap risiko beberapa penyakit.

Manfaat air alkali untuk tubuh

Mengutip dari Medical News Today, air pH tinggi diyakini dapat memberi manfaat untuk tubuh dan kesehatan, terutama dalam pencegahan penyakit. Berikut beberapa manfaat air alkali yang perlu kamu tahu:

1. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat air alkali yang pertama adalah dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Sebuah studi pada 2009 menemukan hubungan antara konsumsi air pH tinggi dengan efek resorpsi tulang, yaitu proses di mana sel-sel lama digantikan dengan sel yang baru.

Dampak positifnya, kepadatan mineral pada tulang akan lebih terjaga. Namun, efeknya tidak terlalu signifikan. Dibutuhkan penelitan lebih lanjut untuk mendukung klaim tersebut, termasuk apakah manfaat air alkali yang satu ini bisa bersifat jangka panjang pada tulang atau tidak.

Riset lain yang terbit pada Journal of Nutrition memaparkan, diet rendah asam bisa meminimalkan risiko terjadinya osteoporosis, tapi tidak mencegahnya secara keseluruhan.

2. Pengobatan kanker

Manfaat air alkali berikutnya adalah dapat mengatasi perkembangan sel abnormal di dalam tubuh. Menurut sebuah tinjauan yang terbit pada Journal of Nutrition and Metabolism Research, air pH tinggi kerap dipromosikan sebagai pengobatan kanker.

Meski belum ada penelitian aktual untuk mendukung penuh klaim tersebut, tidak ada juga kajian yang menyangkal pendapat tentang manfaat air alkali sebagai pengobatan kanker.

Menurut publikasi di Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat, zat alkali (bukan air secara khusus) dapat mengoptimalkan efek sejumlah obat kemoterapi yang digunakan untuk pasien kanker.

3. Bantu turunkan asam lambung

Lambung memiliki cairan asam yang berperan penting dalam sistem pencernaan. Namun, jika kadarnya terlalu tinggi, asam bisa naik ke saluran esofagus (kerongkongan) lalu memicu gangguan yang disebut penyakit gastroesophageal reflux (GERD).

Berdasarkan sebuah penelitian, air pH tinggi dapat membantu menekan pelepasan enzim yang bertanggung jawab atas munculnya GERD, dengan cara mengurangi tingkat keasaman pada lambung.

4. Tekanan darah dan diabetes

Menurut riset yang terbit pada Journal of the International Society of Sports Nutrition, air pH tinggi dapat membantu mengurangi viskositas atau kekentalan darah pada orang dewasa, terutama setelah beraktivitas berat seperti olahraga. Ini berpengaruh pada tekanan darah itu sendiri.

Selain itu, ilmuwan di Shanghai, Tiongkok, juga menemukan hubungan antara konsumsi air alkali dengan penurunan risiko kadar gula dalam darah. Seperti diketahui, kadar gula darah yang tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes.

Efek samping minum air pH tinggi

Meski ada banyak manfaat air alkali untuk tubuh, kamu tetap perlu mengetahui efek samping yang dapat ditimbulkan. Minum air alkali memang dianggap aman, tapi bisa memberi dampak negatif jika dikonsumsi berlebihan.

Salah satunya adalah penurunan cairan asam pada lambung secara ekstrem. Zat asam itu berfungsi membunuh bakteri dan membasmi patogen yang tidak diinginkan agar tak masuk ke dalam aliran darah.

Kelebihan zat alkali juga dapat mengganggu sistem pencernaan, memunculkan gejala seperti mual dan muntah. Dikutip dari Healthline, terlalu banyak minum air alkali juga bisa membuat otot berkedut, tremor pada tangan, kesemutan di wajah, hingga kebingungan.

Nah, itulah ulasan tentang manfaat air alkali untuk kesehatan yang perlu kamu tahu. Agar tubuh tetap bugar, imbangi juga dengan pola makan bergizi dan gaya hidup sehat, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr