Info Sehat

Wajib Tahu! Ini Makanan yang Tepat untuk Penderita Tipes

June 1, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Karena pemicunya adalah bakteri, pemilihan makanan untuk penderita tipes tentu tidak boleh sembarangan. Dengan makanan yang tepat, kamu bisa mempertahankan energi di dalam tubuh hingga sembuh.

Bakteri penyebab tipes adalah salmonella typhi. Jenis bakteri ini terdapat pada tempat-tempat tidak higienis serta makanan serta minuman terkontaminasi.

Saat kamu diserang oleh bakteri ini, maka pencernaan akan terganggu. Menyebabkan kamu kehilangan nafsu makan hingga mual.

Itu sebabnya menentukan makanan yang tepat menjadi kunci dari proses kesembuhan kamu. Nah, untuk lebih mengetahui apa saja makanan yang tepat untuk penderita tipes, simak penjelasan di bawah ini.

Makanan tinggi kalori

Konsumsi makanan tinggi kalori sangat direkomendasikan saat kamu sedang menderita tipes. Kadar kalori tinggi dalam tubuh dapat mencegah turunnya berat badan yang terjadi karena demam saat tipes.

Contoh tipe makanan tinggi kalori adalah pasta, nasi, sereal, kentang rebus, roti gandum dan pisang. Oleh karena itu, pastikan makanan-makanan tersebut perlu kamu konsumsi saat mengalami tipes.

Cukup asupan cairan

Kamu pasti tahu jika memastikan asupan cairan di dalam tubuh sebanyak mungkin merupakan hal penting. Hal ini juga berlaku pada saat kamu sedang tipes, karena penyakit ini akan menyebabkan kamu menderita diare berat dan demam yang berujung pada dehidrasi.

Dehidrasi pada saat tipes dapat menyebabkan komplikasi pada saat pengobatan. Seperti urine yang menghitam, kurang urine hingga rasa haus berlebihan.

Oleh karena itu, salah satu jenis asupan yang perlu masuk ke dalam tubuh saat tipes adalah makanan mengandung banyak cairan. Kamu bisa mengonsumsi air kelapa, jus buah, buttermilk, dan juga buah-buahan dengan kadar air tinggi.

Jangan lupa untuk selalu pastikan minuman yang kamu minum sudah direbus dan melewati penyaringan yang baik untuk menjaga kebersihan.

Makanan tinggi karbohidrat

Asupan karbohidrat sangat penting bagi tubuh kamu. Dalam kondisi sakit tipes, pastikan makanan yang kamu makan juga mengandung tinggi karbohirat dan juga harus agak lunak supaya lebih mudah dicerna.

Contoh makanan ini adalah nasi, bubur sereal,  kentang bakar, telur rebus dan makanan kukus seperti idly, putu mayang dan saus apel. Makanan tersebut sangat baik untuk meningkatkan stamina tubuh kamu saat terkena tipes.

Makanan olahan susu

Produk-produk olahan susu harus banyak kamu konsumsi saat terkena penyakit tipes. Karena, makanan tipe ini mudah untuk dicerna.

Akan tetapi, tetap pastikan produk-produk ini, terutama susu cair tidak terkontaminasi bakteri salmonella, ya.

Yoghurt dan telur

Saat kamu terkena tipes, susu dan yoghurt menjadi makanan yang harus kamu makan. Keduanya mudah dicerna oleh sistem pencernaan kamu yang bermasalah karena tipes.

Jika dibandingkan dengan daging, susu dan yoghurt lebih direkomendasikan saat tipes. Keduanya pun dapat memperbaiki kekurangan protein di dalam tubuh.

Jika kamu vegetarian, kamu bisa mengonsumsi legum dan keju cottage yang juga mengandung protein tinggi dan baik dikonsumsi saat kamu menderita tipes.

Asam lemak omega-3

Makanan kaya akan asam lemak omega-3 dapat mengurangi inflamasi di dalam tubuh. Oleh karena itu, kamu direkomendasikan memasukan asam lemak omega-3 ke dalam bagian dari makanan yang kamu konsumsi selama tipes.

Makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 adalah ikan, kenari, minyak biji rami (flaxseed oil) dan sayuran hijau.

Makanan yang harus dihindari penderita tipes

Setelah kamu mengetahui rekomendasi makanan bagi penderita tipes, di bawah ini adalah makanan yang harus kamu hindari saat tipes:

  • Makanan dengan tinggi serat, karena dapat menekan sistem pencernaan kamu.
  • Sayuran seperti kubis dan cabai yang dapat menghasilkan gas dan membuat perut kembung.
  • Makanan yang mengandung dan beraroma bawang bombay dan bawang putih yang kuat karena dapat menyebabkan inflamasi.
  • Makanan pedas dan mengandung cuka seperti cabai, saus cabai dan cuka karena dapat menyebabkan tipes kamu menjadi lebih terasa berat.
  • Minyak samin, mentega serta makanan yang digoreng

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Berita Terkait
register-docotr