Info Sehat

Tidak Melulu Pakai Obat, Sejumlah Makanan Ini Bisa untuk Memutihkan Gigi!

July 9, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Makanan untuk memutihkan gigi tak hanya aman digunakan, namun juga mudah diaplikasikan, lho! Ya, memiliki gigi yang putih berkilau memang menjadi dambaan banyak orang sehingga sudah banyak cara mudah dan aman untuk mendapatkannya.

Senyum yang memesona merupakan bagian penting dari kepribadian, karena itu banyak yang mengusahakan berbagai cara agar gigi putih dan terbebas dari plak. Nah untuk itu, yuk simak beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memutihkan gigi secara alami.

Baca juga: Manfaat Jinten untuk Kesehatan, Cegah Peradangan Hingga Turunkan Berat Badan

Apa saja makanan untuk memutihkan gigi?

Dilansir dari Healthline, banyak faktor yang bisa menyebabkan gigi menjadi kuning dan menyimpan banyak plak. Seperti makanan tertentu yang bisa menodai email, lapisan paling luar dari gigi. Kebiasaan sehari-hari dan kurangnya perawatan yang tepat akan mempercepat proses gigi menguning.

Menyikat gigi, membersihkan dengan benang, dan menggunakan obat kumur terkadang tidaklah cukup. Untuk itu, berikut beberapa makanan untuk memutihkan gigi yang bisa kamu coba.

Jus lemon

Salah satu makanan untuk memutihkan gigi adalah lemon. Ya, lemon memiliki sifat pemutih sehingga dapat membantu mencerahkan gigi yang kuning. Bahan-bahan yang digunakan adalah satu sendok teh jus lemon dan satu sendok teh air.

Cara mengaplikasikannya cukup mudah yakni dengan mencampurkan kedua bahan dan gunakan untuk menggosok gigi. Lakukan metode ini secara rutin setidaknya sekali dalam satu minggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Stroberi dan soda kue merupakan makanan untuk memutihkan gigi

Stroberi mengandung vitamin C yang dapat membantu memutihkan dan mencerahkan gigi. Tak hanya itu, buah satu ini juga kaya akan antioksidan sehingga berguna dalam menjaga kesehatan mulut.

Cukup gunakan 3 sampai 4 buah stroberi dan ½ sendok teh soda kue, kemudian sikat gigi dengan kedua bahan campuran ini. Biarkan selama 3 sampai 3 menit, lalu bilas mulut dengan air sampai bersih.

Terapkan campuran bahan ini untuk memutihkan gigi setiap hari secara rutin selama beberapa minggu untuk hasil yang maksimal.

Pasta jahe

Makanan untuk memutihkan gigi yang lainnya termasuk jahe. Jahe mengandung vitamin C sehingga dapat membantu mencerahkan gigi dan menjaga kesehatan mulut. Bahan yang digunakan cukup dengan menambahkan jahe dengan air hingga terbentuk pasta. 

Gosokkan pasta jahe tersebut pada gigi secara lembut dan biarkan selama dua menit. Bilas gigi dengan menggunakan air dingin dan lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Wortel

Tinggi akan kandungan vitamin A menjadikan wortel sebagai makanan untuk memutihkan gigi. Vitamin A dapat membantu memastikan enamel gigi menjadi sehat dan terbebas dari plak. Bahan yang digunakan cukup dengan wortel potong dan ¼ cangkir jus lemon. 

Celupkan potongan wortel ke dalam jus lemon dan gosok secara perlahan pada seluruh permukaan gigi. Biarkan selama 3 sampai 5 menit dan kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan cara ini secara rutin agar tampilan gigi menjadi putih berkilau. 

Kunyit, minyak mustard, dan garam sebagai makanan untuk memutihkan gigi

Kunyit mengandung vitamin C, selenium, dan magnesium yang dapat membantu mencerahkan gigi, serta menjaga kesehatan mulut. Tak hanya itu, kunyit juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu menenangkan kulit dan mencegah masalah gusi.

Sementara itu, minyak mustard diketahui mampu memperkuat gusi dan mengatasi masalah plak. Untuk membuatnya, kamu cukup mencampurkan satu sendok teh minyak mustard, ½ sendok teh bubuk kunyit, dan sedikit garam.

Campurkan semua bahan dalam mangkuk untuk membuat pasta dan gosokkan dengan menggunakan sikat gigi. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan gunakan bahan alami ini sebanyak dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga: Yuk, Kenali Efek Baik dan Buruk Makan Jeroan bagi Kesehatan

Metode lain yang bisa diterapkan selain makanan untuk memutihkan gigi

Selain mengonsumsi makanan untuk memutihkan gigi, ada beberapa metode alami untuk membantu memutihkan gigi dan sebagian besar bekerja dengan menghilangkan noda di permukaan.

Beberapa metode yang bisa dilakukan untuk membantu memutihkan gigi, antara lain sebagai berikut:

  • Arang aktif. Menyikat dengan menggunakan arang bubuk diketahui dapat menarik racun dari mulut dan menghilangkan noda di gigi
  • Tanah liat. Menggunakan tanah liat untuk menyikat gigi diklaim dapat membantu menghilangkan noda dari gigi
  • Kulit buah. Mengoleskan kulit buah seperti jeruk, lemon, dan pisang pada gigi diketahui dapat membuatnya menjadi lebih putih. 

Jika beberapa cara alami ini tidak memberikan hasil maksimal, maka segera beritahu dokter permasalahan gigi yang dialami.

Sebagian dokter biasanya akan menawarkan perawatan pemutih yang jauh lebih efektif untuk perubahan warna gigi. Namun, perlu diketahui juga apabila terlalu sering menggunakan produk pemutih bisa merusak gigi, lho!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline (2019), diakses 3 Juli 2020. 7 Simple Ways to Naturally Whiten Your Teeth at Home
  2. Boldsky (2019), diakses 3 Juli 2020. 20 Amazing Home Remedies To Whiten Your Teeth
    register-docotr