Info Sehat

Berikut 10 Makanan Pencegah Sakit Punggung yang Perlu Kamu Tahu Khasiatnya

May 14, 2020 | Ahmad Ridwan
no-image

Sakit punggung biasanya terjadi karena adanya masalah persendian, otot, atau saraf tulang belakang. Penyebabnya pun beragam, namun umumnya karena postur tubuh yang salah. Nah, berikut makanan pencegah sakit punggung yang perlu kamu tahu.

Beberapa makanan pencegah sakit punggung di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Jahe

Jahe merupakan rempah-rempah yang populer di Indonesia. Selain berguna sebagai bumbu dapur, jahe juga memiliki beragam manfaat kesehatan. Salah satunya untuk mengatasi sakit punggung.

Kandungan gingerols pada jahe efektif untuk menghilangkan rasa sakit di punggung. Mengonsumsi Jahe dapat membantu melawan rasa sakit sendi akibat artritis, kram saat menstruasi, menstabilkan suhu tubuh, mengatasi mual, dan menambah nafsu makan.

Kamu bisa menghidangkan jahe dalam bentuk minuman hangat, dijadikan side dish, atau bisa juga menambahkan jahe ke dalam masakan. Untuk obat penghilang nyeri, kamu bisa minum 3 sendok air perasan jahe secara rutin.

2. Kunyit

Kunyit adalah rempah dapur yang memiliki banyak manfaat. Bahan dapur ini kaya akan antioksidan dan anti-inflamatori. Kandungan kurkumin yang dimiliki kunyit bekerja sebagai anti peradangan yang dapat mengurangi nyeri sendi.

Kunyit dapat menghilangkan rasa pegal dengan menghambat protein NF-kB yang menyebabkan peradangan pada sendi. Khasiat kunyit bahkan sama efektifnya dengan ibuprofen dalam memerangi rasa sakit rheumatoid arthritis.

Untuk mengonsumsinya, kamu bisa menambahkan kunyit ke dalam bahan masakan. Kamu juga bisa membuatnya dalam bentuk smoothie. Hanya tidak disarankan untuk menggunakan kunyit dalam dosis tinggi dalam jangka panjang, sebab dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

3. Temulawak

Temulawak juga memiliki kandungan zat anti-inflamasi yang dapat mencegah dan mengatasi peradangan otot dan persendian.

Konsumsilah temulawak secara rutin agar bisa terbebas dari sakit pinggang atau sakit akibat cedera otot pada bagian tubuh lainnya. Kamu bisa membuat minuman hangat hasil rebusan temulawak untuk dikonsumsi selama sakit pinggang.

4. Kopi

Kopi merupakan minuman nikmat yang digemari banyak orang dari berbagai belahan dunia. Selain kenikmatan rasanya, ternyata kopi juga berkhasiat meredakan nyeri akibat masalah otot.

Kandungan kafeinnya membuat kopi bekerja sebagai anti-inflammatory yang dapat menurunkan rasa nyeri.

Menurut penelitian, mengonsumsi kafein dalam dosis menengah dapat menurunkan rasa sakit setelah berolahraga hingga 50 persen. Kamu bisa mendapatkan kafein dalam dosis menengah. Namun, tidak disarankan untuk dikonsumsi secara berlebihan. 

5. Salmon

Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang merupakan anti-inflamasi. Kandungan ini efektif untuk mencegah dan mengatasi rheumatoid arthritis atau peradangan kronis pada sendi yang menyebabkan bengkak, rasa sakit atau kaku pada persendian.

6. Susu, keju dan yogurt

Susu, keju, serta yogurt kaya akan kandungan kalsium. Kalsium memiliki peran penting untuk menguatkan tulang, dan mencegah osteoporosis. Jika kamu vegetarian kamu bisa memperoleh kalsium dari susu kedelai, tahu, atau jeruk.

7. Kedelai

Kacang kedelai memiliki manfaat yang sama dengan susu, yaitu menurunkan risiko osteoporosis. Kandungan kalsium dalam kedelai, mampu menguatkan tulang.

Selain itu, berdasarkan riset didapati bahwa mengonsumsi 40 gram kedelai setiap hari dalam jangka waktu 3 bulan, dapat mengurangi setengah dosis konsumsi obat anti nyeri pasien. Hal ini disebabkan karena kandungan isoflavon pada kedelai bekerja sebagai hormon anti-peradangan alami.

8. Pisang dan alpukat

Selanjutnya, kamu juga bisa konsumsi pisang atau alpukat. Kedua buah ini mengandung potasium yang memiliki fungsi anti-inflamasi dan dapat meningkatkan fungsi saraf tubuh.

Potasium membantu mengurangi pembengkakan. Selain itu, juga merupakan elektrolit yang penting bagi fungsi otot serta saraf.

Buah pisang mengandung potasium paling tinggi dibanding buah-buahan lainnya. Kandungannya mencapai 487 mg nutrisi dalam porsi satu porsi camilan. Di bawahnya ada buah alpukat yang juga kaya akan potasium.

9. Buah anggur merah

Buah yang lezat ini kaya akan kandungan resveratrol yang dapat menghambat degenerasi jaringan. Menurut penelitian, senyawa resveratrol bermanfaat untuk melindungi tulang rawan dari kerusakan, yang dapat menyebabkan nyeri punggung.

Selain mengonsumsi buahnya secara langsung, kamu juga bisa mengkonsumsi hasil olahan anggur merah, termasuk wine.

10. Buah cherry

Buah cherry sering dimanfaatkan untuk menghias kue tart. Namun bukan hanya itu, kandungan anthocyanins dalam buah cherry juga dapat kamu manfaatkan sebagai antioksidan.

Zat ini mampu memblokir peradangan serta menghambat enzim rasa sakit. Untuk mengurangi peradangan, konsumsilah semangkuk cherry saat sarapan pagi.

Konsultasikan kondisi kesehatan kamu dengan layanan Good Doctor. Dokter terpercaya kami akan menjawab setiap pertanyaan yang kamu ajukan.  

Reference

WebMD. Diakses 6 November 2019. 10 Nutrient-Rich Super Foods

WebMD. Diakses 6 November 2019. Antioxidants in Fruits

WebMD. Diakses 6 November 2019. 10 Foods That Fight Pain

    Berita Terkait
    register-docotr