Info Sehat

Kentut Bau Busuk? Ini 7 Pemicunya yang Perlu Kamu Tahu!

June 22, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Kentut adalah salah satu bukti bahwa sistem pencernaan manusia sedang menjalankan fungsinya. Sayangnya, tak sedikit darinya yang mengeluarkan aroma tak sedap. Kentut bau busuk bisa menurunkan rasa percaya diri, terutama saat berada di hadapan banyak orang.

Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk mengetahui berbagai penyebab, agar kamu bisa menghindari faktor pemicunya.

Penyebab kentut bau busuk

Kentut bau busuk umumnya dipengaruhi oleh produksi gas berlebih di dalam sistem pencernaan. Sebagian pemicunya adalah dari konsumsi makanan dan kesehatan organ pencerna itu sendiri. Simak tujuh penyebab kentut bau busuk berikut ini.

1. Banyak makan makanan berserat

Makanan berserat memang sangat baik untuk tubuh. Nutrisi tersebut berguna untuk membantu sistem pencernaan dalam mengolah makanan serta memudahkan proses pembuangan. Hanya saja, ada efek lain yang bisa ditimbulkan, yaitu produksi gas yang lebih banyak.

Gas tersebut tercipta seiring dengan proses pencernaan sisa makanan menuju usus besar. Beberapa contoh makanan yang tinggi serat adalah sayuran, seperti kubis dan brokoli.

2. Banyak makan makanan bersulfur

Hampir mirip dengan poin sebelumnya, makanan yang mengandung sulfur tinggi bisa memicu produksi gas berlebih pada organ pencernaan. Makanan tersebut di antaranya adalah kacang-kacangan, beberapa sayuran hijau, bawang putih, telur, daging, ikan, serta wine.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Daftar 10 Makanan Sumber Zat Besi Tinggi bagi Tubuh

3. Kentut bau busuk karena sembelit

Kentut bau busuk bisa disebabkan oleh sembelit atau sulit buang air besar. Saat sembelit, terjadi penumpukan kotoran atau feses di usus besar. Akibatnya, ada bakteri yang dihasilkan lalu menciptakan bau tak sedap.

Mengonsumsi obat pencahar mungkin bisa menjadi solusi. Tapi, ini akan terasa tidak nyaman bagi orang yang belum terbiasa menggunakannya.

Untuk pencegahan, kamu perlu memerhatikan asupan nutrisi pada makanan yang akan disantap. Jika makanan tersebut minim serat, kemungkinan kamu akan mengalami konstipasi.

Meski begitu, terlalu banyak asupan serat juga bisa memicu kentut berbau. Oleh karena itu, seimbangkan nutrisi yang kamu makan untuk meminimalkan kondisi ini.

4. Kentut bau busuk karena obat

Siapa sangka, ternyata obat-obatan tertentu dapat menciptakan bau tak sedap pada kentut, lho. Antibiotik pembunuh patogen berbahaya misalnya, tak hanya memberantas bakteri jahat, tapi juga bakteri baik yang berfungsi menjaga kesehatan usus.

Tanpa bakteri baik, bau dari kentut akan lebih kuat. Kondisi ini biasanya disertai dengan gejala perut kembung dan sembelit atau sulit buang air besar.

Untuk pencegahan, tak ada salahnya untuk memerhatikan atau mencari tahu apa saja efek samping dari obat-obatan yang dikonsumsi. Obat yang bisa memicu bau tak sedap pada kentut biasanya memiliki efek samping berupa gangguan pencernaan.

5. Intoleransi laktosa

Aroma tak sedap pada kentut dapat dipicu oleh banyak hal, termasuk intoleransi laktosa, ketidakmampuan tubuh untuk memecah laktosa yang terkandung dalam makanan atau minuman. Laktosa sangat umum dijumpai pada produk susu, es krim, dan keju.

Intoleransi laktosa bisa terjadi saat enzim tertentu di dalam tubuh tidak berhasil mencerna makanan dengan baik. Akibatnya, makanan akan langsung menuju usus besar tanpa penyerapan nutrisi.

6. Infeksi organ pencernaan

Kentut bau busuk bisa mengindikasikan adanya masalah pada organ pencernaan, misalnya infeksi. Dalam hal ini, infeksi pada usus adalah salah satu faktor yang berpotensi membuat aroma tak sedap pada kentut.

Saat tubuh mencerna makanan, limbah dari lambung akan diteruskan menuju usus besar. Limbah tersebut bisa mengandung bakteri yang banyak dan terus berkembang, lalu memicu terjadinya infeksi.

Adanya infeksi pada usus bisa memicu produksi gas berlebih. Akibatnya, bau yang ditimbulkan juga akan semakin kuat. Infeksi ini biasanya disertai dengan diare dan sakit perut selama beberapa hari. Tak perlu ragu untuk mendatangi dokter terdekat.

Baca juga: Tak Hanya Manis, Ubi Jalar Juga Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh

7. Kanker usus

Salah satu penyebab kentut bau busuk yang paling jarang adalah kanker usus besar. Saat polip atau tumor terbentuk di saluran pencernaan, hal tersebut akan memicu penyumbatan. Hasilnya, terjadi penumpukan gas yang dapat membuat aroma tak sedap pada kentut.

Faktor ini umumnya disertai dengan gejala perut kembung dan rasa tak nyaman pada posisi tertentu.

Jika aroma tak sedap pada kentut disebabkan oleh faktor ini, mungkin dokter akan melakukan sejumlah prosedur pemeriksaan, seperti kolonoskopi, kemoterapi, atau bahkan pembedahan untuk mengangkat tumor yang memicu penyumbatan di usus.

Nah, itulah tujuh penyebab kentut bau busuk yang penting untuk diketahui. Agar kentut tak membawa aroma kurang sedap, kamu bisa menghindari berbagai makanan pemicunya. Jika kondisi tersebut disertai dengan gejala yang mengganggu, segera periksa ke dokter, ya!

Jangan ragu untuk konsultasikan masalah kesehatanmu bersama dokter terpercaya di Good Doctor dalam layanannya 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
register-docotr