Info Sehat

Jangan Ditiru, Ini Daftar Kebiasaan Buruk yang Bikin Kurus!

March 20, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Kebiasaan buruk yang bikin badan kurus biasanya dilakukan tanpa disadari. Penurunan berat badan akibat melakukan kebiasaan gaya hidup buruk ini bisa menyebabkan masalah pada kesehatan lebih lanjut.

Karena itu, kebiasaan buruk yang bikin kurus perlu diketahui sedini mungkin. Nah, untuk mengetahui beberapa kebiasaan gaya hidup buruk yang bisa menurunkan berat badan secara tidak sehat, yuk, simak penjelasan berikut.

Baca juga: Perhatikan ! Ini Cara-cara Duduk yang Benar Agar Terhindar dari Saraf Terjepit

Apa saja kebiasaan buruk yang bikin kurus?

Dilansir dari NDTV, kebiasaan buruk sehari-hari dapat memengaruhi tujuan penurunan berat badan secara negatif. Perlu diketahui, kebanyakan orang yang kelebihan berat badan akan mempraktikkan kebiasaan gaya hidup yang buruk untuk mencapai bobot impian.

Padahal, kebiasaan buruk yang bikin kurus justru bisa menimbulkan masalah medis di masa mendatang. Karena itu, kamu perlu menghindari beberapa kebiasaan buruk yang bisa menurunkan berat badan secara tidak sehat seperti:

Sering melewatkan makan

Perlu diketahui, tubuh membutuhkan bahan bakar di pagi hari untuk memulai metabolisme sehingga gula darah harus ditingkatkan. Untuk itu, jika kamu sering melewatkan makan karena terlalu sibuk maka bisa membuat berat badan turun secara tidak sehat.

Tidak banyak penelitian yang membuktikan fakta ini. Namun, ketika kamu melewatkan makan maka ada dua hal yang terjadi pada tubuh. Pertama, tubuh akan mengira jika kamu sedang kelaparan dan memperlambat metabolisme.

Kedua, saat kamu makan maka tubuh akan segera menggantikan makanan yang terlewat tetapi tidak diproses dengan baik. Pada akhirnya, nutrisi dalam makanan tidak memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh dan justru menyebabkan penurunan berat badan.

Tidak memiliki target kalori

Kebiasaan buruk yang bikin kurus lainnya adalah tidak memiliki target kalori dengan jelas, terutama jika ingin menurunkan berat badan. Perlu dipahami, saat mengelola berat badan maka perlu memiliki target kalori yang terencana.

Ketika ingin menurunkan berat badan dengan cepat, menghitung kalori dapat membantu kamu dalam menetapkan asupan nutrisi yang masuk ke tubuh. Hal ini juga dapat membantu dalam seberapa banyak kamu perlu makan atau tidak untuk periode waktu yang ditentukan.

Makan terlalu sedikit

Selain sering melewatkan makan, penurunan berat badan yang tidak sehat juga bisa diakibatkan karena kebiasaan makan yang terlalu sedikit setiap hari. Kebiasaan ini bisa membuat tubuh tidak mengenali tanda lapar yang sebenarnya karena terbiasa mendapatkan asupan makan sedikit.

Tubuh akan terus membakar lemak sehingga kamu perlu mengonsumsi makanan yang cukup. Jika ingin makan dalam porsi sedikit, pastikan untuk menambah waktu makan seperti 3 sampai 5 kali dalam sehari.

Kurang tidur

Kurang tidur atau sering begadang juga merupakan kebiasaan buruk yang bisa bikin kurus. Hal ini dikarenakan orang yang memiliki waktu tidur kurang dan bangun lebih siang maka juga akan mulai sarapan pada siang hari.

Jika kebiasaan ini diteruskan, maka bisa membuat berat badan turun dengan cara yang tidak sehat. Karena itu, usahakan untuk tidur teratur dan bangun pagi untuk mendapatkan asupan makanan secara rutin.

Masalah kesehatan akibat badan kurus

Beberapa kebiasaan buruk yang membuat badan menjadi kurus bisa mengakibatkan masalah kesehatan lebih lanjut. Masalah-masalah kesehatan yang dapat diderita oleh orang dengan tubuh kurus secara tidak sehat, seperti:

Sering sakit

Jika seseorang tidak mendapatkan cukup energi dari makanan untuk mempertahankan berat badan yang sehat, maka tubuh akan sulit melawan infeksi. Akibatnya, seseorang menjadi lebih mudah untuk terserang berbagai jenis penyakit.

Merasa lelah sepanjang waktu

Kalori merupakan ukuran energi yang dapat diberikan makanan kepada seseorang. Jika seseorang tidak mendapatkan cukup kalori untuk menjaga berat badan yang sehat, maka bisa membuat tubuh merasa lelah sepanjang hari.

Pertumbuhan lambat atau terganggu

Mengabaikan kebiasaan buruk yang bikin kurus akan membuat pertumbuhan menjadi lambat atau terganggu. Menjadi kurus dan tidak mendapatkan cukup kalori dapat berarti bahwa seseorang mungkin akan sulit berkembang seperti yang diharapkan.

Baca juga: Benarkah Mengangkat Beban Berat Bisa Sebabkan Turun Berok alias Hernia?

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. NDTV (2019), diakses 11 Maret 2021. 5 Bad Habits That Are Making Quick Weight Loss Harder Than Usual For You
  2. Everyday Health, diakses 11 Maret 2021. 9 Bad Eating Habits and How to Break Them
  3. Weightloss.com.au, diakses 11 Maret 2021. Ten Bad Weight loss Habits
  4. Medical News Today (2018), diakses 11 Maret 2021. What are the risks of being underweight?
    register-docotr